Comscore Tracker

Timnas Indonesia Dipenuhi Pemain Muda, Revolusi ala Shin Tae-yong?

Skuat Timnas Indonesia terbaru punya rataan usia 24,6 tahun

Jakarta, IDN Times - Shin Tae-yong membuat publik sepak bola Indonesia terkejut dengan daftar 29 nama yang ia panggil untuk pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia jelang Kualifikasi Piala Dunia 2022. Tak hanya karena tidak adanya nama-nama langganan di skuat Garuda, namun karena banyaknya pemain muda yang dibawa untuk TC oleh sang pelatih.

1. Panggil banyak pemain muda, rataan usia Timnas Indonesia kini 24,6 tahun!

Timnas Indonesia Dipenuhi Pemain Muda, Revolusi ala Shin Tae-yong?Shin Tae-yong saat memimpin latihan Timnas Indonesia (IDN Times/Herka Yanis)

Dari daftar 29 nama yang dipanggil, Timnas Indonesia kini banyak dihuni para pemain muda berusia di bawah 25 tahun. Dari data yang dihimpun oleh IDN Times, hanya 7 pemain dari total 29 nama yang berusia 30 tahun atau lebih. Ke-7 nama itu adalah Rivky Mokodompit (kiper), Fachruddin Aryanto dan Johan Ahmat Farizi (bek), Hendro Siswanto dan Asep Berlian (gelandang), serta Ilija Spasojevic dan Irfan Bachdim (striker).

Sementara itu, status sebagai pemain tertua adalah Spasojevic dengan umur 32 tahun, sementara pemain termuda ada 5 nama yang masing-masing berusia 20 tahun yakni Muhammad Riyandi (kiper), Asnawi Mangkualam, Koko Ari Araya, dan Rachmat Irianto (bek), serta Egy Maulana Vikri (gelandang).

Lalu dari total 29 nama pemain itu, rataan umur skuat Timnas Indonesia saat ini ada di angka yang relatif muda yakni 24,6 tahun!

Baca Juga: Penuh Darah Muda, Rataan Umur Bek Timnas Indonesia 23,8 Tahun!

2. Shin Tae-yong hanya pertahankan 12 nama dari 34 pemain yang dipanggil pada TC pertama Februari lalu

Timnas Indonesia Dipenuhi Pemain Muda, Revolusi ala Shin Tae-yong?Shin Tae-yong saat memimpin latihan Timnas Indonesia (IDN Times/Herka Yanis)

Walau terlalu dini dibilang sebuah revolusi di skuat Timnas Indonesia, namun eksperimen Shin Tae-yong ini layak dinantikan bagaimana perjalanan prosesnya. Sebagai bayangan saja, dari total 34 nama yang ia panggil di TC perdana Timnas Indonesia pada Februari lalu, Coach Shin hanya mempertahankan 12 nama di daftar 29 nama kali ini.

Ke-12 pemain itu adalah Nadeo Argawinata, Fachruddin Aryanto, Andy Setyo, Bagas Adi Nugroho, Hendro Siswanto, Asnawi Mangkualam, Rachmat Irianto, Febri Hariyadi, Osvaldo Haay, Ilija Spasojevic, Muhammad Rafli, dan Irfan Bachdim.

3. Shin Tae-yong tidak melirik para pemain langganan Timnas Indonesia

Timnas Indonesia Dipenuhi Pemain Muda, Revolusi ala Shin Tae-yong?Shin Tae-yong saat memimpin latihan Timnas Indonesia (IDN Times/Herka Yanis)

Di sisi lain, pemanggilan 29 nama pemain Timnas Indonesia juga mengejutkan karena Shin Tae-yong tidak melirik para pemain-pemain top Liga 1 yang biasa rutin mengisi skuat Timnas Indonesia.

Nama-nama seperti Stefano Lilipaly, Andritany Ardhiyasa, Hansamu Yama Pranata, Riko Simanjuntak, hingga Ricky Fajrin tak ada di daftar pemain yang dipanggil. Selain itu, Coach Shin juga menepikan para pemain yang sempat ia panggil di bulan Februari lalu semisal Bayu Pradana, Lerby Eliandry, dan Rizky Pora.

Baca Juga: 10 Langganan Timnas Indonesia yang Gak Dilirik Shin Tae-yong

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya