Dua Kartu Merah Warnai Kemenangan Persebaya atas Tira-Persikabo

Persebaya cetak dua gol krusial di 10 menit terakhir laga

Jakarta, IDN Times - Laju Persebaya Surabaya menuju semifinal Piala Presiden 2019 tidak menemui kegagalan. Menjamu Tira-Persikabo di Stadion Gelora Bung Tomo, Bajul Ijo sukses mengandaskan perlawanan ketat sang tamu dengan skor cukup nyaman, 3-1. Di laga ini sendiri, beberapa kontroversi terjadi di 10 menit terakhir laga yang membuat pertandingan berakhir cukup panas.

Tuan rumah unggul cepat di babak pertama. Laga baru berjalan dua menit, penyerang asing Persebaya, Manuchekr Dzhalilov, mencetak gol cepat yang mengagetkan tim tamu. Dengan cerdik, eks juru gedor Sriwijaya FC ini membobol gawang Angga Saputra.

Menguasai jalannya laga, skuat asuhan Djadjang Nurdjaman justru gagal memanfaatkan peluang. Di babak pertama, ada sekian peluang yang gagal dikonversi oleh Amido Balde dan kolega menjadi gol. Praktis, kebuntuan ini membuat Persebaya gagal menambah skor hingga akhir babak pertama.

Pada babak kedua, Tira-Persikabo menggeliat. Ciro Alves dan kolega menggebrak di awal babak kedua. Memanfaatkan sepak pojok, tim tamu sukses menyamakan skor. Sundulan keras Osas Saha mampu membobol gawang Miswar Saputra pada menit ke-61.

Sempat tertekan sampai jelang akhir laga, Persebaya mendapat peruntungan di menit ke-88. Tusukan Osvaldo Haay di kotak penalti lawan membuatnya terjatuh. Dari tayangan kamera, terlihat kaki Abduh Lestaluhu mengenai Osvaldo dari belakang. Wasit kemudian memberikan penalti. Penalti ini sendiri sempat memicu kericuhan. Ada banyak pemain Tira-Persikabo yang memprotes keputusan tersebut.

Walau demikian, wasit tak terpengaruh, dan penalti tetap diberikan. Eksekusi Damian Lizio sukses menggetarkan jala gawang Angga pada menit ke-89 sekaligus membawa Persebaya kembali unggul. Di menit 90+2, Persebaya menambah keunggulan melalui Balde. Skor 3-1 menjadi skor akhir laga, namun kericuhan muncul kemudian.

Dua pemain Tira-Persikabo mendapat kartu merah yakni Rifad Marasabessy, yang mendorong wasit, sementara kapten Tira, Manahati Lestusen, mendapat kartu merah usai menanduk kepala Muhammad Hidayat di akhir laga.

Baca Juga: Persebaya vs TIRA-Persikabo: Berharap Tak Sampai Adu Tos-tosan

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya