Pesan Pelatih Vietnam ke Shin Tae-yong: Melatih di ASEAN Itu Susah!

Park Hang-seo beberkan rumitnya timnas di Asia Tenggara

Jakarta, IDN Times - Pelatih asal Korea Selatan (Korsel), Shin Tae-yong, jadi kandidat kuat menjadi pelatih Timnas Indonesia.  Tapi, bisakah Shin Tae-yong beradapatasi dengan sepak bola Asia Tenggara?

Mantan pelatih Timnas Korsel pada Piala Dunia 2018 itu memang harus belajar banyak dan mengambil pengalaman dari pelatih-pelatih senegaranya yang sudah pernah mengecap karier kepelatihan di Asia Tenggara, termasuk kepada koleganya, Park Hang-seo.

1. Park Hang-seo: Sulit sekali melatih negara di Asia Tenggara

Pesan Pelatih Vietnam ke Shin Tae-yong: Melatih di ASEAN Itu Susah!Pelatih Vietnam, Park Hang Seo. the-afc.com

Pelatih yang sukses membawa Vietnam meraih medali emas SEA Games untuk pertama kalinya dalam sejarah itu memberikan wejangan khusus bagi Shin Tae. Menurut dia, cukup sulit melatih salah satu timnas di Asia Tenggara walau pun pelatih itu punya kemampuan mumpuni.

"Kenyataannya, melatih timnas mana pun di Asia Tenggara merupakan pekerjaan yang sulit. Semua tak berjalan mudah, sebab ada beberapa perbedaan, di antaranya cara berkomunikasi, kebiasaan, dan budaya," kata Park dikutip dari vtc.vn.

Baca Juga: Presentasi ke PSSI, Shin Tae-yong Kandidat Kuat Pelatih Indonesia?

2. Butuh adapatasi yang tak mudah bagi Shin Tae-yong untuk melatih Timnas Indonesia

Pesan Pelatih Vietnam ke Shin Tae-yong: Melatih di ASEAN Itu Susah!Mantan pelatih Korsel, Shin Tae-yong. Chosun.com

Tak hanya itu, Park juga menyebut Indonesia merupakan negara dengan mayoritas penduduk dan kultur muslim. Sehingga, butuh banyak adaptasi baginya agar bisa nyetel dengan Timnas Indonesia sehingga bisa sukses nantinya.

"Kondisi, reputasi, dan gaji merupakan faktor penting bagi pelatih. Namun, lebih dari itu, Anda harus bisa memilih tempat yang tepa di mana bisa meningkatkan karier kepelatihan. Semoga Shin Tae-yong mendapatkan yang paling cocok untuknya," ujar pelatih berusia 60 tahun tersebut.

3. Shin Tae-yong bakal beri jawaban terkait tawaran melatih Timnas Indonesia

Pesan Pelatih Vietnam ke Shin Tae-yong: Melatih di ASEAN Itu Susah!www.sport.de

Walau terus dikaitkan dengan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong belum menentukan apakah mau menerima tawaran untuk melatih skuat Garuda.

Terlebih, tak hanya PSSI saja yang tertarik menggunakan jasanya, sebab klub Tiongkok Shenzhen FC juga diisukan berminat mendatangkannya. Namun, ia menyiratkan untuk segera mengambil keputusan.

"Kami bertemu dengan klub dan bicara ke PSSI. Kami bertukar kontrak, tapi belum menandatanganinya. Kemungkinan masih terbuka, termasuk untuk (klub) Tiongkok dan Indonesia. Saya bakal ambil keputusan secepatnya tak lebih dari dua minggu," tukas Shin Tae-yong.

Baca Juga: Media Korea Sebut Shin Tae-yong Dikontrak Klub Tiongkok

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya