Timnas U-23 Dikepung Australia dan Tiongkok di Kualifikasi Piala Asia

Shin Tae Yong masih berada di Korea Selatan

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia dipastikan tergabung dalam Grup G babak kualifikasi Piala AFC U-23 2022. Hal itu terungkap usai federasi sepak bola Asia (AFC) rampung menggelar undian di Malaysia pada Jumat (9/7/2021). 

Skuad Garuda nantinya bakal berhadapan dengan Australia, Tiongkok, dan Brunei Darussalam. Mereka bakal berjibaku dalam duel yang digelar pada 27 hingga 31 Oktober 2021.

Baca Juga: Ini Alasan Shin Tae Yong Tinggalkan Timnas Indonesia ke Korea Selatan

1. Target: lolos putaran final Piala Asia

Timnas U-23 Dikepung Australia dan Tiongkok di Kualifikasi Piala AsiaLatihan Timnas Indonesia U-19 di bawah asuhan Shin Tae-yong (IDN Times/Herka Yanis)

Indonesia dipastikan bertindak sebagai tuan rumah dalam ajang ini. Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi menyebut, duel dalam kualifikasi nanti memberikan keuntungan untuk Timnas U-23, karena bisa bermain di depan publiknya.

"Kami menargetkan Indonesia dapat lolos ke putaran final Piala AFC U-23 2022. Apalagi di Kualifikasi Piala AFC U-23 2022 kami menjadi tuan rumah Grup G," kata Yunus dikutip laman resmi PSSI.

2. Shin Tae Yong belum datang ke Indonesia

Timnas U-23 Dikepung Australia dan Tiongkok di Kualifikasi Piala AsiaLatihan Timnas Indonesia U-19 di bawah asuhan Shin Tae-yong (IDN Times/Herka Yanis)

Sejauh ini, PSSI belum menyebutkan kapan Timnas U-23 ini bakal melakukan persiapan. Sebab, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, masih berada di kampung halamannya, Korea Selatan, untuk menjalani pengobatan dan pemeriksaan.

"Saya meminta izin kepada Ketua Umum PSSI (Mochamad Iriawan) agar bisa pulang ke Korea Selatan dengan pertimbangan efek COVID-19 yang pernah dialami. Saya akan berobat dan memeriksakan diri di Korea Selatan," kata Shin dikutip laman resmi PSSI pada Jumat (2/7/2021).

Dia mengatakan alasan lain karena saat ini tidak memungkinkan digelarnya pemusatan latihan Timnas karena kasus COVID-19 yang menggila.

3. Indonesia belum pernah lolos ke putaran final Piala AFC U-23

Timnas U-23 Dikepung Australia dan Tiongkok di Kualifikasi Piala AsiaPSSI/Herka Yanis P

PSSI memang mencanangkan target tinggi di kualifikasi nanti. Walhasil, mereka ingin Shin dapat mempersiapkan tim dengan maksimal untuk mengikuti event tersebut. Mereka pun mendukung penuh program latihan dari Shin demi torehan terbaik Timnas Indonesia.

Kualifikasi Piala AFC U-23 2022 dibagi dalam 11 grup dan diikuti 42 negara anggota AFC. Nantinya, hanya juara dari setiap grup, serta empat runner-up terbaik, dan tuan rumah, Uzbekistan, yang berhak lolos ke Piala AFC U-23 2022 yang rencananya digelar pada 1 hingga 19 Juni 2022.

Indonesia sampai saat ini belum pernah merasakan lolos ke putaran final Piala AFC U-23.

Jadwal lengkap Timnas Indonesia di babak kualifikasi Piala AFC U-23

27 Oktober 2021 - Tiongkok vs Timnas U-23
29 Oktober 2021 - Timnas U-23 vs Australia
31 Oktober 2021 - Timnas U-23 vs Brunei Darussalam

Baca Juga: Timnas Indonesia Tantang Taiwan di Play-off Piala Asia 2023

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya