Solskjaer: Manchester United Tak akan Beli Pemain 'Apel Busuk'

Solskjaer ingin berinvestasi untuk pemain muda 

Jakarta, IDN Times - Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, mengungkapkan bagaimana kebijakan transfer yang diterapkan di klubnya. Dia ingin membangun tim yang didasari oleh pemain berkepribadian baik dan tak asal beli pemain 'apel busuk.'

Sejauh ini Manchester United sudah mendatangkan Harry Maguire, Daniel James, dan Aaron Wan-Bissaka di bursa transfer musim panas pertama Solskjaer sebagai bos Setan Merah. Lalu menyusul Bruno Fernandes dari Sporting Lisbon dan striker Nigeria Odion Ighalo yang dipinjam dari klub Tiongkok, Shanghai Shenhua.

1. Solskjaer utamakan pemain berkepribadian baik dalam skuat Manchester United

Solskjaer: Manchester United Tak akan Beli Pemain 'Apel Busuk'twitter.com/ManUtd

Hal itu dilakukan oleh pelatih berpaspor Norwegia tersebut dalam misi jangka panjangnya membangun skuat Manchester United yang kuat dan diisi pemain muda Inggris yang ambisius.

"Yang sekarang saya cari pada pemain yang menanda tangani kontrak atau kami ajukan dari tim junior. Anda harus memiliki kepribadian yang baik dan meyakinkan bahwa Anda profesional, karena satu apel busuk di keranjang akan membuat yang lainnya busuk," lanjut dia.

2. Pemain Manchester United harus bekerja keras, pantang menyerah, dan selalu memberikan yang terbaik di lapangan

Solskjaer: Manchester United Tak akan Beli Pemain 'Apel Busuk'bleacherreport.com

Meskipun pandemik COVID-19 berpotensi memengaruhi kebijakan transfer lantaran keterbatasan dana, Solskjaer tetap berkomitmen bakal menentukan pemain yang masuk skuatnya harus mengutamakan filosofi kolektif klub.

"Jadi bagi saya ini tentang membangun tim yang akan mencerminkan saya dan kepribadian serta pandangan staf pelatih saya. Tentu saja ada standar karena kami ingin menang. Kami berada dalam bisnis untuk menang," ujar pelatih berusia 47 tahun itu.

Solskjaer mengungkapkan langkah pertama untuk menjadi pemain Manchester United di bawah komandonya. Menurut dia, pemain harus cukup rendah hati dan siap bekerja keras, pantang menyerah, dan selalu memberikan yang terbaik bagi tim baik dalam latihan atau pun pertandingan.

3. Solskjaer sebut pemain muda jadi fondasi Manchester United

Solskjaer: Manchester United Tak akan Beli Pemain 'Apel Busuk'twitter.com/ManUtd

Sejauh ini, kebijakan Solskjaer dalam berburu pemain memang tak seperti Jose Mourinho yang dikenal boros. Dia lebih senang mempromosikan pemain-pemain yang masih hijau dan punya prospek sangat bagus, sebut saja, Brandon Williams, Scott McTominay dan Mason Greenwood, sampai Tahith Cong selama musim penuh pertamanya.

Mereka pun sedikit demi sedikit terus berkembang dan memberikan dampak yang baik bagi Manchester United ke depan. Hal itu membuat Solskjaer yakin dengan terobosan yang dilakukan akademi selanjutnya.

"Saya pikir fondasi kami selalu dibangun di atas pemain muda. Dan, akan selalu ada satu atau dua anak spesial yang datang melalui sistem akademi Manchester United. Kami bakal mendapatkan keuntungan itu yang saya yakin akan dapat dilihat dalam beberapa tahun ke depan," ujar Solskjaer.

4. Solskjaer tak ingin menyebut pemain paling spesial

Solskjaer: Manchester United Tak akan Beli Pemain 'Apel Busuk'twitter.com/RealistGlizzy

Namun demikian, Solkjaer mengaku tak mau memberikan banyak tekanan dengan menyebut salah satu nama paling spesial yang dimiliki Manchester United saat ini. Sebab, lanjut dia, hal itu tak adil bagi pemain muda, tapi dia percaya salah satunya bisa merupakan pemain utama yang bisa diandalkan di lapangan.

Dia bisa menyebut jika saat ini pemain macam Mason Greenwood sekarang dan Brandon Williams, Marcus Rashford, Jesse Lingard, Scott McTominay, Paul Pogba sudah ada dalam sistem permainan terbaiknya, begitu juga Andreas Pereira yang perlahan mulai menunjukan magi kala diberikan kepercayaan tampil.

"Sungguh luar biasa melihat anak-anak itu menjadi sukses dan kami pikir kami akan melihat lebih banyak lagi pemain muda yang lahir," tukas Ole Gunnar Solskjaer yang sengaja berinvestasi lewat pemain muda di Manchester United ini.

Baca Juga: Setelah Manchester United, Kini Manchester City Menginginkan Kane

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya