Comscore Tracker

Persewar Waropen, Calon Kuda Hitam Liga 2 2019?

Persewar menjadi satu dari dua wakil Papua di Liga 2 2019

Jakarta, IDN Times - Kesedihan publik Papua usai 'hengkangnya' Perseru Serui ke Lampung tak perlu disesali terlalu lama. Perseru yang kini berganti nama menjadi Badak Lampung FC, adalah klub Papua yang kini sudah menjadi bagian dari Pulau Sumatera. Praktis, wakil Papua di Liga 1 2019 hanya tersisa Mutiara Hitam, Persipura Papua.

Kini, ada Persewar Waropen yang bisa diharapkan meneruskan jejak manis Perseru dan Persipura. Walau baru promosi ke Liga 2 usai bergelut di Liga 3, tim berjuluk Mutiara Bakau ini tengah mempersiapkan tim dengan serius untuk menyambut musim kompetisi Liga 2 2019.

Bila sebelumnya kami sudah membahas potensi Bogor FC, kini saatnya kini membedah Persewar Waropen. Apakah klub promosi ini siap jadi kuda hitam Liga 2 2019 dan merebut tiket promosi ke Liga 1?

1. Bahwa Papua tak hanya Persipura

Persewar Waropen, Calon Kuda Hitam Liga 2 2019?Twitter/@Indostransfer

Berdiri sejak 2005 lalu, Mutiara Bakau memang tak pernah mencicipi kasta tertinggi sepakbola Indonesia. Mereka rutin wara-wiri di kasta bawah sebelum akhirnya mendobrak jagat sepakbola nasional pada Liga 3 musim lalu. Secara mengejutkan, Jefri Haay dan kolega sukses menyingkirkan klub-klub dengan tradisi lebih baik seperti Persijap Jepara.

Kini, bersama coach Carolino Ivakdalam, mereka siap menggebrak di Liga 2 2019. Selain itu, Ino, sapaan akrab sang pelatih, tengah berburu pemain-pemain terbaik untuk membantu timnya mengarungi kompetisi ketat di Liga 2. Ambisi besar itu sendiri sudah dimulai sejak Februari 2019 lalu, ketika tim ini melakukan seleksi ketat dan pemusatan latihan di Batu, Malang.

Sekadar trivia juga, Carolino Ivakdalam sendiri merupakan mantan pemain Persipura Jayapura sekaligus kakak kandung dari gelandang andalan Mutiara Hitam pada masanya dahulu, Eduard Ivakdalam. Kini, Edu, sang adik, juga mengadu peruntungan sebagai pelatih bersama peserta Liga 3, Persemi Mimika.

Baca Juga: PSSI Angkat Tangan Kasus Jual-Beli Lisensi Perseru?

2. Berburu pemain kaliber timnas

Persewar Waropen, Calon Kuda Hitam Liga 2 2019?Twitter/@Liga2Match

Dari update terbaru, usai proses seleksi dan berbagai urusan administrasi lainnya, Persewar sendiri mulai bergeliat masif. Salah satu nama pemain bintang yang mereka rekrut adalah winger lincah asli Papua, Oktovianus Maniani.

Mantan bintang timnas Indonesia di Piala AFF 2010 ini sebelumnya membela Perserang pada Liga 2 2018 lalu. Sesuai dengan visi Ino, Persewar memang cukup getol berburu talenta-talenta terbaik Papua untuk memperkuat timnya. Selain itu, Persewar juga menginginkan pengalaman Okto untuk memperkuat mental skuatnya.

Selain Okto, kabarnya, Mutiara Bakau juga sudah resmi merekrut Victor Pae, Marco Kabiay, Izaac Wanggai, dan bek muda eks Perseru Serui, Habel Boas Isir. Rumor berkembang juga mengatakan bahwa manajemen tengah mengincar sayap lincah, David Laly, yang sempat berkarier di Liga Malaysia.

3. Tergabung di grup neraka Liga 2 2019

Persewar Waropen, Calon Kuda Hitam Liga 2 2019?pacificpos.com

Promosi ke Liga 2, membuat lawan-lawan berat sudah siap menanti Okto dan kolega. Di Grup Timur nanti, Mutiara Bakau akan beradu kuat dengan beberapa klub tangguh dengan pengalaman bermain di Liga 1 seperti Mitra Kukar dan Persiba Balikpapan. Di grup ini juga bercokol tim-tim kuat seperti PSIM Yogyakarta, Madura FC, Martapura FC, dan jawara Liga 3 2018, Persik Kediri. Selain itu, bersama PSBS Biak, Persewar adalah dua wakil Papua di Liga 2 2019

4. Target promosi ke Liga 1 2020

Persewar Waropen, Calon Kuda Hitam Liga 2 2019?Twitter/@JerseyLigina

Walau baru saja promosi, bukan berarti Mutiara Bakau hanya menargetkan bertahan saja di kasta kedua ini. Secara terbuka, Ino menyebutkan bahwa timnya sudah memiliki misi mengejar satu dari tiga tiket promosi ke Liga 1 2020.

"Saya mencari para pemain terbaik untuk mendukung klub ini menuju target yang tinggi. Untuk itu, semua pemain-pemain terbaik yang ada, semua sedang saya pertimbangkan dan ajukan ke manajemen untuk direkrut, karena target kami adalah promosi ke Liga 1 musim depan," ujar Ino dikutip dari Pacific Pos.

Baca Juga: Dipenuhi Banyak Bintang, Bogor FC akan Beri Kejutan di Liga 2?

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You