Comscore Tracker

Comeback, PSM Makassar Kunci Tiket Lolos Fase Grup AFC Cup 2019

Juku Eja menang dramatis atas Home United

Jakarta, IDN Times - PSM Makassar memastikan diri melangkah ke babak semifinal AFC Cup 2019 zona Asia Tenggara usai menang atas tamunya dari Singapura, Home United. Menjamu The Protectors di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, pada Selasa (30/4) sore, Juku Eja menang dengan skor dramatis, 3-2.

Di laga ini sendiri, PSM yang dinakhodai oleh Darije Kalezic turun dengan beberapa perubahan. Dua pemain muda, M. Arfan dan Asnawi Mangkualam dimainkan di lini tengah sebagai pemain inti, bersanding dengan duo Belanda, Wiljan Pluim dan Marc Klok.

Namun, hal ini rupanya membuat PSM tertahan. Sepanjang babak pertama yang diguyur hujan deras, Pluim dan kolega kepayahan membongkar pertahanan rapat tim tamu. Kebutuhan tiga angka untuk mengunci tiket lolos ke semifinal tak membuat Guy Junior dan kolega mampu menembus gawang Home United. Praktis, babak pertama berakhir imbang 0-0.

Di babak kedua, PSM justru tersentak. Gelandang timnas Singapura, Hafiz Nor, mencetak dua gol cepat di awal babak kedua. Di menit ke-51 dan 55, gelandang berusia 30 tahun tersebut mencetak dua gol yang membawa tim tamu unggul cepat 0-2.

Namun, Marc Klok dan kolega merespons cepat. Klok memperkecil ketertinggalan pada menit ke-60, sebelum akhirnya menyamakan skor dengan gol cantik pada menit ke-78. Memanfaatkan asis Munhar, Klok melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti yang merobek gawang Home United.

Lalu, di menit-menit pengujung laga, Guy Junior menggebrak. Penyerang naturalisasi ini mencetak gol penentu kemenangan pada menit ke-86 sekaligus mengunci kemenangan PSM dengan skor 3-2. Kemenangan ini sekaligus memastikan Juku Eja menjadi pemuncak klasemen Grup H dan lolos ke semifinal AFC Cup 2019 zona Asia Tenggara.

Baca Juga: Jamu Home United di AFC Cup 2019, PSM dalam Kondisi Tak Ideal

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya