Comscore Tracker

Jamal Musiala, Bocah Pemecah Rekor Bayern Munich

Lahir di Jerman, punya paspor Inggris, siapa Jamal Musiala?

Jakarta, IDN Times - Di balik kemenangan 8-0 Bayern Munich atas Schalke pada laga Sabtu (19/9/2020) dini hari tadi, ada satu nama yang mencuri perhatian. Baru berusia 17 tahun, si bocah sukses menyita perhatian karena mencetak satu gol di menit ke-81. Gol itu sendiri yang memasukkan nama si bocah, Jamal Musiala, ke dalam buku rekor Bayern Munich dan Bundesliga.

1. Jamal Musiala jadi pencetak gol termuda di sejarah Bayern Munich

Jamal Musiala, Bocah Pemecah Rekor Bayern MunichJamal Musiala merayakan golnya bersama Robert Lewandowski. Twitter/@FCBayernEN

Di laga dini hari tadi, Jamal Musiala yang masuk di menit ke-73 menggantikan Serge Gnabry, sukses mencetak gol di menit ke-81. Menerima asis dari Robert Lewandowski, Musiala merangsek ke pertahanan Schalke sebelum melepaskan sepakan keras yang membobol gawang tim tamu untuk kali kedelapan.

Berkat gol itu, Jamal Musiala mengalahkan rekor Roque Santa Cruz yang bertahan selama 21 tahun lamanya sebagai pencetak gol termuda Bayern Munich di Bundesliga. Musiala melakukannya di usia 17 tahun 6 bulan 23 hari, sementara Santa Cruz melakukannya di usia 18 tahun 12 hari pada tahun 1999 lalu.

Baca Juga: Dibanderol Rp459 Miliar, Jude Bellingham ke Dortmund atau Man United?

2. Jadi pencetak gol termuda kelima di sejarah Bundesliga

Jamal Musiala, Bocah Pemecah Rekor Bayern MunichJamal Musiala merayakan golnya ke gawang Schalke. Twitter/@Goal

Berkat golnya itu, Jamal Musiala juga mencatatkan dirinya di sejarah rekor Bundesliga. Ia kini jadi pemain termuda kelima di sejarah Liga Jerman yang sukses mencetak gol di usia muda. Sebelumnya ada nama Florian Wirtz, Nuri Sahin, Julian Draxler, dan Timo Werner. Bersama Sahin, Musiala jadi pemain non-Jerman kedua yang memecahkan catatan rekor gol di usia muda saat main di Bundesliga.

3. Latar belakang unik Jamal Musiala

Jamal Musiala, Bocah Pemecah Rekor Bayern MunichJamal Musiala, bintang muda berusia 17 tahun milik Bayern. Twitter/@brfootball

Lahir di Stuttgart, Jerman, Jamal Musiala lantas hijrah ke Inggris untuk menimba ilmu di dua akademi top Negeri Ratu Elizabeth. Ia mencicipi akademi Southampton sebelum hijrah ke akademi Chelsea. Karena bakat besarnya tercium sampai ke Jerman, tempat kelahirannya, Bayern pun bergerak cepat. Pada Juli 2019, mereka memboyong sang bocah yang kala itu masih 16 tahun ke tim junior Die Roten.

Berusia 17 tahun, Jamal Musiala adalah anggota Timnas Inggris U-17. Ia juga memegang dua paspor yakni Inggris dan Jerman. Saat di Timnas Inggris U-15, Jamal Musiala pernah satu tim dengan wonderkid lain Bundesliga yang kini main untuk Borussia Dortmund, Jude Bellingham.

Dengan bakat besarnya dan performa impresif di laga debut, bukan tak mungkin Timnas Inggris dan Jerman akan memantau ketat perkembangan Musiala bersama FC Hollywood.

Baca Juga: Di Balik Kemenangan 8-0 Bayern

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya