Sergio Farias, Mantan Juara Asia yang Jadi Nakhoda Baru Persija

Reputasi Farias cukup mentereng di sepak bola Asia

Jakarta, IDN Times - Sempat dikaitkan dengan banyak nama salah satunya Simon McMenemy, Persija akhirnya melabuhkan pilihan kepada pelatih asal Brasil, Sergio Farias. Pada Minggu (12/1) malam lalu, eks pelatih Pohang Steelers ini resmi diperkenalkan oleh Persija.

1. Salah satu pelatih dengan CV mentereng di Asia

Sergio Farias, Mantan Juara Asia yang Jadi Nakhoda Baru PersijaFarias ketika membawa Pohang jadi juara Liga Champions Asia 2009. Getty Images/Toru Yamanaka

Farias sendiri bukan pelatih sembarangan, setidaknya di level Benua Asia. Datang pertama kali ke Benua Kuning pada tahun 2005, Farias yang kala itu menangani Pohang, langsung mencuri perhatian.

Klub asal Korea Selatan itu dibawanya merajai kompetisi domestik, sebelum puncaknya membawa Pohang menjadi juara Liga Champions Asia pada tahun 2009 lalu.

Baca Juga: Disingkirkan Persija, Edson Tavares Direkrut oleh Borneo FC

2. Namun, Farias juga sudah puasa gelar dalam 10 tahun terakhir

Sergio Farias, Mantan Juara Asia yang Jadi Nakhoda Baru PersijaSergio Farias. Twitter/@bolabangetidn

Menyebut prestasi Farias bersama Pohang sebagai fenomenal tentu tak salah. Namun, yang Persija dan Jakmania wajib ingat, di satu dekade terakhir, pria asal Brasil itu sudah puasa gelar.

Berturut-turut, usai Pohang, Farias pindah ke Al Ahli, Al Wasl, Guangzhou R&F, sebelum balik ke kampung untuk melatih Duque de Caxias di Liga Brasil. Hanya sekejap saja di kampung halaman, Farias lalu mencoba tantangan baru di Thailand bersama Suphanburi. Sempat cicipi kompetisi India bersama NorthEast United FC, Farias balik lagi ke Suphanburi dan bertahan sampai 2018 tapi masih nirgelar.

Dua tahun terakhir sebelum akhirnya ke Persija, ia merantau ke Afrika dan menjajal Liga Sudan bersama Al Hilal dan di Mesir bersama Tala'ea El Gaish SC. Dan di 2020 ini, akhirnya ia berlabuh ke Indonesia untuk merapat ke Jakarta.

3. Walau begitu, Persija optimistis Sergio Farias bisa bawa Macan Kemayoran juara

Sergio Farias, Mantan Juara Asia yang Jadi Nakhoda Baru PersijaPersija Jakarta harus mengakui keunggula Persebaya 1-2 dalam laga lanjutan Shopee Liga 1 pada Selasa (17/12). FOTO/M Risyal Hidayat/aww.

Di Jakarta sendiri, Farias langsung dibebani target juara. Bos Persija, Ferry Paulus, cukup percaya diri bahwa pelatih yang dipilihnya itu bisa jadi nakhoda yang membawa Macan Kemayoran ke tangga juara.

"Sergio (Farias) sebelumnya pernah membesut klub profesional asal Korea Selatan dan berhasil menjadi kampiun di liga dan jadi juara antarklub di Asia. Itu pertimbangan Persija merekrutnya. Bersama Sergio, kami yakin Persija bisa juara sesuai target kami di 2020," ujar Ferry Paulus dikutip dari situs resmi klub.

Baca Juga: Lewat Video, Persija Resmi Perkenalkan Evan Dimas Darmono

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya