Sempat Unggul 2-0, Persija Akhirnya Takluk dari Ceres Negros

Tiga gol Ceres Negros benamkan Persija di Gelora Bung Karno

Jakarta, IDN Times - Persija Jakarta melakoni laga lanjutan Grup G AFC Cup 2019 dengan menjamu tamunya dari Filipina, Ceres Negros. Usai kekalahan di pertemuan pertama kedua tim di Filipina, kini Macan Kemayoran kembali kalah di kandang. Bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Selasa (23/4) sore, Ismed Sofyan dan kolega ditaklukkan 2-3.

Di laga ini sendiri, Persija memang tampil tanpa banyak pemain penting. Bek asing asal Prancis, Steven Paulle, harus absen akibat akumulasi kartu kuning, sementara penyerang gaek, Silvio Escobar, tengah diistirahatkan karena cedera. Tanpa keduanya, Ivan Kolev kemudian memainkan Ryuji Utomo di lini belakang bersama Maman Abdurahman, sementara Bruno Matos dimainkan sebagai ujung tombak tunggal.

Menggebrak di menit awal, Macan Kemayoran sejatinya sempat dapat peluang unggul lebih dahulu. Mendapatkan hadiah penalti di menit ke-21, sayangnya, Bruno Matos gagal menunaikan tugasnya. Sepakan lemahnya mampu dimentahkan kiper Ceres, Roland Muller.

Kegagalan penalti tersebut membuat peluang emas Persija gagal berbuah gol sekaligus memastikan babak pertama berakhir sama kuat, 0-0. Namun di babak kedua, tensi dan intensitas laga meningkat pesat.

Persija memegang kendali laga setelah mampu unggul cepat di awal babak kedua. Umpan manis dari sepak pojok Ismed di sisi kiri pertahanan Ceres mampu ditanduk dengan sempurna oleh Sandi Sute pada menit ke-49.

Tak berselang lama, Persija kembali unggul di menit ke-57. Lagi-lagi melalui skema bola mati, Macan Kemayoran tuai keuntungan keduanya di laga ini. Umpan sepakan bebas Ismed disundul oleh Novri Setiawan yang membuat bola jatuh tepat di arah lari Bruno Matos. Lepas dari perangkap offside, penyerang asal Brasil tersebut mencetak gol kedua Persija di laga ini.

Usai kebobolan dua kali, Bienvenido Maranon dan kolega langsung meningkatkan tekanan. Bersama Mahir Karic dan Miguel Tanton yang dimasukkan di babak kedua, ketiganya langsung menggempur gawang Andritany Ardhiyasa. Hasilnya berbuah manis di menit ke-70. Lewat sepakan bebas, kali ini giliran Ceres Negros yang memperkecil ketertinggalan. Sepakan Tanton mampu menembus gawang Andritany dan mengubah skor menjadi 2-1 untuk Persija.

Di pengujung laga, nasib sial menaungi Persija. Melalui sebuah serangan di sisi kanan pertahanan, Stephan Shrock mampu melepaskan umpan silang yang mampu disundul dengan sempurna oleh Maranon dan membobol gawang Persija. Skor sendiri menjadi sama kuat 2-2.

Nasib buruk semakin memburuk di menit tambahan waktu. Di menit 90+3, Ceres berbalik unggul 2-3 setelah Mike Ott mencetak gol ketiga timnya memanfaatkan asis kedua Shrock, yang lagi-lagi berasal dari umpan silang.

Hasil akhir 2-3 sendiri memastikan Persija Jakarta tersingkir dari AFC Cup 2019 karena hanya juara grup yang berhak lolos ke fase berikutnya.

Baca Juga: Sempat Dilarang, Kini Tribun GBK Ramai oleh Jakmania

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya