Comscore Tracker

Liam Delap, Anak Si Pelempar Jauh

Liam mengukir rekor bersama Manchester City di Carabao Cup

Jakarta, IDN Times - Bukan hanya Phil Foden yang mencuri panggung di balik kemenangan dramatis Manchester City atas Bournemouth di putaran ketiga Carabao Cup 2020/2021.

Bertindak sebagai tuan rumah dan turun berlaga dengan status juara bertahan, The Citizens harus bersusah payah mengatasi perlawanan The Cherries sebelum menang tipis dengan skor 2-1, Jumat (25/9/2020) dini hari tadi.

Kebetulan, salah satu pencetak gol di laga itu adalah striker muda dengan badan jangkung, Liam Delap. Liam mencetak gol pembuka City di babak pertama lewat sepakan terukur dengan kaki kiri berkat asis manis Foden.

1. Ya, Liam adalah anak dari legenda Stoke City, Rory Delap

Liam Delap, Anak Si Pelempar JauhRory Delap dikenal sebagai pelempar jarak jauh legendaris di Liga Inggris. Twitter/@Squawka

Nama Liam Delap memang terasa familiar karena ia adalah anak laki-laki dari legenda Stoke City sekaligus eks penggawa Timnas Republik Irlandia, Rory Delap. Yang uniknya lagi, nama panjang Liam sendiri mengandung nama sang ayah yakni Liam Rory Delap.

Lahir pada tahun 2003 dan baru berusia 17 tahun saat ini, Liam dilahirkan ketika sang ayah berkarier di Southampton. Rory sendiri merupakan salah satu cult hero di kancah Liga Inggris.

Mengoleksi lebih dari 350 caps di Premier League, Rory juga dikenang sebagai salah satu pemain dengan spesialisasi lemparan ke dalam yang luar biasa. Tak jarang, gol berawal dari lemparan ke dalam pria yang kini berusia 44 tahun itu.

Baca Juga: Jamal Musiala, Bocah Pemecah Rekor Bayern Munich

2. Liam Delap baru gabung ke Manchester City pada 2019 lalu

Liam Delap, Anak Si Pelempar JauhLiam Delap berduel dengan Nicolas Otamendi di sesi latihan Manchester City. Twitter/@LiamDelap

Liam Delap sendiri menimba ilmu di akademi Derby County sejak tahun 2009 atau sejak ia baru berusia 6 tahun. Kebetulan, Derby juga merupakan klub lawas sang ayah sebelum ia hengkang ke Southampton.

10 tahun di akademi The Rams, Liam muda kemudian pindah ke akademi Manchester City sejak Juli 2019 dan menjadi andalan di skuat U-19 yang berlaga di ajang UEFA Youth League.

Di awal musim 2020/2021, di tengah krisis striker karena Sergio Aguero cedera dan Pep Guardiola hanya punya Gabriel Jesus, muncullah Liam Delap ke permukaan. Laga di ajang Carabao Cup sendiri adalah debut Liam di tim senior City setelah dipromosikan ke tim U-23 di awal musim ini.

3. Liam Delap bisa membela Timnas Inggris dan Irlandia

Liam Delap, Anak Si Pelempar JauhLiam Delap melepaskan tembakan yang berujung gol ke gawang Bournemouth. Twitter/@brfootball

Meski usianya masih sangat muda dan baru saja mengukir rekor sebagai pencetak gol termuda kedua City setelah Rony Lopes, Liam Delap sejatinya cukup berpengalaman di kancah internasional.

Ia sudah rutin membela Timnas Inggris usia muda sejak kelompok umur U-15, U-16, dan kini U-17. Bersama Timnas U-16, ia mencetak 6 gol dari 9 laga, sementara di kelompok umur U-17, ia sudah bermain 2 kali dan mencetak 1 gol. Di sana juga, ia satu tim dengan pemain-pemain muda Inggris yang kini berkarier di luar negeri seperti Jamal Musiala (Bayern Munich) dan Jude Bellingham (Borussia Dortmund).

Sementara itu, Liam juga punya dua paspor yakni Inggris dan Republik Irlandia. Jadi, masa depan masih sangat panjang bagi si anak muda ini dan bukan gak mungkin, Inggris dan Irlandia akan bersaing untuk memperebutkan striker muda ini agar sudi membela timnas kedua negara.

Baca Juga: Manchester City dan Chelsea, Dua Biru yang Kuasai Bursa Transfer

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya