Comscore Tracker

TC Timnas Indonesia dan Timnas U-19 Dimulai 1 Agustus 2020

Pemain Timnas Indonesia melakukan swab test

Jakarta, IDN times - Rencana pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia dan Timnas U-19 yang bakal digelar mulai 25 Juli 2020 akhirnya mundur. Kedua tim baru akan memulai latihan pada 1 Agustus 2020 mendatang sesuai program yang disiapkan Shin Tae-yong.

Padahal, sebelumnya para pemain timnas senior dan Timnas U-19 sudah berkumpul di Jakarta sejak Kamis, 23 Juli lalu. Bahkan, sehari setelah kedatangannya, mereka sempat mengikuti rangkaian swab test atau Polymerase Chain Reaction (PCR) sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku.

"Sesuai arahan Ketum PSSI (Mochamad Iriawan), setelah Shin Tae-yong tiba di Jakarta kami langsung melakukan koordinasi dengannya. Dan pelatih Shin Tae-yong menyiapkan program latihan perdana di lapangan pada 1 Agustus mendatang," kata Pelaksana Tugas Sekjen PSSI, Yunus Nusi dikutip laman resmi PSSI.

1. Pemain Timnas Indonesia akan meningkatkan nutrisi dan tetap menjalankan protokol kesehatan

TC Timnas Indonesia dan Timnas U-19 Dimulai 1 Agustus 2020Pemain Timnas Indonesia senior saat melakukan latihan. IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Sambil menunggu latihan pekan pada akhir pekan ini, pemain masih menunggu hasil swab test yang bakal keluar pada tiga sampai empat hari ke depan. Mereka pun menjalankan beberapa protokol lainnya seperti memakai masker dimulai saat keluar kamar, menjaga jarak saat melakukan kegiatan seperti makan, rajin cuci tangan memakai sabun, selalu membawa hand sanitizer, pengecekan suhu, dan lain-lain.

Di sisi lain, tim dokter PSSI juga bakal terus memantau kondisi para pemain dan melakukan perbaikan nutrisi sebelum pemain kembali ke lapangan.

"Kami akan melakukan perbaikan nutrisi kepada pemain terutama kebiasaan saat mereka makan. Sambil menunggu hasil swab test, kami melakukan simulasi latihan dengan protokol kesehatan di hotel sebelum dilakukan latihan perdana," kata dokter sekaligus kepala tim medis PSSI, Syarif Alwi.

Baca Juga: Membuahkan Hasil, 15 Pemain Jebolan Garuda Select Tembus Timnas U-19!

2. TC Timnas Indonesia senior dan Timnas U-19 digelar bersama

TC Timnas Indonesia dan Timnas U-19 Dimulai 1 Agustus 2020Pemain Timnas Indonesia senior saat melakukan latihan. IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

TC kali ini dilakukan bersama, berbeda seperti beberapa waktu sebelumnya. Maklum, di tengah kondisi ketidakpastian ini, baik timnas senior dan Timnas U-19 harus segera disiapkan guna menghadapi beberapa agenda.

Timnas senior masih dihadapkan pada tiga laga sisa babak kualifikasi Piala Dunia 2022, di antaranya kontra Thailand pada 8 Oktober, Uni Emirat Arab (UEA) lima hari setelahnya, dan ditutup lawatan ke Vietnam pada 12 November 2020.

Selain itu, mereka juga disiapkan untuk mentas di ajang Piala AFF yang rencananya ditabuh mulai November-Desember 2020.

3. Timnas U-19 persiapkan diri menuju Piala AFC 2020 dan Piala Dunia U-20 2021

TC Timnas Indonesia dan Timnas U-19 Dimulai 1 Agustus 2020IDN Times/Herka Yanis P

Agenda yang tak kalah penting juga kini menanti Timnas U-19. Sebab, tiga bulan lagi mereka harus berjuang di Piala AFC U-19 di Uzbekistan. Walhasil, persiapan matang pun harus dilakukan demi meraih poin maksimal.

Lawan yang dihadapi pun tak main-main. Garuda Muda berada di grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Kamboja, dan Iran. Setahun berselang, atau tepat pada 2021 nanti, Bagas Kaffa dan kolega ini akan tampil di Piala Dunia U-20 yang notabene bakal digelar di rumah sendiri.

Baca Juga: Layakkah Naturalisasi Jadi Opsi Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20?

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya