Comscore Tracker

Sambangi Kandang PSM, Persebaya Telan Kekalahan Kedua Beruntun

Irfan Jaya sempat menyamakan kedudukan menjadi 1-1

Jakarta, IDN Times - Persebaya Surabaya kembali harus menelan kekalahan usai ditundukkan tuan rumah PSM Makassar dengan skor 2-1 dalam laga lanjutan Shopee Liga 1 2019 pekan kesembilan yang digelar di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Rabu (17/7).

Laga yang ditunjukkan kedua tim sepanjang pertandingan cukup ketat. Hal itu sudah terlihat sejak laga babak pertama baru dimulai. Bahkan, sang tamu mampu membuat pendukung Pasukan Ramang terdiam usai Irfan Jaya membuat peluang lewat sundulanya.

Akan tetapi, tuan rumah mampu unggul terlebih dahulu lewat penyerang naturalisasi, Guy Junior, pada menit ke-18. Ia mampu menyundul bola ke dalam gawang Persebaya yang dikawal Miswar Saputra, memanfaatkan umpan matang Wiljan Pluim.

Usai unggul satu gol, PSM sedikit mengendurkan serangan. Hal itu dimanfaatkan oleh Persebaya untuk coba menyamakan kedudukan. Beberapa peluang bahkan sempat diciptakan Amildo Balde. Sayang, tak ada satu peluang pun bisa dikonversi menjadi gol.

Persebaya baru bisa samakan skor pada menit ke-41. Irfan Jaya berhasil merobek gawang Juku Eja yang dikawal, Hilmansyah. Ia mampu menyelesaikan umpan matang Manuchekhr Dzalilov. Kedudukan sama kuat 1-1 pun berakhir hingga babak pertama selesai.

Usai turun minum, tim besutan Darije Kalezic terus mendapat tekanan dari Persebaya. Hal kontroversial pun sempat terjadi saat Irfan Jaya dijatuhkan oleh Marc Klok di kotak penalti saat laga berjalan 65 menit. Hanya saja, wasit yang memimpin pertandingan, Nusur Fadilah, tak memberikan hadiah penalti.

Setelahnya, PSM mulai bangkit dan coba menekan Persebaya. Tak jarang, mereka bisa mengancam pertahanan bajul Ijo. Beruntung, Miswar pada malam ini bisa tampil prima sehingga mampu menjaga gawang Persebaya dari kebobolan.

Namun, petaka bagi Persebaya datang pada menit ke-68, ketika gawang Miswar akhirnya bobol juga usai mendapatkan tekanan terus menerus dari para penyerang PSM. Ferdinand Sinaga bisa membuat tuan rumah unggul lewat sundulan memanfaatkan umpan M. Rahmat.

Persebaya sebetulnya tak tinggal diam. Mereka berusaha menyerang dan mencoba menyamakan kedudukan di waktu sisa. Hanya saja, hingga peluit panjang dibunyikan, Persebaya gagal mengubah keadaan sehingga mereka harus menelan kekalahan dari PSM dengan skor 2-1.

 

Susunan pemain

PSM Makassar(4-2-3-1): Hilmansyah; Asnawi Mangkualam, Aaron Evans, Abdul Rahman, Beny Wahyudi; Bayu Gatra/Ferdinand Sinaga, Muhammad Arfan/Rizky Pellu, Marc Klok, Wiljan Pluim, M.Rahmat/Rasyid Bakrie; 39-Guy Junior.

Persebaya Surabaya (4-3-3): Miswar Saputra; Novan Setya Sasongko, Rachmat Irianto, Otavio Dutra, Muhammad Syaifuddin; Misbakus Solihin/Fandi Eko Utomo, M. Hidayat, Damian Lizio/Rendi Irwan; Manuchekhr Dzalilov/Osvaldo Haay, Amido Balde, Irfan Jaya.

Baca Juga: PSM vs Persebaya: Bajul Ijo Dibayangi Rekor Buruk

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You