Comscore Tracker

Serba-serbi Jelang Undian Perempat Final Liga Champions Eropa 

Liverpool jadi klub yang sering bertemu wakil Inggris lain

Jakarta, IDN Times - Babak 16 besar Liga Champions 2018/2019 resmi paripurna. Sebanyak delapan tim memastikan diri melangkah ke babak perempat final. Dua tiket terakhir dikunci oleh Liverpool dan Barcelona yang sama-sama menang di partai penentu pada Kamis (14/3) dini hari tadi.

Menilik daftar tim yang berhasil melaju ke fase selanjutnya, wakil Inggris kali ini begitu mendominasi. Bagaimana tidak, 50 persen dari kontestan yang lolos diraih oleh tim-tim dari Premier League.

1. 50 persen tim yang lolos ke babak perempat final berasal dari Inggris

Serba-serbi Jelang Undian Perempat Final Liga Champions Eropa twitter.com/Football__Tweet

Mereka adalah Manchester United, Manchester City, Tottenham Hotspur, dan Liverpool.Empat sisanya ditempati oleh Juventus (Italia), Barcelona (Spanyol), Porto (Portugal), dan Ajax Amsterdam (Belanda).

Banyaknya wakil Inggris yang melaju ke babak perempat final ini adalah yang ketiga kalinya di era milenium. Catatan ini menyamai rekor sebelumnya di Liga Champions edisi 2007/2008 dan 2008/2009.

Baca Juga: Mungkin Gak, Sih, UEFA Memajukan Jam Sepak Mula Liga Champions Eropa?

2. UEFA tak menerapkan regulasi khusus di babak delapan besar

Serba-serbi Jelang Undian Perempat Final Liga Champions Eropa mirror.co.uk

Tak ayal, potensi terjadinya perang antarklub Inggris di babak ini terbuka lebar. Sebab, pada pengundian di fase ini, tak ada regulasi khusus yang diberikan Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) seperti babak 16 besar kemarin.

Kali ini, tim yang berasal dari satu negara (satu liga), diizinkan untuk saling bertemu. Pun demikian dengan tim yang sudah bertemu di fase grup, bisa kembali berduel. Regulasi yang melarang dua kondisi di atas, tak berlaku lagi pada babak delapan besar.

3. Liverpool jadi klub yang paling sering bertemu wakil Inggris lainnya

Serba-serbi Jelang Undian Perempat Final Liga Champions Eropa ecr.co.za

Jika melihat sejarah, Liverpool bisa dibilang menjadi klub yang paling sering bertemu wakil Inggris lainnya di babak perempat final Liga Champions. Saat masih ditangani Rafael Benitez misalnya, The Reds harus berduel dengan Arsenal. Beruntung mereka bisa menundukkan Meriam London dengan agregat 5-3. Namun, langkahnya harus terhenti di semifinal karena takluk dari Chelsea usai kalah agregat 3-4.

Setahun berselang, Liverpool kembali harus bertemu Chelsea di perempat final. Mereka harus kembali gigit jari karena kembali digagalkan langkahnya oleh Chelsea dengan agregat 7-5.

Teranyar, Liverpool kembali bertemu Manchester City di fase yang sama pada Liga Champions musim lalu. Mereka berhasil menundukan The Citizens dengan agregat 5-1 dan mampu melaju hingga ke babak final. Sayang, di laga pamungkas Liverpool harus kalah 3-1 dari Real Madrid.

4. Besok undian babak perempat final Liga Champions dilakukan

Serba-serbi Jelang Undian Perempat Final Liga Champions Eropa uefa.com

Pengundian babak perempat final Liga Champions sendiri akan dilangsungkan di Kota Nyon, Swiss pada Jumat (15/3) pukul 19.00 WIB.


Delapan tim yang lolos ke perempat final Liga Champions 2018/2019

Barcelona [Spanyol]

Juventus [Italia]

Liverpool [Inggris]

Manchester City [Inggris]

Tottenham Hotspur [Inggris]

Manchester United [Inggris]

FC Porto [Portugal]

Ajax Amsterdam [Belanda]

Baca Juga: Ukir Comeback Fenomenal di Liga Champions, Saham Juventus Naik Drastis

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You