Comscore Tracker

Skuat Pincang PSG Bisa Apa di Old Trafford?

PSG bisa mengejutkan United andai tuan rumah tak waspada

Jakarta, IDN Times - Jelang laga melawan Manchester United di Old Trafford, Paris Saint-Germain (PSG) yang dua bulan lalu adalah unggulan, kini melawat ke Manchester dengan status sebagai non-unggulan. Selain karena faktor United yang menggeliat usai ditangani oleh Ole Gunnar Solskjaer, PSG juga tengah dilanda badai cedera yang parah.

Dua penyerang andalan, Neymar dan Edinson Cavani, dipastikan absen karena cedera. Marco Veratti, sang metronom andalan, juga diragukan kebugarannya meski namanya tetap dibawa Thomas Tuchel ke dalam skuat. Bek kanan, Thomas Meunier, alami cedera kepala di laga kontra Bordeaux tengah pekan lalu dan masih diragukan siap tampil.

Lalu, bagaimana kira-kira peluang skuat pincang PSG ini dalam menghadapi Setan Merah yang belum terkalahkan di 11 laga terakhir?

1. Kylian Mbappe jadi satu-satunya tumpuan

Skuat Pincang PSG Bisa Apa di Old Trafford?twitter.com/brfootball

Skema apa pun yang nantinya dipakai Tuchel, nama pemuda 20 tahun, Kylian Mbappe, sudah pasti akan jadi tumpuan. Mbappe adalah satu-satunya penyerang inti yang sehat, meski di bangku cadangan masih ada nama Eric Maxim Choupo-Moting. Masalahnya, bagaimana cara Tuchel mengakomodasi sisi eksplosif Mbappe?

Baca Juga: Pratinjau Manchester United vs PSG: Ketika Sang Tamu Tak Lagi Unggulan

2. Menyerang Manchester United dari sayap

Skuat Pincang PSG Bisa Apa di Old Trafford?Loopjamaica.com

Di laga akhir pekan lalu kontra Bordeaux, Tuchel menyimpan Angel Di Maria dan Julian Draxler. Jika turun dengan formasi 4-3-3, besar kemungkinan pemain asal Argentina dan Jerman itu akan mengapit Mbappe sebagai penyerang sayap. Lagipula, dua bek sayap United juga bukan bek sayap yang solid.

Ashley Young di kanan dan Luke Shaw di kiri akan menemui lawan tangguh dalam diri Di Maria dan Draxler. Namun, skema ini mengancam kesolidan lini tengah PSG andaikata benar mereka turun dengan skema tiga gelandang tengah. Adrien Rabiot masih dibekukan dari skuat, sementara Veratti masih diragukan kebugarannya.

Andai Veratti bermain, besar kemungkinan tiga gelandang PSG akan dihuni Dani Alves dan Christopher Nkunku. Tapi bila Meunier tidak fit untuk bermain usai cedera kepala, Alves akan dimainkan sebagai bek kanan dengan Leandro Paredes atau Marquinhos dimainkan sebagai satu dari tiga gelandang tengah.

Bila menemukan kesolidan di tiga gelandang dan mampu mematikan Paul Pogba serta Ander Herrera, Mbappe dan kolega punya peluang besar mencuri gol tandang di Old Trafford, atau bahkan mencuri kemenangan sekali pun.

3. Jika Veratti fit, Mbappe (harusnya) bisa optimal

Skuat Pincang PSG Bisa Apa di Old Trafford?Twitter/@PSG_inside

Ya, tanpa Edinson Cavani dan Neymar kala melawat ke Old Trafford memang terdengar seperti mimpi buruk, tapi, skuat mahal Les Parisien seharusnya sudah punya solusi untuk masalah ini. Andai Veratti pulih sebelum laga dan bisa bermain di level terbaik, PSG masih punya harapan di laga ini, mengingat masih ada Mbappe di sana.

Walau bermain tanpa dua tandem biasanya sebagai tridente, publik Manchester tak boleh lupa dahsyatnya kualitas seorang Kylian Mbappe. Ia mencetak empat gol di Piala Dunia 2018, serta secara sendirian mampu membuat Marcos Rojo dan lini belakang Argentina porak-poranda kala itu.

Dengan skema yang pas dan eksekusi taktik di atas lapangan yang tepat, PSG dengan Mbappe dan Veratti bisa mengejutkan Setan Merah yang lebih diunggulkan kali ini. Dengan kemampuan distribusi bola dan mengatur tempo dengan baik, Veratti bisa mengejutkan United yang tidak mampu mengantisipasi serangan balik PSG.

Lagipula, skema serangan balik jadi opsi yang menarik mengingat Mbappe punya kecepatan dan ketajaman, yang akan semakin efektif ketika berpadu dengan visi bermain kualitas terbaik milik Veratti.

Baca Juga: Big Match Manchester United Vs PSG, Ini 4 Fakta Menarik di Baliknya

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You