Wasit di Liga Jerman Diguyur Bir, Laga Terpaksa Ditangguhkan

Klub terancam sanksi akibat ulah supoter

Jakarta, IDN Time - Sebuah laga di Liga Jerman harus ditangguhkan. Hal itu dilakukan wasit yang memimpin jalannya pertandingan usai dia diguyur bir oleh suporter. Sang pengadil yang mengalami kesialan itu bernama Nicolas Winter.

Dilansir ESPN, persitiwa tersebut terjadi saat duel klub kasta ketiga Liga Jerman, Zwickau bentrok dengan Rot-Weiss Essen pada Minggu, 23 April 2023. Saat laga berlangsung, tuan rumah masih ditahan imbang 1-1 oleh tamunya itu.

1. Wasit diguyur bir saat menuju lorong ruang ganti

Kondisi di lapangan sebetulnya terlihat normal saat Winter meniup peluit tanda berakhirnya babak pertama. Namun, saat dia berjalan menuju lorong ruang ganti, seorang suporter tuan rumah dari tribune tiba-tiba mengguyurnya dengan bir di dalam gelas.

Hal itu membuat Winter memilih untuk menagguhkan pertandingan. Dia melakukan itu usai menilai kondisi yang tak kondusif baginya untuk memimpin jalannya laga pada babak kedua. Belum ada kabar dari operator kompetisi soal kelanjutan pertandingan.

Baca Juga: Wasit di Liga Meksiko Sepak Selangkangan Pemain, Kok Bisa?

2. Kepemimpinan wasit kecewakan suporter

Usut punya usut, supoter yang mengguyurkan segelas bir itu ternyata kesal dengan kepemimpinan Winter di lapangan. Dia dinilai memberikan keputusan keliru hingga keunggulan Zwickau disamakan oleh Essen 1-1.

Sebetulnya Zwickau sedang unggul satu gol, tapi petaka datang saat pemainnya Nils Butzer diberi kartu merah oleh Winter usai dinilai melakukan pelanggaran keras kepada pemain Essen. 

Tim tamu mendapatkan tendangan bebas di depan kotak berbahaya Zwickau. Namun, eksekusi bola tersebut tak sengaja mengenai tangan salah satu pemain tuan rumah yang berada di kotak berbahaya. Hal itu membuat Essen mendapat hadiah penalti dan mampu memanfaatkannya jadi gol.

3. Zwickau terancam sanksi usai suporternya guyur wasit dengan bir

Andai laga melawan Essen akhirnya tak dilanjutkan, hal itu bakal jadi kerugian bagi Zwickau. Sebab, mereka berpotensi mendapat sanksi di pengujung kompetisi.

Hal itu membuat tugas Zwickau untuk keluar dari zona degradasi semakin sulit. Sebab, mereka saat ini masih berada di peringkat 19 klasemen hingga pekan ke-32 berlangsung. 

Di sisa lima laga sisa kompetisi musim ini, bakal berat bagi Zwickau mengejar posisi aman untuk tetap bermain di kompetisi kasta ketiga Jerman musim depan. Bisa jadi, aksi suporter mereka yang menyiram Nicolas Winter bakal membuat mereka dikurangi poinnya. 

Baca Juga: Skandal Wasit Barcelona Jadi yang Paling Serius di Dunia

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya