Comscore Tracker

Para Politisi Papan Atas di Kontestasi Exco PSSI 2019-2023

Sejumlah kader partai politik ikut “bertarung” di sini

Jakarta, IDN Times - Kontestasi perebutan posisi Exco PSSI periode 2019-2023 tampaknya memikat para politisi Tanah Air. Buktinya saja, dari 12 posisi Exco PSSI yang nantinya terpilih, ada 91 nama yang mendaftar di mana 24 di antaranya adalah para politisi.

Siapa saja mereka? Berikut beberapa di antaranya yang menurut kami punya pamor cukup oke di mata masyarakat.

1. Andre Rosiade (Gerindra)

Para Politisi Papan Atas di Kontestasi Exco PSSI 2019-2023IDN Times/Irfan fathurohman

Pria asal Sumatra Barat ini mencuat sebagai salah satu kandidat Exco PSSI. DI masa-masa Pemilu 2019 lalu, nama Andre Rosiade mencuat sebagai salah satu juru bicara dari Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga.

Posisinya sebagai Wasekjen Gerindra juga cukup strategis di kancah politik. Kini usai kontestasi Pilpres dan Pemilu selesai, pria berusia 40 tahun ini secara mengejutkan turut meramaikan bursa Exco PSSI 2019-2023.

2 FX Hadi Rudyatmo (PDIP)

Para Politisi Papan Atas di Kontestasi Exco PSSI 2019-2023IDN Times / Larasati Rey

Nama Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, turut meramaikan bursa Exco PSSI. Politisi dari PDIP ini secara mengejutkan mendaftarkan diri bersama beberapa politisi dari partai berlambang banteng tersebut yakni Ganisa Rumpoko, Andreau Misanta Pribadi, Frans Lebu, Rahmat Nasution Hamka, dan Agus Ambo Djiwa.

PDIP sendiri menyumbang enam orang di bursa Exco PSSI. Nama FX Hadi sendiri mencuat ketika peresmian Stadion Manahan, Solo. Selain itu, di Solo, namanya juga mengakar kuat di benak masyarakat kota tersebut.

Baca Juga: Exco PSSI Pastikan Simon McMenemy Tetap Jadi Pelatih Timnas Indonesia

3. Hinca Panjaitan (Demokrat)

Para Politisi Papan Atas di Kontestasi Exco PSSI 2019-2023IDN Times/Irfan Fathurohman

Siapa tak kenal abang Batak yang satu ini?

Di dunia sepakbola nasional, penggemar Serie A ini sudah malang-melintang. Di satu era, tepatnya di 2016 lalu, namanya sempat dipilih oleh hasil Kongres Luar Biasa PSSI sebagai Plt. Ketua Umum PSSI menggantikan La Nyalla Mattalitti yang lengser karena terjerat kasus dugaan korupsi.

Kini, Sekjen Partai Demokrat ini maju sebagai calon Exco PSSI periode 2019-2023. 

4. Yoyok Sukawi (Demokrat)

Para Politisi Papan Atas di Kontestasi Exco PSSI 2019-2023instagram.com/yoyok_sukawi

Publik Semarang tentu tak asing dengan pria bernama asli AS Sukawijaya atau yang akrab disapa Yoyok Sukawi ini. CEO PSIS ini adalah salah satu Exco petahana yang maju lagi di kontestasti untuk periode 2019-2023.

Berasal dari Partai Demokrat, Yoyok sendiri kini juga resmi dilantik sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024 dari dapil Jawa Tengah. 

5. Djamal Aziz (Hanura)

Para Politisi Papan Atas di Kontestasi Exco PSSI 2019-2023Twitter/@stevaniehuangg

Djamal Aziz, sama seperti Yoyok, bukan nama baru di jajaran Exco PSSI. Ia pernah menjabat sebagai komite eksekutif PSSI tersebut dan juga memiliki jejak cukup kontroversial. Djamal Aziz sendiri adalah politikus dari Partai Hanura dan sempat berada di Komisi X DPR RI pada periode 2009-2014.

Baca Juga: Maju Jadi Exco PSSI, Akmal Marhali: Saya Didorong oleh CEO PSM

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya