Comscore Tracker

Siapkan Dana Rp40 Miliar, PSSI akan Bangun Training Ground di Sukabumi

PSSI siapkan dana Rp40 miliar untuk bangun training ground

Jakarta, IDN Times - PSSI siap membangun tempat pemusatan latihan untuk kebutuhan sarana Timnas Indonesia di wilayah Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Pembangunan training ground ini direncanakan dimulai pada 2020 mendatang.

Pembangunan kamp latihan di Sukabumi ini menjadi salah satu prioritas PSSI dalam waktu dekat. Hal itu dilakukan agar pemusatan latihan Timnas Indonesia bisa dilakukan secara efektif dan efisien. Sebab, sejauh ini training center Timnas acap kali dilakukan terpisah yang membuat PSSI harus mengeluarkan dana untuk sewa lapangan dan hotel.

1. Iwan Bule manfaatkan bantuan FIFA untuk bangun Soccer Camp milik PSSI

Siapkan Dana Rp40 Miliar, PSSI akan Bangun Training Ground di SukabumiKetua Umum PSSI, Iwan Bule. IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Ketum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule, mengungkapkan bahwa pembangunan kamp latihan yang ia sebut Soccer Camp ini bakal dijadikan salah satu proyek percontohan infrastruktur training center di Indonesia. Oleh sebab itu, lanjut dia, pembangunannya harus maksimal.

PSSI sendiri sudah menyiapkan tanah seluas delapan hektare yang diberikan dari hibah salah seorang pencinta sepakbola Tanah Air. Mereka pun siap menggelontorkan dana Rp40 miliar untuk pembangunan Soccer Camp ini yang dimanfaatkan dari bantuan federasi sepakbola dunia (FIFA).

"Sekarang tanah milik PSSI dong, nanti juga akan dibangun infrastruktur seperti tol. Uang FIFA yang $2,8 juta harus kami ambil dan manfaatkan, kalau tidak sayang, bisa hangus," kata Iwan Bule kepada awak media.

Baca Juga: Gusti Randa Tak Mempermasalahkan Rangkap Jabatan Petinggi PSSI

2. PSSI akan bangun Soccer Camp berstandar FIFA

Siapkan Dana Rp40 Miliar, PSSI akan Bangun Training Ground di Sukabumiunsplash.com/henrique

Soccer Camp tersebut nantinya akan dibangun sesuai standar FIFA dengan rumput khusus berkualitas. Nantinya, lapangan tersebut bisa dimanfaatkan oleh timnas senior hingga kelompok umur untuk persiapan menghadapi turnamen-turnamen internasional.

Sebetulnya, PSSI sudah memiliki lahan untuk pemusatan latihan di Sawangan, Depok, Jawa Barat. Akan tetapi, tempat tersebut masih belum bisa memenuhi kebutuhan Timnas Indonesia baik senior sampai kelompok umur. Tak pelak, rencana kali ini begitu disyukuri pelatih Timnas U-23, Indra Sjafri.

"Di Sawangan kan gak cukup, kita butuh training ground yang bisa menampung semua termasuk timnas senior, U-23, U-19, dan U-16," ujar pelatih asal Padang tersebut.

3. Kementerian PUPR siap bantu bangun training ground

Siapkan Dana Rp40 Miliar, PSSI akan Bangun Training Ground di SukabumiIDN Times/Mela Hapsari

Hanya saja, Indra mengarisbawahi pekerjaan untuk membangun Soccer Camp tak bisa dilakukan sendirian oleh PSSI. Menurut dia, trainning ground itu bisa diwujudkan oleh pengurus anyar PSSI jika pemerintah juga mau terlibat mendukung.

Bak gayung bersambut, pembangunan tersebut pun sudah mendapat restu dari pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Menteri PUPR Mochamad Basoeki Hadimeljono, mengatakan bahwa pihaknya siap membantu membangun fasilitas bangunan serta akses jalan menuju lokasi.

"Jika memang lahannya sudah ada dan siap, kami akan membantu," tukas Basoeki saat menerima Waketum PSSI, Cucu Soemantri bersama anggota Komite Eksekutif PSSI Sonhadji beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Timnas Indonesia Lolos ke Piala AFC U-19 2020, Indra Sjafri Puji PSSI

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You