Uji Coba Tertunda karena Virus Corona, Garuda Select Fokus ke Fisik

Pemain Garuda Select harus tetap bergerak

Jakarta, IDN Times - Inggris jadi negara yang tak terhindar dari penyebaran wabah virus corona. Walhasil, aktivitas kehidupan warganya terganggu, termasuk kompetisi paling populer Premier League yang ditangguhkan.

Tak hanya itu, program Garuda Select yang tengah fokus pada pengembangan pemain muda Tanah Air dengan menjalankan pemusatan latihan dan laga uji coba di Inggris dan Italia, harus tertunda.

1. Tim pelatih membuat program latihan di tengah tak ada uji coba

Uji Coba Tertunda karena Virus Corona, Garuda Select Fokus ke FisikGaruda Select jalani persiapan jelang hadapi Bournemouth pasa Rabu (11/3) malam nanti (Dok. Mola TV)

Guna mengisi kekosongan lantaran agenda uji coba yang tertunda, tim pelatih berusaha untuk membuat program Garuda Select tetap berkesinambungan. Seluruh skuat pun difokuskan untuk peningkatan individu pemain.

Asisten pelatih Garuda Select, Danny Holmes, menyebut jika para pemain tetap harus bergerak demi menjaga kebugaran. Untuk mengisi kekosongan jadwal bertanding, tim pelatih berencana akan terus memberi materi terutama dari segi fisik.

Baca Juga: [BREAKING] Imbas Corona, Laga Garuda Select di Bulan Maret Ditunda

2. Pemain akan fokus latihan fisik

Uji Coba Tertunda karena Virus Corona, Garuda Select Fokus ke FisikGaruda Select jalani persiapan jelang hadapi Bournemouth pasa Rabu (11/3) malam nanti (Dok. Mola TV)

Mereka pun menempuh cara lain agar pemain bisa fokus latihan fisik dengan baik. Menurut Holmes, hal itu bisa dengan mengadakan sesi latihan di pusat kebugaran, atau dengan menggelar pertandingan internal.

"Kami akan melihat kebutuhan para pemain. Kemarin kami sempat melakukan pertandingan internal dan hasilnya cukup memuaskan. Beberapa pemain memperlihatkan kinerja individu yang sangat baik. Namun, tidak menutup kemungkinan akan ada sesi latihan fisik dengan Jake (Fitzsimmons, pelatih fisik)," kata Holmes kepada Mola TV.

3. Latihan fisik bakal lebih berat

Uji Coba Tertunda karena Virus Corona, Garuda Select Fokus ke FisikLatihan Garuda Select di Sporting Khalsa FC, Walsall (IDN Times/Isidorus Rio Turangga)

Holmes pun membeberkan latihan fisik memang jadi hal penting di tengah ketidakpastian kondisi. Ia mengungkapkan, latihan itu diperlukan untuk memastikan para pemain tetap menyesuaikan tubuh mereka yang sudah terbiasa bertanding setiap pekannya.

"Namun, sepertinya porsi latihan fisik akan lebih berat dari biasanya. Intinya, para pemain tetap mendapatkan pengawasan setiap harinya," bebernya Holmes.

4. Program Garuda Select akan rampung akhir April

Uji Coba Tertunda karena Virus Corona, Garuda Select Fokus ke FisikPemain Garuda Select, Andre Oktaviansyah. (Dok. Mola TV).

Program Garuda Select angkatan kedua dijadwalkan berakhir pada pengujung April 2020. Dengan waktu yang tersisa, Holmes berharap para pemain tetap berkonsentrasi dan menyerap semua pembelajaran yang mereka dapatkan selama mengikuti pemusatan latihan sejak Oktober 2019.

"Konsentrasi adalah kunci utama jika ingin berkembang. Mereka harus terus meningkatkan kualitas diri. Mulai dari mendengarkan dan menyerap informasi yang diberikan, sambil terus mengaplikasikannya di atas lapangan," tutupnya.

Terakhir kali Garuda Select melakoni pertandingan adalah saat mengalahkan Bournemouth U-18 pada Rabu (11/3), dengan skor 2-0. Dua gol disumbang oleh Alfriyanto Nico dan Ferdiansyah.

Baca Juga: Sembuh Total, Andre Oktaviansyah Siap Bela Garuda Select!

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya