UEFA Mau Buat Aturan Baru Soal Financial Fair Play

Chelsea mengontrak pemain dengan durasi sangat panjang

Jakarta, IDN Times - Konfederasi sepak bola Eropa (UEFA) bakal membuat aturan baru terkait Financial Fair Play. Hal itu dilakukan agar klub tak melakukan akal-akalan dalam membuat laporan keuangan terlihat normal.

Kecurigaan ini tak lepas dari pantauan klub-klub yang berada di bawah bendera UEFA dalam melihat aktivitas transfer Chelsea sejak musim panas lalu. Usai diambil alih pengusaha Amerika Serikat Todd Boehly, The Blues begitu boros mendatangkan banyak pemain kenamaan. 

Beberapa pemain mendapatkan durasi kontrak yang tak masuk akal. Hal yang baru dalam bursa transfer di sepak bola dewasa ini.

“Jika tim lainnya mengikuti cara yang sama dengan kontrak delapan tahun [jangka panjang], itu bakal kacau. Kami harus melindungi hal itu,” ujar sumber UEFA kepada The Times. 

1. Hanya tiga pemain baru Chelsea yang dapat kontrak di bawah enam tahun

UEFA Mau Buat Aturan Baru Soal Financial Fair PlayRaheem Sterling (skysports.com)

Sejauh ini Chelsea sudah mendatangkan 15 pemain baru. Menariknya, ada 12 pemain diikat dengan kontrak jangka panjang. Hanya Raheem Sterling, Pierre-Emerick Emiliano Aubameyang, Kalidou Koulibaly, yang diikat kontrak di bawah enam tahun.

Bahkan, satu pemain anyar yang baru didaratkan Chelsea, Mykhaylo Mudryk, diikat dengan kontrak 8,5 tahun. 

“Ini seperti memindahkan masalah ke masa yang akan datang,” kata UEFA.

Baca Juga: Serba-serbi Transfer Mykhailo Mudryk, Klausul Unik hingga Biaya Perang

2. Chelsea melakukan akal-akalan soal kontrak jangka panjang

UEFA Mau Buat Aturan Baru Soal Financial Fair Playdok. Instagram/zonaligachampions/logo Uefa

Cara Chelsea mengontrak Mudryk dengan durasi yang panjang, dicurigai sebagai cara untuk menunjukkan pengeluaran yang normal dalam laporan keuangan per tahun. Sebab, jika total nbiaya kontraknya dibagi pertahun, jumlahnya tak akan sebesar pemain dengan durasi kontrak yang lebih singkat.

“Mungkin, bisa saja klub terjebak pemain dengan gaji tinggi dan tak bisa dijual, atau menjual setelah tiga tahun lebih, mereka tak bisa meraih untung karena biaya transfer yang tinggi dan belum diamortisasi,” ujarnya.

3. Chelsea sangat boros di bursa transfer

UEFA Mau Buat Aturan Baru Soal Financial Fair PlayTodd Boehly (chelseafc.com)

Chelsea memang sangat boros dalam dua jendela transfer terakhir ini. Total mereka sudah merohoh kocek 465 juta poundsterling atau setara Rp8,6 miliar.

Setelah Murdryk, Chelsea tak berhenti mendatangkan pemain. Teranyar, mereka baru saja membajak Noni Madueke dari PSV Eindhoven dengan harga 35 juta poundsterling atau Rp645 miliar.

Baca Juga: Chelsea Datangkan Noni Madueke, Bomber Potensial PSV

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya