Hattrick Cristiano Ronaldo Bawa Portugal ke Final UEFA Nations League

Ini penampilan pertama Ronaldo di Nations League

Jakarta, IDN Times - Portugal menjadi negara pertama yang memastikan diri lolos ke parta final UEFA Nations League edisi perdana. Di kompetisi yang melibatkan negara-negara teras Eropa di League A ini, Cristiano Ronaldo dan kolega sukses mengempaskan perlawanan Swiss di semifinal yang dihelat pada Kamis (6/6) dini hari tadi.

Bertindak sebagai tuan rumah, Portugal langsung turun dengan kekuatan penuh. Ronaldo dipanggil kembali oleh Fernando Santos setelah absen di sepanjang penyisihan grup UEFA Nations League. Sebagai tandem di lini serang, wonderkid Benfica, Joao Felix, diberi debut oleh Santos.

Tampil menekan, Portugal membuka skor pada menit ke-25. Berawal dari pelanggaran Kevin Mbabu kepada dirinya, Ronaldo mendapat peluang mengeksekusi sepakan bebas. Tak menyia-nyiakan kesempatan, sepakan keras pemain Juventus ini memperdaya Yann Sommer dan bawa tuan rumah unggul 1-0. Skor ini bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Swiss merespons. Xherdan Shaqiri dan kolega meningkatkan intensitas serangan dan akhirnya sukses mendapat peluang menyamakan skor. Mendapat hadiah penalti pada menit ke-57, bek AC Milan, Ricardo Rodriguez, sukses memperdaya Rui Patricio dan bawa tim tamu samakan skor menjadi 1-1.

Namun, laga ini memang jadi panggung utama Ronaldo. Di pengujung laga, eks pemain Real Madrid itu membuktikan diri sebagai big game player. Pada menit ke-88, menerima asis Bernardo Silva, Ronaldo membawa Portugal kembali unggul setelah sepakan kerasnya tak bisa diantisipasi Sommer. Di menit 90, kali ini memanfaatkan sodoran pemain pengganti, Goncalo Guedes, top skor sepanjang masa Liga Champions Eropa ini menggenapi hattrick-nya lewat sepakan keras dari dalam kotak penalti.

Skor akhir 3-1 memastikan Portugal lolos ke final UEFA Nations League dan menanti pemenang dari Belanda vs Inggris yang akan dihelat pada Jumat (7/6) dini hari nanti.

Baca Juga: Ini Dia Skuad Lengkap Empat Finalis UEFA Nations League 2018/19

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You