Comscore Tracker

Shin Tae-yong Panggil Lagi Pemain Keturunan untuk TC Timnas U-19

Jack Brown merupakan pemain Lincoln City

Jakarta, IDN Times - Setelah Elkan Bagott, satu lagi pemain keturunan Indonesia kembali mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) bersama Timnas U-19 di Jakarta. Dia adalah pemain berdarah Indonesia-Inggris, Jack Brown, yang tercatat sebagai pemain junior Lincoln City.

Jack Brown terlihat sudah bergabung dengan Bagas Kahfa dan kolega dalam latihan Timnas U-19 yang digelar pada Kamis, (13/8/2020) pagi. Hal itu bisa dilihat dalam unggahan PSSI melalui story di akun instagram resminya.

1. Surat pemanggilan Jack Brown sudah disampaikan ke klubnya Lincoln FC pada 10 Agustus

Shin Tae-yong Panggil Lagi Pemain Keturunan untuk TC Timnas U-19Pemain keuturunan, Jack Brown sedang mengikuti seleksi bersama Timnas Indonesia. (Instagram/@jack9brown).

Sebetulnya, kabar mengenai pemanggilan Jack Brown sudah bocor sejak beberapa hari lalu. Hal itu terungkap lewat surat resmi PSSI yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi untuk klub Lincoln City pada 10 Agustus 2020.

Melalui surat dengan nomor 1593/ULN/216/VIII-2020, PSSI memohon kepada klub Inggris tersebut untuk mengizinkan Brown melakukan pemusatan latihan plus seleksi dalam rangka persiapan Timnas U-19 menghadapi Piala AFC U-19 2020 di Uzbekistan yang dihelat pada 14-31 Oktober 2020 dan Piala Dunia U-20, 24 Mei-12 Juni 2021.

"Sehubungan dengan pemusatan latihan ini, kami mengharapkan Jack Brown untuk bergabung dengan Timnas Indonesia U-19 pada 9-16 Agustus 2020 di Jakarta, Indonesia untuk persiapan pemusatan latihan di Korea Selatan," tulis PSSI dalam surat itu.

2. Jack Brown dan Elkan Bagott belum dijamin masuk skuat Timnas U-19

Shin Tae-yong Panggil Lagi Pemain Keturunan untuk TC Timnas U-19Timnas Indonesia U-19 dan Senior menggelar latihan perdana bersamaan pada masa pandemi COVID-19 dengan menerapkan protokol kesehatan. ANTARA/M Risyal Hidayat/wsj

Dengan demikian, Jack Brown bakal menemani Elkan Bagott sebagai pemain keturunan untuk mengikuti seleksi sampai 16 Agustus 2020. Namun demikian, hal itu belum menjamin keduanya bisa masuk skuat Timnas U-19. Mereka mesti bersaing terlbih dahulu dengan pemain lokal macam Alfeandra Dewangga, David Maulana, sampai beberapa pemain Garuda Select.

Jack Brown sendiri sebelumnya sudah sempat mengikuti seleksi bersama skuat Garuda Muda pada 13-18 Januari 2020. Hanya saja, usai menjalani lima hari seleksi dirinya harus tersingkir dari seleksi lantaran dicoret oleh Shin Tae-yong.

3. Jack Brown sempat dicoret saat TC Timnas U-19 Januari 2020 silam

Shin Tae-yong Panggil Lagi Pemain Keturunan untuk TC Timnas U-19Pemain keuturunan, Jack Brown sedang mengikuti seleksi bersama Timnas Indonesia. (Instagram/@jack9brown).

Dia beralasan kala itu fisiknya masih kaget lantaran harus mengikuti seleksi di Indonesia. Fisiknya terkuras usai melakukan perjalanan panjang, selama hampir 20 jam dan butuh waktu adaptasi dengan cuaca tanah air yang berbeda dengan Inggris.

"Saya masih dalam kondisi yang capek, karena masih jetlag. belum lagi saya butuh adaptasi dengan cuaca, cuma empat hari (menjalani seleksi), jadi fisiknya belum kuat," kata pemain terbaik Akademi Manchester United pada 2012 silam itu dalam Youtube Zahmuz Official beberapa waktu lalu.

Baca Juga: TC Timnas Indonesia dan Timnas U-19 Dimulai 1 Agustus 2020

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya