Robert: Yang Penting Persib Mengalahkan Persipura

Persib sebelumnya bermain imbang 1-1 melawan PSIS

Jakarta, IDN Times - Pelatih Persib, Robet Alberts, memastikan akan mengusung target bangkit saat timnya bentrok dengan Persipura. Usai gagal meraih poin penuh, kemenangan jadi harga mati bagi skuad Maung Bandung agar bisa tetap bersaing di papan atas klasemen Liga 1.

Kedua tim dijadwalkan bakal bentrok dalam laga lanjutan pekan ke-26 Liga 1 2021/22 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Jumat (18/2/2022). Meskipun duel pada putaran pertama dimenangkan Persib, duel nanti belum tentu menjamin mereka dengan mudah mengangkangi Persipura.

"Kami tak akan pernah bisa memprediksi berapa skor di pertandingan besok, karena semua skor yang selama ini terjadi di Liga pun merupakan hasil yang di luar ekspektasi. Apa yang telah terjadi di laga terakhir sudah tidak penting. Yang terpenting adalah pertandingan besok," kata Robert dalam sesi konferensi pers.

Baca Juga: Liga 1: Ditahan Imbang PSIS, Persib Masih Inkonsisten

1. Kemenangan dinilai penting untuk bersaing di papan atas

Robert: Yang Penting Persib Mengalahkan PersipuraPersik Kediri saat melawan Persib Bandung. IDN Times/ persikofficial

Robert menekankan, jika tripoin melawan Persipura begitu krusial untuk membuat Persib bisa menjaga peluang meraih gelar juara musim ini. Sampai saat ini, Persib masih bercokol di peringkat empat klasemen sementara dengan meraih 47 poin dari 14 kemenangan, lima imbang, dan lima sisanya kalah.

Memasuki putaran kedua ini, Persib punya masalah dalam produktivitas golnya. Walau sudah mendatangkan dua penyerang asal Brasil, yakni Bruno Cantanhede dan David da Silva, peran keduanya masih belum terlihat. Bahkan para pemain Persib acap kali kebingungan saat tampil dengan duet tersebut.

"Sebelumnya kami gagal mencetak gol meski sudah membuat begitu banyak peluang. Jadi, kami harus bisa mencetak gol di pertandingan besok, berapa jumlah golnya tidak penting, selama kami bisa meraih tiga poin. Kami masih punya keyakinan dan akan berjuang untuk menjadi juara," ujar pelatih asal Belanda itu.

2. Sudah melakukan perbaikan untuk produktivitas penyerang Persib

Robert: Yang Penting Persib Mengalahkan PersipuraBruno Cantanhede, penyerang baru Persib. (persib.co.id)

Dia pun mengaku, sudah melakukan evaluasi terhadap timnya, termasuk memperbaiki produktivitas tim yang menjadi masalah. Persiapan matang pun dilakukan agar para pemain bisa tampil maksimal dan bisa menjalankan instruksi Robert di lapangan nanti. 

"Kami tentunya menyiapkan pertandingan besok dengan tim terbaik. Pada pertandingan kemarin kami belum bisa mencetak gol. Tapi kemenangan dengan mencetak gol, menjadi proses yang kami ingin capai di pertandingan besok," beber pelatih berusia 67 tahun itu.

3. Persipura tak punya waktu ideal

Robert: Yang Penting Persib Mengalahkan PersipuraPesepak bola Persipura Jayapura Yohanes Pahabol (tengah) melakukan selebrasi bersama rekannya Elisa Basna (dua kiri) usai mencetak gol ke gawang Persikabo 1973 saat pertandingan Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DI Yogyakarta, Senin (22/11/2021). (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Tak ada jaminan dengan persiapan yang serius itu membuat Persib bisa memperbaiki masalahnya. Hal itu terang saja bisa dimanfaatkan oleh Persipura. Apalagi, skuad Mutiara Hitam saat ini tengah berambisi bangkit untuk bisa merangsek ke papan tengah.

Pelatih Persipura, Afredo Vera mengaku, persiapan yang dilakukan anak asuhnya untuk menghadapi Persip memang kurang ideal. Namun, dia tak mau menjadikan itu alasan. Dia berjanji akan memanfaatkan waktu yang ada untuk bisa tampil baik, sekaligus meraih kemenangan atas Persib.

"Persiapan kami mepet. Yang mau kami lakukan, tak bisa semuanya bisa dilakukan, tapi kami harus tetap maksimal dengan waktu yang kami punya," kata pelatih asal Argentina tersebut, yang berambisi menjadikan Persib korban dari kebangkitan Persipura usai dibekuk Barito Putera pekan lalu.

Baca Juga: Wasit Liga 1 dan Liga 2 Dievaluasi

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya