Comscore Tracker

Preview Kroasia vs Republik Ceko: Generasi Emas Siap Tampil Beda

Kroasia sebelumnya dikalahkan Inggris 1-0 di laga perdana

Jakarta, IDN Times - Kroasia kehilangan tiga poin di pertandingan pertama Grup D Piala Eropa 2020 ketika bersua Inggris. Kini, mereka berambisi mengamankan poin penuh di laga kedua saat melawan Republik Ceko di Hampden Park, Glasgow, Skotlandia, Jumat (18/6/2021) pukul 23.00 WIB.

Kroasia memang kalah tipis 1-0 dari tuan rumah Inggris. Namun, pasukan Zlatko Dalic tak bermain buruk. Mereka menciptakan banyak peluang, tetapi terbentur pertahanan skuat The Three Lions yang tampil menawan. 

Trio magis yang berisi Mateo Kovacic, Marcelo Brozovic, dan Luka Modric ternyata belum nyetel 100 persen. Dalic tak melihat hal tersebut sebagai isu besar karena fakta menunjukkan Kroasia memang piawai dalam mengkreasi permainan. 

1. Kroasia akan tampil beda

Preview Kroasia vs Republik Ceko: Generasi Emas Siap Tampil Bedatwitter/HNS_CFF

Hanya karena beberapa peluang tak bisa dikonversi menjadi gol. Serta tergesa-gesanya para penyerang yang membuat serangan itu menjadi buntu. Oleh sebab itu, Dalic berjanji bakal terus mengasah para pemain depan dan membuat lebih banyak serangan dalam duel kedua ini.

“Kami akan meningkatkan serangan. Tak mudah melawan Republik Ceko, tapi saya optimistis. Walau kalah melawan Belgia dan Inggris kami tidak hancur. Kami membutuhkan kemenangan untuk memberi kami percaya diri lebih,” kata Dalic dalam laman resmi UEFA.  

Kemenangan dalam duel nanti memang begitu krusial bagi Kroasia. Selain demi menjaga peluang lolos ke fase berikutnya, tiga poin dalam duel ini bakal meningkatkan mental para pemain menghadapi duel selanjutnya. 

Oleh sebab itu, ia akan melakukan perubahan cukup signifikan agar timnya tampil berbeda. Tak hanya mengubah komposisi pemain, ia memastikan jika Kroasia bakal menunjukkan permainan yang lebih segar dan baru dalam laga keduanya di Piala Eropa 2020.

Baca Juga: 5 Fakta Usai Inggris Kalahkan Kroasia di Piala Eropa 2020

2. Manfaatkan kemampuan Luka Modric

Preview Kroasia vs Republik Ceko: Generasi Emas Siap Tampil Bedanytimes.com

Menghadapi Republik Ceko, Dalic ingin timnya bisa lebih kalem dalam mengendalikan tempo dan tentu saja menyelesaikan peluang lebih efektif. Maklum, di bawah mistar Republik Ceko berdiri penjaga gawang yang tampil menawan di laga pertama, Tomas Vaclik. Butuh usaha spesial seperti tendangan bebas keren buat menaklukkan sang kiper. 

Luka Modric jelas punya kemampuan itu. Selain lewat set piece, ia juga punya kesempatan melakukan tendangan jarak jauh yang bisa jadi alternatif jika Kroasia kesulitan menembus pertahanan Republik Ceko.

Melawan Republik Ceko juga seharusnya bukan perkara sesulit Inggris. Walau mereka tengah dalam kepercayaan diri tinggi usai meraih poin penuh di laga perdana, Kroasia tetap punya materi pemain lebih ciamik untuk bisa menghabisi perlawanan Republik Ceko.

3. Republik Ceko tak gentar

Preview Kroasia vs Republik Ceko: Generasi Emas Siap Tampil Bedapotret Patrik Schick bersama Timnas Republik Ceko(skysports.com)

Mendapat kemenangan sudah dianggap berkah luar biasa bagi Republik Ceko di laga pertama. Padahal, mereka sempat di pandang sebelah mata sebelum bentrok dengan Skotlandia. Kini, mereka coba kembali mencari keajaiban itu.

Mimpi mereka bahkan meningkat, Republik Ceko kini ingin lolos lebih dulu ke fase gugur. Hal itu bakal memudahkan langkahnya di laga terakhir melawan Inggris. 

"Keinginan kami jelas. Kami ingin lolos dari grup. Satu poin dari dua pertandingan berikutnya mungkin cukup, tetapi kami tidak ingin bermain untuk hasil imbang,” ujar pelatih Republik Ceko, Jaroslav Silhavy. 

Mereka sadar Kroasia merupakan tim besar yang banyak dihuni pemain berkualitas. Namun, itu tak menurutkan niat Republik Ceko untuk melanjutkan kejutan di Piala Eropa 2020. Tak tanggung-tanggung, mereka siap memberikan kekalahan kedua bagi runner-up Piala Dunia 2022 dalam laga malam nanti.

Baca Juga: Inggris Vs Kroasia: Ajang Balas Dendam The Three Lions

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya