Comscore Tracker

Thierry Henry Perkuat Timnas Belgia Lagi di Piala Eropa 2020

Henry gagal saat melatih Monaco dan Montreal Impact

Jakarta, IDN Times - Thierry Henry kembali dipanggil Timnas Belgia untuk menghadapi Piala Eropa 2020. Dia ditugaskan untuk menjadi asisten, menemani pelatih kepala Roberto Martinez.

Ini bukan kali pertama bagi Henry menjalani tugas menemani Martinez di Timnas Belgia. Dia pertama kali melatih Romelu Lukaku dan kawan-kawan pada 2016 hingga Piala Dunia 2018. Sayang, usai membawa Timnas Belgia menempati urutan tiga, dia memilih mundur dari posisinya.

Setelah itu, dia sempat menjadi juru taktik AS Monaco dan Montreal Impact. Namun, lantaran gagal membawa tim berprestasi, dia tak bertahan lama bekerja sebagai pelatih,. Sejak Februari 2021, Henry pun kembali jadi pengamat sepak bola usai menganggur.

Baca Juga: Hantaman Bek Chelsea Patahkan 2 Tulang Kevin De Bruyne

1. Sempat mau jadi pengamat di Piala Eropa 2020

Thierry Henry Perkuat Timnas Belgia Lagi di Piala Eropa 2020www.givemesport.com

Eks mesin gol Timnas Prancis itu sebetulnya sudah punya pekerjaan sebagai komentator untuk BBC Sport di Piala Eropa 2020 nanti. Namun, ketika mendapat peluang yang sangat baik, dia memutuskan kembali ke Timnas Belgia dan tak jadi wara-wiri di televisi sebagai pengamat dalam ajang empat tahunan nanti. 

"Kala saya diajak bergabung kembali jadi staf pelatih di Timnas Belgia, peluang itu sulit untuk ditolak. Saya ucapkan terima kasih untuk BBC yang sudah memahami keputusan ini. Sangat sedih tak bisa bergabung dengan rekan-rekan semua di Piala Eropa 2020," kata Henry dikutip Daily Mail.

2. Merasa terhormat bisa kembali ke Timnas Belgia

Thierry Henry Perkuat Timnas Belgia Lagi di Piala Eropa 2020Twitter/@AC_Monaco

Henry merasa terhormat bisa kembali mendapatkan kepercayaan jadi salah satu staf pelatih Belgia. Menurut dia, itu bak hak istimewa yang diberikan karena bisa membantu Martinez meraih prestasi di ajang internasional.

"Ini jadi kisah lanjutan dari urusan yang belum rampung. Saya siap memberikan segalanya agar meraih hasil terbaik," ujar pria 43 tahun itu.

3. Martinez senang bisa melanjutkan mimpi bersama Thierry Henry

Thierry Henry Perkuat Timnas Belgia Lagi di Piala Eropa 2020fifa.com

Sementara, Martinez sangat senang Henry memutuskan kembali ke Timnas Belgia. Terlepas dari kemampuannya, dia dinilai kaya pengalaman dan bisa membantu para pemain memiliki motivasi lebih tinggi untuk bertanding.

"Ini soal pengalaman di turnamen internasional serta wawasannya tentang sepak bola yang begitu tinggi. Itu jadi pengalaman sangat luar biasa bagi staf di tim. Dia juga kenal dengan seluruh pemain (Timnas Belgia). Wajar jika kami kembali bersama merajut cerita yang dibangun sejak Piala Dunia 2018," bebernya.

Pada Piala Eropa 2020, Belgia bakal tampil di Grup B. Mereka akan bersaing dengan Denmark, Finlandia, dan Rusia, untuk memperebutkan tiket ke fase gugur.

Baca Juga: 5 Wajah Baru di Skuad Timnas Belgia untuk Euro 2020, Siapa Saja?

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya