Piala Eropa 2020: Hadapi Hungaria, Portugal Waspadai Lini Belakang  

Portugal kehilangan bek andalan Joao Cancelo akibat COVID-19

Jakarta, IDN Times - Cristiano Ronaldo merupakan ikon Portugal di ajang Piala Eropa 2020. Selain itu, ia adalah pencetak gol terbanyak bagi negaranya dan hampir sejajar dengan legenda sepak bola Eropa Michel Platini sebagai topskor sepanjang masa ajang ini.

Nama Ronaldo selalu ada di daftar skuat Portugal sejak Piala Eropa 2004, 2008, 2012, dan 2016. Kini, ia kembali tampil untuk kelima kalinya di ajang serupa. Ia pun bakal kembali jadi andalan Portugal saat memulai langkahnya di ajang empat tahunan melawan Hungaria di Puskas Arena, Saint Petersburg, Rusia (15/62021). 

Selain nama Ronaldo, ada sederet nama lain seperti Bernardo Silva (Manchester City), Andre Silva (Eintracht Frankfurt), Joao Felix (Atletico Madrid), dan pemain lainnya yang bisa jadi pelengkal lini depan menakutkan Portugal.

1. Joao Cancelo tak jadi tampil di Piala Eropa 2020

Piala Eropa 2020: Hadapi Hungaria, Portugal Waspadai Lini Belakang  Portugal bakal menjalani laga pertama melawan Hungaria di Piala Eropa 2020, tapi mereka dipastikan tampil tanpa Joao Cancelo. (guardian.com).

Punya kekuatan di lini depan, Portugal justru tengah darurat pertahanan. Pemain belakang andalan asal Manchester City, Joao Cancelo terpaksa dipulangkan dan batal membela tim di Prancis. Situasi ini jelas memprihatinkan bagi Portugal karena stok bek tengah mulai memasuki kategori rawan.

Pemain Manchester United, Diego Dalot memang datang sebagai pengganti. Hanya saja, melihat pengalaman dan kematangannya, ia masih kalah kelas di banding Concelo yang tampil impresif membawa The Citizen menjadi juara di Liga Inggris dan finalis Liga Champions 2020/21.

Ruben Dias memang punya kans besar menjadi starter di laga ini. Terlebih, kondisi fisiknya  masih prima. Namun, ia membutuhkan tandem berkualitas supaya dapat membentengi pertahanan Portugal seperti biasa. 

Baca Juga: Eduardo Almeida Jagokan Portugal Juarai Piala Eropa 2020 

2. Jose Fonte bisa jadi alternatif bek Portugal

Piala Eropa 2020: Hadapi Hungaria, Portugal Waspadai Lini Belakang  potret Jose Fonte bersama LOSC Lille(fotmob.com)

Opsi paling mendekati adalah Jose Fonte. Portugal bisa saja memanfaatkan pengalaman dari Pepe di pos bek tengah, tetapi langkah ini sebaiknya dihindari oleh pelatih Fernando Santos karena berpotensi menjadi bumerang. 

Tenaga Pepe di sektor bek tengah sudah tak se-prima dulu. Ia kini sudah dimakan usia dan  akselerasinya mulai melambat. Tentu hal itu sedikit berisiko jika ditampilkan sebagai tembok terakhir tim.

Namun hal itu tak terlalu dipikirkan pelatih Portugal, Feranando Santos. Menurut dia, seluruh pemain yang dibawa ke Piala Eropa harus siap tampil habis-habisan, termasuk meraih kemenangan pertama mereka saat bersua Hungaria.

"Jelas, untuk bersaing mempertahankan gelar, kami akan gagal jika tidak lolos dari fase grup. Namun, saya tak percaya itu akan terjadi pada Portugal. Untuk itu kami harus melakukan segala daya kami untuk menang, menggunakan kualitas, organisasi, komitmen kami, dan saya yakin kami siap untuk itu,” ujar Santos dikutip laman resmi UEFA.

3. Tetap percaya diri walau kalah kelas

Piala Eropa 2020: Hadapi Hungaria, Portugal Waspadai Lini Belakang  hungarytoday.hu

Adam Szalai, Nemanja Nikolic, dan Roland Sallai patut mendapatkan perhatian lebih dari barisan pertahanan Portugal. Dias sebagai komandan lini belakang, memegang peranan penting dalam mengoordinasi kuartet bek Portugal. 

Ketiganya punya peran besar dalam kelolosan Hungaria ke Piala Eropa 2020. Mereka bahkan tampil baik dan membawa negaranya berhasil melewati 11 laga tanpa kekalahan di pelbagai ajang, tujuh di antaranya berakhir dengan kemenangan. 

Namun, secara realistis Hungaria pasti tau diri karena secara kualitas skuatnya tak sementereng Portugal. Apalagi, Selecao Das Quinas digadang-gadang dinilai sebagai tim terbaik yang diisi banyak bintang di Piala Eropa edisi kali ini.

4. Kans Selecao menang lebih besar dari Hungaria, tapi...

Piala Eropa 2020: Hadapi Hungaria, Portugal Waspadai Lini Belakang  Google Image

Pelatih Hungaria, Marco Rossi, sepakat soal hal itu. Namun, ia menolak menyerah dan siap menjadi batu sandungan Portugal untuk mempertahankan gelar. Tak pelak, segala upaya dilakukan seluruh penggawa Hungaria untuk menjalani laga berat ini.

“Kami akan melakukan segalanya untuk mendorong diri kami hingga batasnya. Kami tahu siapa yang kami lawan. Kami akan tetap berdiri di tanah, tetapi tentu saja kami ingin mencapai impian kami. Bermimpi itu gratis, jadi kami bermimpi. Impian kami tetap di antara kami, tentu saja. Kami membicarakannya dan ingin mewujudkan mimpi itu. Semoga itu berlanjut selama Piala Eropa,” kata pelatih asal Italia itu.

Menilik keberhasilan Swedia menahan Spanyol, kans Hungaria untuk melakukan hal yang sama terhadap Portugal memang sangat besar. Namun, Portugal bukanlah lawan sembarangan. Mereka adalah juara Piala Eropa edisi sebelumnya yang siap mencetak sejarah dengan melakukan back to back.

Baca Juga: Tampil Apik di Laga Perdana, Italia Optimistis Juara Piala Eropa 2020

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya