Patrick Bamford: Dibuang Chelsea, Disayang Bielsa

Bersama Leeds dan Bielsa, Bamford bersinar terang!

Jakarta, IDN Times - Nama striker asal Inggris, Patrick Bamford, sejatinya bukan nama yang asing-asing amat. Kini berusia 27 tahun, Bamford dahulu adalah salah satu pemain muda yang digadang-gadang akan jadi the next big thing. 

Tak salah memang, sebab pada 2012 lalu, Chelsea rela mengeluarkan dana sebesar £1,5 juta untuk memboyong Bamford dari Nottingham Forest, klub kota kelahiran sang pemain.

Namun, cinta Bamford untuk The Blues selalu bertepuk sebelah tangan. Ingin mencicipi Premier League bersama Chelsea, siapa sangka, Bamford harus rela dipinjamkan ke banyak klub sebelum takdir kini membawanya ke nasib yang mujur di 2020; main di Premier League bersama Leeds United dan Marcelo Bielsa, dua entitas yang begitu menginginkannya.

1. Patrick Bamford adalah rekrutan pertama Marcelo Bielsa di Leeds United

Patrick Bamford: Dibuang Chelsea, Disayang BielsaPatrick Bamford usai mencetak gol ke gawang Sheffield United. Twitter/@LUFC

Ketika dikontrak Leeds untuk dua tahun pada Juli 2018, dua pemain langsung didatangkan oleh Marcelo Bielsa ke Elland Road. Keduanya adalah Barry Douglas dan tentu saja, Patrick Bamford. Dengan mahar £7 juta kala itu, penyerang tampan itu jadi rekrutan termahal Leeds dalam 17 tahun terakhir sejak mereka mendatangkan Robbie Fowler pada 2001.

Diberi nomor punggung 9, Bielsa langsung menjadikan Bamford sebagai striker utama di timnya. Meski tak melulu mulus, di mana ia sempat menderita cedera lutut parah dan absen selama 4 bulan, Bamford bermain apik di musim perdananya bersama The Whites.

Bermain hanya 22 kali, ia sukses mencetak 9 gol dan 2 asis, serta mengantarkan Leeds lolos hingga partai play-off, sebelum akhirnya dikandaskan oleh Derby County.

Baca Juga: Bintang-bintang Leeds United di Premier League 2003/2004, Masih Ingat?

2. Top skor klub di musim kedua dan tiket promosi ke Premier League

Patrick Bamford: Dibuang Chelsea, Disayang BielsaPatrick Bamford melepaskan sundulan yang membobol gawang Aaron Ramsdale di laga Sheffield United vs Leeds United. Twitter/@LUFC

Di musim kedua, dengan persiapan lebih matang di pra-musim dan kedalaman skuat yang lebih oke, Bamford dan Leeds serta Bielsa bak menjalani bulan madu yang manis.

Sepanjang musim 2019/2020, Bamford menjadi andalan Bielsa di ajang Championship. Meski memiliki Tyler Roberts dan mendatangkan Eddie Nketiah dari Arsenal dengan status pinjaman di awal musim, Bielsa tetap tak berpaling dari penyerang nomor 9 andalannya.

Dan Patrick Bamford menjawab dengan paripura. Bermain sebanyak 45 kali, ia sukses mencetak 16 gol dan 4 asis serta mengukuhkan dirinya sebagai top skor klub di akhir musim. Perjalanan manis itu pula berakhir sempurna karena Leeds meraih tiket promosi ke kasta tertinggi Liga Inggris dan menjadi juara Divisi Championship.

3. Kisah manis Bamford dan Leeds di Premier League

Patrick Bamford: Dibuang Chelsea, Disayang BielsaPatrick Bamford merayakan gol semata wayang ke gawang Sheffield United. Twitter/@LUFC

Tiket promosi tak serta merta menjauhkan Bamford dari ancaman tergusur dari skuat Leeds dan tempatnya sebagai striker utama tim. Pasalnya, demi memperkuat tim untuk hadapi ketatnya persaingan di Liga Inggris, klub mendatangkan Rodrigo Moreno, striker dengan kaliber Timnas Spanyol.

Kedatangan Rodrigo sempat diprediksi akan menggusur tempat Bamford, namun Bielsa punya opini berbeda. Di laga pembuka Leeds United di Premier League, 16 tahun sejak terdegradasi, mereka menantang juara bertahan Liverpool di Anfield. Bermain gagah berani, mereka memang kalah 4-3, namun Bamford sukses mencetak 1 gol.

Momentum positif itu berlanjut di pekan kedua. Menjamu Fulham di Elland Road, Bamford menunjukkan kelasnya. 1 gol dan 2 asis dicatatkannya untuk bawa Leeds menang dengan skor tipis, 4-3, sekaligus membuatnya mencetak gol di Premier League lebih banyak bersama Leeds (2 gol)dari yang ia catatkan dengan Crystal Palace, Norwich City, Burnley, dan Middlesbrough (total 1 gol).

Yang terbaru, Patrick Bamford menjadi aktor kunci di balik kesuksesan Liam Cooper dan kolega mencuri tiga poin dari Yorkshire Derby melawan Sheffield. Sundulannya memanfaatkan asis Jack Harrison membuktikan bahwa siapa pun striker baru yang datang ke Elland Road, Bamford akan tetap jadi si nomor 9 yang bisa diandalkan Leeds dan Bielsa.

Baca Juga: Banjir 7 Gol, Leeds United Sukses Jinakkan Fulham!

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya