Timnas U-19 Kalah 2 Kali, Shin Tae Yong: Fisik Pemain Lemah

Timnas U-19 selalu kalah dalam 2 laga uji coba di Korsel

Jakarta, IDN Times - Timnas U-19 Indonesia menelan kekalahan dalam dua uji coba di Korea Selatan. Shin Tae Yong yang bertanggung jawab sebagai juru taktik, memastikan langsung melakukan evaluasi terkait organisasi tim yang kendor.

Pada laga uji coba pertama melawan Universitas Yeungnam di Yeongdeok pada 22 Maret 2022, skuad Garuda Muda kalah telak 1-5. Tiga hari berselang, mereka kembali dicukur Korea Selatan U-19 dengan skor 7-0.

Hal itu membuat Shin harus bekerja keras memperbaiki kekurangan-kekuarangan yang masih terlihat dari anak asuhnya.

1. Shin merasa fisik pemain Timnas U-19 masih lemah

Timnas U-19 Kalah 2 Kali, Shin Tae Yong: Fisik Pemain LemahShin Tae Yong masih menyoroti fisik anak asuhnya yang selalu kalah dalam dua laga uji coba di Korea Selatan (Dok. PSSI)

Shin tak menampik, fisik pemain masih jadi titik lemah dari dua laga uji coba yang sudah dijalani. Walhasil, dia pun berjanji akan memperbaiki masalah ini agar Timnas U-19 bisa menunjukkan penampilan maksimal dalam sebuah pertandingan.

"Secara fisik pemain kita sangat kurang dibanding dengan pemain tim Korea Selatan. Main body pun pemain merasa takut sehingga takut kontrol bola jadinya kemasukan gol. Untuk ke depannya memang akan menjadi baik, secara organisasi dan kita akan latih terus," kata Shin dalam rilis resmi PSSI. 

Baca Juga: Timnas U-19 Kalah Lagi, Ketum PSSI: Pemain Harus Kerja Keras

2. Perbaiki masalah Timnas U-19 yang takut dengan bola

Timnas U-19 Kalah 2 Kali, Shin Tae Yong: Fisik Pemain LemahShin Tae Yong masih menyoroti fisik anak asuhnya yang selalu kalah dalam dua laga uji coba di Korea Selatan (Dok. PSSI)

Shin pun langsung menggeber Timnas U-19 untuk kembali berlatih dan memperbaiki beberapa kekurangan. Namun demikian, dia tak langsung memberikan menu latihan yang berat, karena masih memberikan waktu pemain untuk recovery.

"Memang setelah pertandingan, kita fokus pada latihan pemulihan. Saat kemasukan bola, pemain takut dengan bola yang di shooting.  Kita latihan hari ini, biar tidak takut dan balik badan saat terkena bola," ujar pelatih asal Korea Selatan itu.

3. Jadwal uji coba Timnas U-19 di Korea Selatan

Timnas U-19 Kalah 2 Kali, Shin Tae Yong: Fisik Pemain LemahTimnas U-19 dibantai Korea Selatan U-19. (Dok. PSSI)

Selanjutnya, Tim U-19 akan kembali melakoni laga uji coba pada Minggu (27/3/2022). Kali ini mereka akan menjajal kekuatan Daegu University di Daegu, Korea Selatan. Uji coba kembali untuk mengetahui perkembangan dan fisik para pemain.

Berikut jadwal uji coba Timnas U-19 di Korea Selatan:

- Timnas U-19 vs Universitas Daegu (27 Maret, Daegu)
- Timnas U-19 vs Timnas U-19 Korea Selatan (29 Maret, Daegu)
- Timnas U-19 vs Kimcheon U-18 (5 April, Daegu)
- Timnas U-19 vs Pohang Steelers U-18 (6 April, Daegu)
- Timnas U-19 vs Daegu FC U-18 (7 April, Daegu)
- Timnas U-19 vs Pohang Steelers (9 April, Daegu)
- Timnas U-19 vs Daegu FC (13 April, Daegu)

Baca Juga: Timnas U-19 Kalah Telak dari Korea Selatan

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya