Bertanding dengan 9 Pemain, PSM Makassar Singkirkan Lalenok United!

Pesta gol di leg pertama menyelamatkan PSM Makassar!

Bogor, IDN Times - Giliran menjamu tim asal Timor Leste, Lalenok United, PSM Makassar harus bekerja keras untuk mengamankan tiket menuju babak utama AFC Cup 2020. Pada leg kedua yang dihelat di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, pada Rabu (29/1) sore ini, Juku Eja sukses menang dengan skor 3-1.

Turun dengan kekuatan terbaiknya, termasuk Wiljan Pluim dan Giancarlo Lopes di lini serang, PSM langsung menggebrak. Di menit ke-5, melalui skema serangan balik kilat, Pluim mengirim umpan lambung yang diselesaikan dengan baik oleh Giancarlo untuk bawa timnya unggul 1-0.

Terus menekan dan tampil agresif, Juku Eja baru bisa menggandakan skor di menit ke-28. Lagi-lagi berkat upaya kreatif Pluim, kali ini PSM menggandakan skor melalui sundulan Ferdinand Sinaga yang sukses memanfaatkan umpan pemain asal Belanda tersebut.

Namun sial bagi PSM, di menit ke-32, akibat terlalu keras mengkritik keputusan wasit, Pluim yang menjabat sebagai kapten tim harus diusir wasit karena menerima kartu kuning keduanya di laga ini. Sementara itu, skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, nasib sial kembali menghantui PSM. Berawal dari terjangan keras M. Arfan, pemain muda ini langsung diganjar kartu merah oleh wasit dan membuat PSM bermain dengan 9 pemain di menit ke-58.

Berawal dari pelanggaran ini pula, tim tamu akhirnya memperkecil ketertinggalan mereka. Sepakan bebas yang mampu ditepis Miswar Saputra, bola mentahnya kemudian dimanfaatkan Francisco Da Costa untuk membobol gawang Juku Eja. Skor 2-1 masih untuk PSM.

Jalani sisa laga dengan 9 pemain, PSM dipaksa bermain bertahan dan andalkan serangan balik. Di sisa babak kedua ini, Juku Eja tak banyak menyerang dan justru ditekan bertubi-tubi oleh tim tamu.

Namun, PSM justru mengejutkan dengan menambah gol di menit ke-84. Berawal dari sepakan bebas yang dieksekusi Zulkifly Sukur, Juku Eja sukses menambah skor melalui Irsyad Maulana.

Skor 3-1 sendiri bertahan hingga akhir laga dan PSM sukses lolos ke babak utama AFC Cup 2020 dengan agregat skor 7-2 atas Lalenok United.

Baca Juga: AFC 2020, PSM Makassar Diminta Serius Hadapi Jawara Timor Leste

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya