Comscore Tracker

Resmi! Irfan Jaya Jadi Pemain Anyar Bali United

Irfan Jaya tampil baik bersama Timnas Indonesia

Jakarta, IDN Times - Teka-teki soal masa depan Irfan Jaya akhirnya terjawab. Pemain asal Bantaeng ini resmi jadi bagian dari Bali United untuk mengarungi putaran kedua Liga 1 2021/22.

Pemain yang tampil moncer bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 ini resmi diperkenalkan sebagai rekrutan anyar Bali United, Kamis (6/1/2022). Kepastian itu membuat banyak klub yang ingin meminangnya gigit jari.

“Kehadiran Privat Mbarga sebagai pemain asing baru di kubu Serdadu Tridatu akan disempurnakan dengan kehadiran salah satu pemain lokal terbaik yang baru saja menyelesaikan tugas negara di Singapura lalu. Dia adalah pemain dengan posisi penyerang sayap sarat pengalaman bernama Irfan Samaling Kumi atau Irfan Jaya,” tulis pernyataan klub.

Baca Juga: Cetak 2 Gol ke Gawang Malaysia, Ini 10 Fakta Sosok Irfan Jaya

1. CEO Bali United sebut Irfan Jaya segera merapat

Resmi! Irfan Jaya Jadi Pemain Anyar Bali UnitedIrfan Jaya (instagram.com/irfanjayaij41)

Sejauh ini, Irfan Jaya masih belum bergabung dengan skuad Bali United. Sang pemain masih berada di Jakarta bersama Timnas Indonesia. Namun, ia dipastikan segera bergabung, karena telah selesai menjalani karantina selama lima hari usai menjalani tugas negara di Piala AFF 2020.

“Irfan Jaya akan segera bergabung dengan Bali United setelah selesai menjalankan karantina bersama Timnas Indonesia pasca-Piala AFF lalu. Rencananya ia akan langsung menjalani latihan bersama tim. Semoga proses adaptasinya dapat berjalan dengan mudah dan kami harap ia mampu memberikan kontribusi positif untuk Serdadu Tridatu,” ujar Chief Executive Officer (CEO), Bali United, Yabes Tanuri.

Ia dipastikan bakal jadi andalan Bali United untuk mengarungi putaran kedua musim ini. Namun demikian, tak disebutkan berapa lama durasi kontrak Irfan Jaya bersama Bali United. 

Baca Juga: Bali United Kembali Wakili Indonesia Arungi Piala AFC

2. Irfan Jaya merupakan pemain jebolan Porda Bantaeng

Resmi! Irfan Jaya Jadi Pemain Anyar Bali UnitedEvan Dimas dan Irfan Jaya merayakan gol Indonesia di Piala AFF / PSSI

Irfan Samaling Kumi atau lebih dikenal dengan nama Irfan Jaya harus melalui perjalanan berat dalam kariernya di dunia bal-balan. Menempa diri sejak belia di SSB Butta Toa Sinoa, Bantaeng. Irfan kesulitan menunjukkan bakatnya kepada para pemandu bakat.

Beruntung, saat menginjak usia 17 tahun, ia terpilih masuk Persiba Bantaeng. Hal itu pula yang memuluskan langkahnya menjadi pemain andalan Porda Bantaeng, dan berhasil membawa daerahnya menjadi juara. Hingga bisa dipilih masuk dalam skuad PON Remaja Sulawesi Selatan tahun 2014. 

Tampil dalam berbagai ajang multievent olahraga lokal, membuat bakat Irfan tercium PSM. Klub legendaris itu pun akhirnya membawa pemain yang kerap disebut sebagai titisan Andik Vermansah ini, untuk diproyeksikan jadi pemain andalan di TSC U-21 pada 2016.

3. Irfan Jaya jadi topskor TSC U-21

Resmi! Irfan Jaya Jadi Pemain Anyar Bali UnitedWinger Timnas Indonesia, Irfan Jaya, di duel kontra Vietnam dalam lanjutan penyisihan Grup B Piala AFF / Dokumentasi PSSI

Keputusan PSM berbuah manis. Irfan benar-benar bisa memberikan kontribusi maksimal untuk Juku Eja dalam kompetisi Liga Indonesia untuk kelompok usia itu. Walau gagal membawa timnya menjadi juara, ia berhasil menjadi top scorer dengan catatan 14 gol. 

“Alhamdulillah saya sempat menjadi topskor di kompetisi TSC U-21,” kata Irfan beberapa waktu lalu.

Pelatih yang langsung kepincut dengan bakat Irfan adalah Iwan Setiawan. Irfan bahkan mengaku jika Coach Iwan sempat menawarinya bergabung dengan Persija. Hanya saja, Irfan remaja masih punya mimpi besar untuk membela PSM, klub idolanya sejak kecil.

Namun, kualitasnya saat di tim remaja masih belum bisa meluluhkan Robert Alberts, pelatih PSM kala itu. Sehingga, usahanya untuk bisa membela PSM di kompetisi kasta tertinggi Indonesia masih belum bisa diwujudkan. Ia pun harus mencari peruntungan di klub lain.

4. Jadi langganan Timnas Indonesia

Resmi! Irfan Jaya Jadi Pemain Anyar Bali UnitedWinger Timnas Indonesia, Irfan Jaya, merayakan gol ke gawang Malaysia (Dok. PSSI)

Irfan Jaya juga menjadi salah satu pemain kunci yang membawa Persebaya Surabaya menjuarai Liga 2 tahun 2017 sekaligus mengantarkan tim Bajul Ijo naik kasta tertinggi sepak bola di Indonesia.  Terakhir, Irfan membela PSS Sleman yang membawa tim ini berada pada posisi ketiga ajang Piala Menpora 2021 lalu sebelum akhirnya menjadi andalan TImnas Indonesia saat ini.

Beruntung, Coach Iwan yang kala itu menukangi Persebaya pun akhirnya membawa Irfan merantau ke Surabaya. Ia menjadi salah satu pemain kunci yang membawa Persebaya Surabaya menjuarai Liga 2 tahun 2017 sekaligus mengantarkan tim Bajul Ijo naik kasta tertinggi sepak bola di Indonesia. 

Ia pun tetap jadi andalan Alfredo Vera yang menukangi Persebaya di Liga 1. Irfan berhasil jadi pilar penting Bajul Ijo, gol dan assist mengalir dari kakinya. penampilannya itu membuat Irfan masuk dalam skuad Timnas Indonesia di bawah asuhan Luis Milla untuk mentas di ajang Asian Games.

Sejak saat itu, Irfan jadi pemain yang hilir mudik masuk skuad Garuda. hingga saat ini, saat Timnas Indonesia di tangani Shin Tae Yong, kualitas pemain yang hengkang ke PSS pada 2021 ini semakin diandalkan untuk membawa Timnas Indonesia berprestasi di kancah nasional.

Menarik dinantikan aksi Irfan Jaya dalam memberikan kontribusi positif bagi skuad Bali United di sisa kompetisi Liga 1 musim ini.

Baca Juga: Shin Tae Yong Minta Pemain Timnas Indonesia Jadi Contoh Baik di Klub

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya