Utak-atik Skenario Timnas U-22 Lolos ke Semifinal SEA Games 2019

Sisakan satu laga, peluang Indonesia sejatinya cukup besar

Jakarta, IDN Times - Tiga negara dipastikan akan bersaing ketat hingga laga akhir di Grup B sepak bola SEA Games 2019. Vietnam memimpin klasemen dengan koleksi 12 poin, sementara Indonesia dan Thailand menyusul di belakangnya masing-masing dengan 9 poin.

Dengan jadwal laga terakhir, ketiga negara ini belum ada satu pun yang mengunci tiket lolos. Bahkan, Vietnam yang pimpin klasemen dengan poin sempurna tanpa pernah kalah pun bisa terlempar dari puncak dan finis di posisi ketiga.

Lalu, bagaimana skenario terbaik Indonesia?

Utak-atik Skenario Timnas U-22 Lolos ke Semifinal SEA Games 2019Klasemen Grup B SEA Games 2019.

1. Indonesia di atas angin karena “hanya” menghadapi Laos

Utak-atik Skenario Timnas U-22 Lolos ke Semifinal SEA Games 2019Timnas U-22 saat mengalahkan Brunei 8-0 pada pertandingan Grup B SEA Games 2019 di Stadion Sepak Bola Binan, Laguna, Filipina, Selasa (3/12). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/pras

Di laga terakhir Grup B pada Kamis (5/12) esok, Indonesia akan menghadapi negara yang sudah tidak ada peluang lolos, Laos. Berapa pun skor akhir laga Indonesia vs Laos, asal Thailand tak mampu mengalahkan Vietnam, Egy Maulana Vikri dan kolega akan lolos sebagai runner up Grup B.

Dengan kondisi ini, posisi Indonesia memang di atas angin. Apalagi, rival beratnya, Thailand, akan bersua Vietnam di laga akhir. Namun, kemenangan, apalagi dengan skor besar, bisa melesatkan Indonesia ke puncak klasemen menggeser Vietnam, dengan catatan Vietnam takluk dari Thailand.

Baca Juga: Bantai Brunei 8-0, Indonesia Geser Thailand di Grup B SEA Games 2019!

2. Skenario ini bisa tentukan kelolosan Indonesia sebagai juara grup

Utak-atik Skenario Timnas U-22 Lolos ke Semifinal SEA Games 2019Timnas U-22 berhasil mengalahkan Brunei 8-0 pada pertandingan Grup B SEA Games 2019 di Stadion Sepak Bola Binan, Laguna, Filipina, Selasa (3/12). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/pras

Andai Vietnam kalah dari Thailand, Indonesia bisa saja lolos sebagai juara Grup B. Syaratnya, Indonesia menang dengan skor cukup besar.

Saat ini, Indonesia punya selisih gol +11, sementara Vietnam +13. Jika diasumsikan Vietnam kalah tipis 0-1 saja, surplus gol Vietnam akan turun jadi +12 dan Indonesia butuh menang 2-0 atas Laos untuk naik ke puncak klasemen.

Namun, jika Vietnam dan Thailand berakhir imbang, Indonesia tak akan bisa finis di posisi puncak.

3. Juara bertahan ada di ujung tanduk

Utak-atik Skenario Timnas U-22 Lolos ke Semifinal SEA Games 2019Timnas U-22 Thailand di laga lawan Indonesia pada cabor sepak bola SEA Games 2019, Selasa (26/11) sore (Twitter/@Changsuek_TH)

Thailand, yang punya poin sama dengan Indonesia (9) namun kalah selisih gol +10, berada di ujung tanduk. Mereka butuh menang minimal 2-0 untuk bisa mencongkel Vietnam dari puncak klasemen. Menang 1-0 saja tak cukup bawa Thailand ke semifinal.

Sementara itu, jika hasilnya imbang, otomatis Vietnam akan mengunci posisinya sebagai juara grup sekaligus memulangkan Thailand dari SEA Games 2019.

 

"Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb."

https://www.youtube.com/embed/zooOle319ro

Baca Juga: Rotasi Feby Eka Jadi Sorotan, Indra Sjafri Beri Pembelaan

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya