Comscore Tracker

On This Day: Di 2013, Arsenal Tawar Luis Suarez 40 Juta + 1 Paun

Tawaran itu direspons petinggi Liverpool dengan sarkastik

Jakarta, IDN Times - Sudah sejak lama, Arsenal terkenal sebagai klub yang bisa dibilang cukup irit dalam berbelanja pemain. Di era Arsene Wenger misalnya, sangat jarang Arsenal mengeluarkan banyak dana untuk satu atau dua pemain, kecuali, tentu saja, Alexandre Lacazette dan Pierre-Emerick Aubameyang.

Maka, yang terjadi pada musim panas 2013 lalu adalah sebuah drama yang menggelikan, sekaligus konyol. Kala itu, pada bursa transfer musim panas jelang musim 2013/2014, Arsenal dikabarkan tertarik memboyong penyerang Liverpool kala itu, Luis Suarez.

1. Latar belakang saga transfer Suarez

On This Day: Di 2013, Arsenal Tawar Luis Suarez 40 Juta + 1 Pauntwitter.com/barcacentre

Pada pertengahan Januari 2013, Arsenal mendengar kabar bahwa Suarez ingin hengkang dari Anfield. Hal itu dijelaskan mantan juru transfer Arsenal, Dick Law, dalam wawancara khususnya dengan Goal.

“Kala itu, kami mendapat kabar bahwa Suarez ingin hengkang dari Liverpool,” jelas Law dikutip dari Goal.

“Kami sadar ada klausul di kontrak Suarez, namun itu bukan klausul pembelian. Ada angkat 40 juta paun di sana, tapi itu bukan nilai klausul pembelian. Kami berminat membuka tawaran untuk Liverpool dengan menambahkan 1 paun, alih-alih 50 paun atau 500 ribu paun. Kami bisa menawar 45 juta paun, tapi itu tidak membuat kami otomatis bisa membeli Suarez. Maka itu tawaran 40 juta + 1 paun adalah tawaran untuk membuka negosiasi,” jelas Dick Law terkait saga transfer itu.

Tepat di hari ini, 24 Juli 2013, di bursa transfer musim panas, Arsenal resmi melayangkan tawaran 40 juta + 1 paun untuk Suarez kepada Liverpool.

Baca Juga: Apa Makna 'Ditendang Seperti Seekor Anjing' bagi Luis Suarez?

2. Detail kontrak Luis Suarez kala itu

On This Day: Di 2013, Arsenal Tawar Luis Suarez 40 Juta + 1 Pauntwitter.com/barcaindia

Luis Suarez sendiri dibeli Liverpool dari Ajax Amsterdam pada Januari 2011. Kala itu, Liverpool butuh penyerang pengganti setelah mereka melepas juru gedor legendaris asal Spanyol, Fernando Torres, ke Chelsea. Suarez sendiri ditebus seharga 22,8 juta paun oleh Liverpool kala itu.

Nah, di dalam kontrak Suarez saat itu, ada klausul unik. Suarez akan diberi informasi oleh Liverpool bila ada klub lain yang menawarnya seharga 40 juta paun. Namun, hanya sebatas itu, karena nilai 40 juta bukan nilai klausul pelepasan.

Suarez sendiri, kala itu, sempat ingin memaksa hengkang ke Arsenal. Namun, tawaran 40+1 dari Arsenal membuat bos Liverpool, John Henry, tersinggung dan menyindir tawaran Arsenal secara sarkastik lewat kalimat fenomenalnya, “What do you think they’re smoking over there at Emirates?”

3. Pada akhirnya, Suarez hengkang ke Barcelona

On This Day: Di 2013, Arsenal Tawar Luis Suarez 40 Juta + 1 Paunlaliga.es

Transfer Suarez ke London Utara memang tak pernah terjadi. Manajemen Arsenal tersinggung dengan reaksi bos Liverpool, lalu kedua klub memutuskan tak melanjutkan negosiasi. Dan ya, Suarez bertahan di Anfield sebelum akhirnya hengkang ke Barcelona.

Di musim panas 2014, sekitar satu tahun kemudian sejak drama transfer dengan Arsenal, suami Sofia Balbi ini resmi hengkang ke LaLiga untuk bergabung dengan Lionel Messi dan kolega dengan banderol 75 juta paun.

Di Spanyol, penyerang asal Uruguay ini sukses mengoleksi empat trofi LaLiga, satu gelar Liga Champions, dan empat trofi Copa del Rey.

Baca Juga: Prancis, Skotlandia, hingga Spanyol Masuk Daftar Bidik Arsenal

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You