Comscore Tracker

Perginya Luis Suarez adalah Kehilangan Besar Barcelona

Secara data, Suarez membuktikan diri dengan brilian di Barca

Jakarta, IDN Times - Barcelona baru saja melepas salah satu striker terbaik mereka sepanjang sejarah, Luis Suarez. Dengan mahar hanya sebesar €6 juta saja, striker tajam berjuluk El Pistolero itu dilepas untuk bergabung dengan Atletico Madrid. Dan tentu saja, kepergian Suarez patut diratapi karena secara statistik, nama sang penyerang tercatat dalam sejarah sebagai salah satu pemain terbaik El Barca.

1. Luis Suarez adalah top skor ketiga sepanjang masa Barcelona setelah Lionel Messi dan Cesar Rodriguez

Perginya Luis Suarez adalah Kehilangan Besar BarcelonaTiga besar daftar top skor Barcelona sepanjang masa. Twitter/@fcbarcelona

Datang ke Barcelona pada Juli 2014, hanya dalam 6 musim saja, Luis Suarez membuktikan kapasitasnya sebagai salah satu striker terbaik dalam sejarah sepak bola dunia. Bagaimana tidak, hanya dalam 6 tahun berseragam biru-merah khas Blaugrana, penyerang kelahiran Salto, Uruguay itu sukses mencatatkan namanya sebagai top skor ketiga sepanjang sejarah Barcelona.

Catatan 198 golnya dalam 6 musim hanya kalah dari almarhum Cesar Rodriguez dan tentu saja, sang raja sejati Camp Nou, Lionel Messi, yang punya catatan 634 gol. Bahkan, Suarez mencetak gol lebih banyak dari striker legendaris Barcelona lainnya seperti Samuel Eto'o, Rivaldo, Patrick Kluivert, Hristo Stoichkov, hingga Laszlo Kubala.

Baca Juga: Efek Domino Transfer Luis Suarez dan Alvaro Morata

2. Satu-satunya pemain yang bisa jadi top skor LaLiga di tengah dominasi Messi dan Ronaldo

Perginya Luis Suarez adalah Kehilangan Besar BarcelonaLuis Suarez memamerkan trofi top skor LaLiga bersama Barcelona. Twitter/@fcbarcelona

Satu catatan statistik yang fenomenal dari Luis Suarez adalah dia satu-satunya pemain dalam rentang 10 tahun terakhir yang sukses merusak hegemoni Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo terkait gelar top skor atau El Pichichi di LaLiga.

Hal itu dilakukan Suarez di musim 2015/2016, di mana kala itu dia sanggup mencetak 40 gol dalam semusim dan mengungguli Messi dan Ronaldo di daftar top skor. Raihan gelar itu juga menjadikannya mampu mengoleksi 3 trofi top skor di Eredivisie serta Premier League dan LaLiga.

3. Akhir dari trio MSN yang melegenda

Perginya Luis Suarez adalah Kehilangan Besar BarcelonaTrio MSN yang dahulu pernah berjaya di Barcelona. Twitter/@modricele

Satu yang patut ditangisi oleh Barcelona dan yang paling paripurna tentu adalah fakta bahwa perginya Luis Suarez memastikan Messi kini ditinggal oleh dua tandem yang dahulu pernah membuat Blaugrana begitu ditakuti di Eropa dan dunia.

Ya, trio Messi, Suarez, dan Neymar bermain selama 3 musim dan sukses mencetak total 364 gol. Neymar jadi nama pertama yang hengkang ketika pada Agustus 2017, ia menerima pinangan Paris Saint-Germain. Kini, Suarez menyusul pergi dari Camp Nou pada September 2020 dan meninggalkan Lionel Messi seorang diri di Barcelona.

Baca Juga: Alvaro Morata Sudah, Luis Suarez Kapan?

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya