Comscore Tracker

Wonderkid Manchester City Selangkah Lagi Hengkang ke Real Madrid

Kontrak akan habis pada Juni 2019 nanti

Jakarta, IDN Times - Setelah melepas Jadon Sancho ke Borussia Dortmund pada 2017 lalu, kini Manchester City selangkah lagi akan melepas pemain muda alumnus akademinya. Adalah Brahim Diaz, pemain kelahiran Malaga, yang akan pulang kampung ke Spanyol. Dikabarkan oleh Guardian, pemain berusia 19 tahun ini akan bergabung dengan raksasa ibu kota, Real Madrid.

1. Diaz akan pindah dengan nilai transfer sekitar 15,5 juta paun

Wonderkid Manchester City Selangkah Lagi Hengkang ke Real MadridTwitter/@FootyAccums

Brahim Diaz sendiri sebenarnya bukan pemain yang buruk. Tiga kali mendapat kesempatan bermain di Piala Carabao (Piala Liga) musim ini, dia sukses cetak tiga gol. Tapi mengingat di posisinya banyak pemain yang lebih senior dan berkualitas, menit bermainnya memang sangat amat terbatas, bahkan belum mencicipi Premier League musim ini.

Di Madrid, ia akan masuk dalam program regenerasi skuat Real Madrid yang tengah dirancang oleh Florentino Perez. Selain itu, sebagai eks pemain junior Malaga, hijrah ke Madrid adalah kesempatan pulang kampung ke tanah kelahirannya, setelah merantau di Inggris sejak Januari 2014.

Baca Juga: Adrien Rabiot Hijrah ke Barcelona pada Juni 2019

2. 1 dari 3 alumnus terbaik akademi City dalam 5 tahun terakhir

Wonderkid Manchester City Selangkah Lagi Hengkang ke Real MadridTwitter/@BVB

Empat tahun menempa ilmu di akademi Manchester City, Brahim Diaz sebenarnya termasuk dalam 1 dari 3 alumnus terbaik akademi City. Ia sendiri ada di angkatan yang sama dengan dua wonderkids lainnya, Phil Foden dan Jadon Sancho, yang mana Sancho sudah lebih dulu hijrah ke Jerman.

Lain dengan Foden yang baru saja menandatangani perpanjangan kontrak bersama City sampai 2024, Diaz sendiri kontraknya akan berakhir pada Juni 2019 dan ia belum menandatangani kontrak hingga akhir Desember 2018 lalu. Bila resmi hengkang ke Madrid, ia akan menyusul Sancho yang lebih dulu meninggalkan City dan justru sukses besar di Jerman bersama Borussia Dortmund.

3. Klausul kontrak unik dari City untuk Diaz

Wonderkid Manchester City Selangkah Lagi Hengkang ke Real MadridTwitter/@MirrorFootball

Dilansir dari laporan jurnalis Guardian, Jamie Jackson, klausul unik disematkan oleh The Citizen kepada pemain mudanya asal Spanyol itu. Di masa depan, ada klausul sell on clause yang membuat City akan dapatkan 40 persen dari nilai transfer Diaz di masa depan jika ia dijual ke klub Manchester lain, yang mana ini sendiri merujuk kepada Manchester United.

Yang kedua, City 'hanya' menyematkan nilai sell on clause sebesar 15 persen saja di masa depan, andaikata pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini dijual ke klub lain non-Manchester.

Baca Juga: Bisnis Penuh Risiko dari Bournemouth untuk Pemain dari Liverpool

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya