Polemik Cedera Greg Nwokolo, Ini Penjelasan dari Simon McMenemy

Simon McMenemy mencoret Greg karena Kondisinya belum pulih

Jakarta, IDN Times - Greg Nwokolo dicoret dari skuat Timnas Indonesia karena didiagnosis masih mengalami cedera. Namun, jika kondisinya demikian, kenapa ia bisa tampil membela Madura United melawan Kalteng Putra di pekan ke-17 Liga 1 2019 kemarin?

Hal itu langsung memunculkan polemik, lantaran publik bertanya-tanya ihwal kondisi Greg yang sebenarnya. Tak pelak, Greg diterpa isu kurang sedap karena dianggap tak bersedia untuk membela timnas dan lebih memilih tampil bersama klubnya.

1. Pencoretan Greg dilakukan sesuai dengan pemeriksaan tim medis

Polemik Cedera Greg Nwokolo, Ini Penjelasan dari Simon McMenemyDok. PSSI/Herka Yanis P

Namun, pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, enggan ambil pusing terkait masalah tersebut. Ia pun menjelaskan duduk masalah kenapa akhirnya pemain kelahiran Nigeria tersebut akhirnya harus terdepak dari skuat Garuda dan harus digantikan Saddil Ramdani. Menurutnya, hal itu dilakukan karena sang pemain murni mengalami cedera.

"Di timnas itu ada medical check in dan check out. Saat check in, pemain datang untuk diperiksa semua kesehatannya apakah dia siap untuk mengikuti pemusatan latihan, begitu juga saat dia keluar ada medical check out, ketika pemain siap untuk bermain dan dokter mengatakan oke," kata Simon usai memimpin timnas latihan di SUGBK, Senin (2/9).

Baca Juga: Duel Timnas Indonesia vs Malaysia, Saddil dan Andik Jadi Telik Sandi

2. Greg datang ke pemusatan latihan timnas dalam kondisi cedera

Polemik Cedera Greg Nwokolo, Ini Penjelasan dari Simon McMenemyInstagram/@greg11n

Simon menyebut, Greg datang ke pemusatan latihan dalam kondisi tidak fit. Ia pun mencoba berdiskusi dengan pemain bersangkutan hingga akhirnya memberikan kesempatan kepada ia untuk berlatih bersama.

Namun, lanjut Simon, kondisi Greg tak bisa 100 persen dalam latihan. Hal itu membuatnya terpaksa mengambil keputusan untuk mencoret Greg dari skuat.

"Teman-teman bisa lihat tadi latihan sesi terakhir bagaimana standar yang dimiliki oleh tim, kecepatan, dan intensitas luar biasa, pelatih tidak bisa pasang pemain yang kondisi fisiknya 60 persen," ujar pelatih asal Skotlandia tersebut.

Terkait keputusan Madura United yang tetap memilih Greg untuk tampil, Simon pun enggan membahasnya lebih lanjut, sebab dirinya sebagai pelatih timnas saja dan tak memiliki wewenang di klub. Menurut dia, keputusan tentang Greg tampil atau tidak adalah hak prerogatif klub.

3. Greg dianggap sulit untuk tampil di level internasinal jika kondisinya tak sampai 100 persen

Polemik Cedera Greg Nwokolo, Ini Penjelasan dari Simon McMenemyInstagram/@greg11n

Sementara itu, usai tampil membela Laskar Sappeh Kerap, Greg sendiri angkat bicara terkait kasus yang ramai dibicarakan ini. Ia pun memberikan klarifikasi untuk memberikan kabar sebenarnya terkait kondisi cedera yang dialami hingga harus tercoret dari skuat Timnas Indonesia.

"Aku tak keluar dari timnas dengan kemauan sendiri atau pun minta dicoret. Aku datang ke timnas dengan kondisi masih cedera dan dalam proses penyembuhan," tulis pemain berusia 33 tahun tersebut dalam akun Instagram pribadinya.

Mengamini pernyataan Simon, Greg yang sebelumnya sudah berdiskusi dengan tim pelatih mengatakan bahwa dirinya disarankan untuk kembali ke klub. Sebab, lanjut Greg, kondisinya dianggap belum pulih betul dan sulit untuk tampil di level internasional. Apalagi, laga melawan Malaysia dianggapnya sangat penting.

4. Greg selalu siap untuk Timnas Indonesia

Polemik Cedera Greg Nwokolo, Ini Penjelasan dari Simon McMenemyInstagram/@greg11n

Oleh sebab itu, Greg pun paham dengan keputusan pelatih. Ia sadar, lebih baik Timnas Indonesia memilih pemain yang betul-betul siap saja jika dibandingkan dirinya, karena kondisinya masih 50 persen.

Berbeda dengan level internasional, kondisinya saat ini masih bisa dipaksakan tampil di level liga walau tak bisa main penuh.

"Kemarin pas Madura main kalo aku fit pasti aku main dari awal bukan masuk babak ke-2. Jadi, kepada yang tanya profesionalisme aku, sejak aku di sini aku gak pernah complain soal timnas ,kalo aku dipanggil aku selalu datang, kalo aku tidak panggil aku selalu mendukung," terang mantan penggawa Persis Solo tersebut.

"Jangan setiap apa-apa, kalian judge terlalu personal dan rasialis, aku indonesia, suka atau tidak suka. Sekali lagi aku tak ambil keputusan sendiri untuk keluar dari timnas, is a professional decision," tutupnya.

Baca Juga: Greg Nwokolo Tumbang, Saddil Ramdani Dipanggil ke Timnas Indonesia

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya