Punya 7 Bek Tengah, Apa Solusi Arsenal?

Stok bek tengah Arsenal menumpuk, apa solusi The Gunners?

Jakarta, IDN Times - Arsenal tengah menghadapi posisi dilematis. Kekurangan pemain di pos gelandang tengah, The Gunners justru surplus di posisi bek tengah. Di musim ini saja, ditambah dengan kedatangan William Saliba yang kembali dari masa peminjaman, skuat Mikel Arteta punya total 7 bek tengah!

Belum lagi, Arsenal masih dikaitkan akan menambah pemain di pos bek tengah. Yang terbaru, Meriam London sedang berupaya merampungkan transfer bek tengah asal Brasil dari Lille LOSC, Gabriel Magalhaes.

Lalu, apa solusi Arsenal mengatasi surplus pemain ini?

1. Arsenal menjual atau meminjamkan pemain?

Punya 7 Bek Tengah, Apa Solusi Arsenal?arsenal.com

Salah satu opsi masuk akal adalah menjual atau meminjamkan beberapa bek tersebut. Arsenal kebetulan sedang mengupayakan hal itu. Rob Holding, misalnya. Bek berusia 24 tahun itu disebut-sebut akan dipinjamkan The Gunners ke sesama tim Premier League, Newcastle United.

Sementara itu, Arsenal juga bersiap menjual salah satu bek seniornya, Sokratis Papasthatopoulos. Sokratis yang berusia 32 tahun, disebut-sebut akan dilepas jika ada tawaran yang masuk. Sementara itu, Calum Chambers juga jadi nama lain yang disebut-sebut akan dilepas sebagai pemain pinjaman.

Baca Juga: Gabriel Magalhaes Segera Diresmikan Arsenal

2. Perkiraan susunan bek inti Arsenal

Punya 7 Bek Tengah, Apa Solusi Arsenal?standard.co.uk

Melihat daftar yang ada, Arsenal kemungkinan besar akan mempercayakan pos bek tengah kepada 4 nama secara bergantian. Keempatnya adalah David Luiz, William Saliba, Pablo Mari, dan Shkodran Mustafi. Tapi susunan ini bisa berubah ketika The Gunners resmi mendatangkan Gabriel Magalhaes.

Mustafi sendiri tengah absen lama karena cedera lutut yang lumayan parah, sehingga Rob Holding masih dipercaya sebagai bek inti. Namun ketika semua pemain fit, 4 nama ini akan jadi nama-nama bek tengah yang dipercaya Arteta.

3. Dengan rencana kedatangan Gabriel, Arsenal akan punya total 8 bek tengah di tim utama

Punya 7 Bek Tengah, Apa Solusi Arsenal?Bek Lille asal Brasil, Gabriel Magalhaes. Twitter/@unitedstandmufc

Dengan kedatangan Gabriel Magalhaes yang nampaknya tinggal menunggu waktu saja, Arsenal kemungkinan besar akan memiliki 8 pemain di pos bek tengah. Hal ini tidak ideal selain juga karena faktor beban gaji, juga karena terlalu banyaknya stok pemain di satu posisi. Apalagi, Mikel Arteta lebih condong memakai 2 atau 3 bek tengah dalam beberapa sistem yang ia pakai.

David Luiz akan jadi jaminan inti, dengan dua nama bek muda Saliba dan Gabriel akan jadi fondasi masa depan. Satu nama lagi akan diperebutkan antara Mustafi atau bek kidal asal Spanyol, Pablo Mari, yang baru saja sembuh dari cedera.

Baca Juga: Arsenal Incar 2 Bintang Brentford?

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya