Comscore Tracker

9 Statistik Mencengangkan di Balik Kemenangan 8-0 Manchester City!

Respons City usai dipermalukan Norwich pekan lalu

Jakarta, IDN Times - Pekan lalu, Manchester City menjadi pesakitan di pekan ke-5 Premier League 2019/2020. Bertandang ke markas tim promosi, Norwich City, mereka dipermalukan dengan skor 3-2.

Usai bangkit di laga Liga Champions dengan kemenangan 3-0 atas Shakhtar Donetsk, namun “kemarahan” sejati juara bertahan Liga Inggris ini benar-benar dilampiaskan ke tamu mereka di pekan keenam pada Sabtu (21/9) malam lalu, Watford.

Tak tanggung-tanggung, Watford dibantai dengan skor akhir 8-0. Dan di balik skor jumbo itu, ada 9 statistik mencengangkan yang dirangkum IDN Times Sport di mana semua catatan dilansir dari Squawka.

1. Rekor gol Sergio Aguero musim ini

9 Statistik Mencengangkan di Balik Kemenangan 8-0 Manchester City!mancity.com

Aguero mencetak satu gol di laga kemarin melalui titik putih usai Riyad Mahrez dijatuhkan oleh Ben Foster. Gol tersebut kemudian menjadi milestone tersendiri bagi penyerang yang akrab disapa Kun tersebut.

Satu gol ke gawang Watford membuat Aguero selalu sukses mencetak gol dari enam pekan awal Premier League musim ini, di mana kini ia memimpin daftar top skor sementara dengan koleksi 8 gol. Sepanjang sejarah Premier League, hanya Aguero seorang yang mampu melakukan hal tersebut!

Luar biasa, Kun Aguero!

2. Romantisme Aguero dan Etihad

9 Statistik Mencengangkan di Balik Kemenangan 8-0 Manchester City!Getty Images via dailystar.co.uk

Hanya ada dua pemain di sejarah Premier League yang mampu mencetak 100 gol di satu stadion. Keduanya adalah Thierry Henry yang melakukannya bersama Arsenal di Highbury, lalu Wayne Rooney yang melakukannya di Old Trafford.

Dan semalam, Aguero ada di daftar itu. Satu golnya kemarin membuatnya menjadi pemain yang mampu cetak 100 gol di kandang kebanggaan City, Etihad Stadium!

Baca Juga: Riyad Mahrez Menghancurkan West Ham dalam 90 Menit

3. City paling cepat catatkan skor 5-0 dalam sejarah Premier League

9 Statistik Mencengangkan di Balik Kemenangan 8-0 Manchester City!Reuters

Di babab pertama, City menutupnya dengan skor yang sangat telak, 5-0. Dan tahukah kamu, skor 5-0 yang dicatatkan City adalah skor 5-0 tercepat di sepanjang sejarah Premier League!

Di laga lawan Watford, Aguero dan kolega mampu memberondong gawang Ben Foster dengan lima gol hanya dalam tempo 18 menit saja. Itu adalah catatan luar biasa yang sejauh ini baru mampu dibuat oleh sang juara bertahan ini!

4. Rekor memalukan Watford di hadapan City

9 Statistik Mencengangkan di Balik Kemenangan 8-0 Manchester City!sportinglife.com

Watford boleh jemawa pekan lalu kala membuat Arsenal tampil seperti tim medioker. Namun di hadapan City, Andre Gray dan kolega bak butiran debu belaka. 

City menjadi salah satu tim setelah Chelsea di tahun 2010, yang mampu mencetak enam gol atau lebih secara beruntun ke gawang satu lawan yang sama. Chelsea kala itu menang 6-0 dan 8-0 melawan Wigan di tahun 2010, sementara City melakukan hal serupa ke Watford.

Sekadar pengingat, City bertemu Watford di laga Piala FA pada Mei lalu dan kala itu Gabriel Jesus serta rekan setimnya mampu menang 6-0!

5. Hattrick perdana Bernardo Silva di kariernya

9 Statistik Mencengangkan di Balik Kemenangan 8-0 Manchester City!Twitter/@goal

Usai mencetak gol ketiganya malam kemarin, Bernardo Silva tampak memegangi kepalanya dengan ekspresi keheranan. Ya, Bernardo wajar heran dengan catatan ini karena hattrick bukan sesuatu yang rutin baginya.

Tiga golnya kemarin ke gawang Watford merupakan trigol pertama sepanjang kariernya di laga ke-178 sang pemain di semua kompetisi yang pernah dijalaninya di Portugal, Prancis, dan Inggris.

Ia juga menjadi pemain Portugal ketiga yang mampu cetak hattrick di Premier League setelah Cristiano Ronaldo dan winger milik Wolves, Diogo Jota.

Baca Juga: Jurgen Klopp: Manchester City adalah Tim Terbaik di Planet Ini

6. Kevin De Bruyne lewati catatan Mesut Ozil

9 Statistik Mencengangkan di Balik Kemenangan 8-0 Manchester City!Manchester Evening News

Di laga semalam, Kevin De Bruyne sendiri sukses mencetak 1 gol dan 2 asis untuk masing-masing gol David Silva dan Bernardo Silva. Nah, catatan dua asis itu yang kemudian membuat De Bruyne memiliki statistik menarik.

Total, De Bruyne kini memiliki 53 asis di Premier League, di mana ia melewati catatan milik gelandang Arsenal, Mesut Ozil, yang baru cetak 52 asis.

7. Catatan gol City di liga musim in

9 Statistik Mencengangkan di Balik Kemenangan 8-0 Manchester City!independent.co.uk

Delapan gol yang diborong City ke gawang Watford membuat jumlah gol sang juara bertahan kini ada di angka 24, ketika kompetisi baru masuk pekan keenam. Catatan ini jauh lebih banyak dari total gol Crystal Palace, Watford, Aston Villa, dan Newcastle United jika digabungkan.

Pun bila dibandingkan dengan Arsenal dan Manchester United, yang sama-sama baru cetak 8 gol sejauh ini, City unggul tiga kali lipat dibanding dua tim yang tergolong tim papan atas tersebut.

8. Memecahkan rekor klub

9 Statistik Mencengangkan di Balik Kemenangan 8-0 Manchester City!Twitter/@optajoe

Kemenangan 8-0 memang tidak mampu melewati rekor kemenangan 9-0 dari sang rival, Manchester United, kala menghajar Ipswich Town pada tahun 1995 lalu. City memecahkan rekor klub di mana mereka pernah berpesta 7-0 ke gawang Norwich City pada tahun 2013 lalu.

9. Statistik mengenaskan Gerard Deulofeu

9 Statistik Mencengangkan di Balik Kemenangan 8-0 Manchester City!Twitter/@purelyfootball

Hanya satu pekan saja sinar terang Gerard Deulofeu bertahan. Usai tampil gemilang kala memporak-porandakan pertahanan Arsenal, di pekan berikutnya, Deulofeu justru tampil buruk kala melawan City.

Di laga semalam, eks pemain Barcelona ini sanggup membuat 13 umpan sukses dari 14 umpan yang dilepaskannya sepanjang bermain 90 menit. Dan mengenaskannya lagi, 8 dari 13 umpan yang sukses itu dilakukan Deulofeu tiap kali sepak mula di mana Watford memang kebobolan delapan kali.

Baca Juga: Bernardo Silva Hattrick, Manchester City Bantai Watford Delapan Gol!

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You