Piala Dunia 2022: Pemain Belanda Pilih Nomor Punggung Sesuai Usia

Skuad Der Oranje diisi kombinasi pemain muda dan senior

Jakarta, IDN Times - Timnas Belanda resmi mengumumkan nomor punggu 26 pemainnya jelang sepak mula Piala Dunia 2022. Uniknya, ada proses yang tak biasa dilakukan pelatih Louis van Gaal dalam menentukan nomor yang dipakai peggawa Der Oranje. 

“Saya memberikan nomor kepada pemain sesuai dengan usianya. Itu bukan candaan [serius]. Sebab, saya tak pernah membuat lelucon dalam konferensi pers dan saya menjelaskan [kepada pemain] cara melakukannya,” kata Van Gaal dikutip Goal International.

1. Frankie de Jong dan Virgil van Dijk pakai nomor favoritnya

Jika menilik nama-nama pemain bintang seperti Virgil van Dijk, Matthijs de Ligt, hingga Memhis Depay, tetap menggunakan nomor punggung favoritnya. Van Dijk misalnya, mendapatkan kehormatan menggunakan nomor punggung empat.

Sementara, gelandang Barcelona, Frenkie de Jong, dipastikan bakal menggunakan nomor favoritnya 21.  Itu merupakan nomor yang selalu dipakainya usai promosi ke tim senior Ajax Amsterdam pada 2016 silam dan sejak jadi penggawa Barcelona.

Baca Juga: Remko Pasveer, Kiper Debutan Tertua Timnas Belanda pada 2022

2. Kiper senior Belanda pakai nomor punggung satu

Piala Dunia 2022: Pemain Belanda Pilih Nomor Punggung Sesuai Usiapotret Remko Pasveer (twitter.com/ESPNnl)

Sementara, Remko Pasveer, yang merupakan kiper gaek Belanda, dipastikan menggunakan nomor punggung satu. Hal itu tak lepas dari kebijakan Van Gaal yang membebaskan pemain senior memilih nomor punggungnya.

Lain halnya dengan pemain senior, penggawa muda Belanda di Piala Dunia 2022 tak bisa memilih nomor punggung sesuai keinginannya. Dua wonderkid mereka, Xavi Simon dan Jeremie Frimpong, harus menggunakan nomor paling besar, yakni 25 serta 26.

3. Belanda berada di Grup A bersama Qatar

Piala Dunia 2022: Pemain Belanda Pilih Nomor Punggung Sesuai UsiaPemain Timnas Belanda. (twitter.com/OnsOranje)

Hal unik ini dilakukan Van Gaal lantaran skuad Belanda yang dibawa ke Piala Dunia 2022 merupakan kombinsai pemain senior dan junior. Dia pun sengaja menjaga harmonisasi ruang ganti dengan memberikan kehormatan lebih kepada para pemain senior.

Belanda sendiri di Piala Dunia 2022 bakal tergabung di Grup A bersama tuan rumah Qatar, Ekuador, dan Senegal. Mereka bakal memulai langkahnya di ajang ini dengan bersua Senegal pada 21 November mendatang.

Baca Juga: 5 Pemain Papan Atas Tak Masuk Timnas Belanda di Piala Dunia 2022

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya