Comscore Tracker

Mykola Matvienko, Solusi Cepat dan Tepat bagi Lini Belakang Arsenal?

Matvienko disebut-sebut akan mendarat ke Arsenal bulan ini!

Jakarta, IDN Times - Memasuki hari-hari terakhir bursa transfer bulan Januari, Arsenal mulai bergeliat masif. Usai dipastikan kehilangan Calum Chambers yang harus absen panjang karena cedera ACL, The Gunners kini siap merekrut bek baru di bursa transfer musim dingin.

Dikutip dari kontributor Football London, Mikel Arteta, pelatih baru Arsenal, menyodorkan nama bek berusia 23 tahun, Mykola Matvienko, sebagai solusi cepat dan tepat bagi lini belakang skuatnya.

Lalu, siapa Matvienko ini dan apa keistimewaannya?

1. Andalan di lini belakang Shakhtar Donetsk dan Timnas Ukraina

Mykola Matvienko, Solusi Cepat dan Tepat bagi Lini Belakang Arsenal?Mykola Matvienko kala berduel dengan pemain Manchester City, Raheem Sterling. Twitter/@arsenal_france

Matvienko sejujurnya adalah nama yang sangat asing di telinga pencinta sepak bola dunia, namun di Ukraina, apalagi di level klub dan timnas, bek muda ini punya reputasi menawan. Ia jadi salah satu kunci tangguhnya lini belakang Ukraina yang sukses menyegel tiket lolos ke Piala Eropa 2020 mendatang.

Memiliki tinggi badang 181 sentimeter, Matvienko bisa bermain sama baiknya sebagai bek tengah, bek kanan, atau bahkan bek kiri, karena kaki terkuatnya adalah kaki kiri. Di Timnas Ukraina, ia berkontribusi terhadap tangguhnya lini belakang negaranya yang hanya kebobolan 4 gol dari 8 laga kualifikasi!

Baca Juga: Gabriel Matrinelli Didekati Real Madrid, Arsenal Siapkan Kontrak Baru

2. Berapa banderol Matvienko?

Mykola Matvienko, Solusi Cepat dan Tepat bagi Lini Belakang Arsenal?Mykola Matvienko, bek asal Ukraina yang jadi incaran Arsenal. Twitter/@epl_goleador

Kontrak Matvienko sendiri sejatinya tersisa 18 bulan bersama Shakhtar Donetsk dan jawara Liga Ukraina itu juga tidak terburu-buru untuk melepas sang pemain.

Namun, Matvienko dikabarkan sudah me-like beberapa unggahan di Instagram yang mengabarkan kepindahannya ke Arsenal. Dilansir dari berbagai sumber, termasuk media lokal Ukraina, Zbirna, skema transfer sudah disiapkan The Gunners untuk Matvienko.

Arsenal akan menyodorkan skema peminjaman untuk Matvienko selama 6 bulan dengan opsi pembelian permanen seharga 22 juta pounds di akhir masa peminjaman. Tak hanya itu, Arsenal juga bersedia membayar biaya peminjaman senilai 4,5 juta pounds agar banderol totalnya senilai 26,5 juta pounds, tak jauh dari banderol asli Matvienko yang dikabarkan ada di nominal 30 juta pounds.

3. Arsenal butuh tambahan baru di lini belakang, Matvienko akan jadi opsi cepat dan tepat?

Mykola Matvienko, Solusi Cepat dan Tepat bagi Lini Belakang Arsenal?theguardian.com

Arsenal sendiri tengah dalam krisis bek karena harus kehilangan Calum Chambers yang menderita cedera ACL dan absen sampai awal musim depan. Tak hanya itu, Arsenal juga dihantui performa Shkodran Mustafi yang masih inkonsisten dan Rob Holding yang belum kembali ke puncak performa seperti sebelum cedera.

Praktis, kini Arsenal harus bergantung kepada duet Sokratis Papastathopoulos dan David Luiz yang sebenarnya tak tangguh-tangguh amat. Keadaan makin buruk karena Luiz mendapat kartu merah langsung di laga lawan Chelsea dan akan absen di beberapa pertandingan mendatang.

Apakah situasi ini menjadikan Matvienko solusi cepat dan tepat untuk lini belakang Arsenal?

Baca Juga: Angka-angka Ini adalah Bukti Spesialnya Kualitas Gabriel Martinelli

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya