Comscore Tracker

Yunus, Si Bocah New York di Valencia

Baru 17 tahun, Yunus Musah bisa membela 4 tim nasional, lho!

Jakarta, IDN Times - Pekan perdana LaLiga musim 2020/2021 berjalan mulus bagi tim spesialis papan tengah, Valencia CF. Dalam laga derbi meladeni Levante, Kelelawar Mestalla sukses mengakhiri laga dengan kemenangan manis, 4-2. Tak hanya menang di laga derbi sarat gengsi, kemenangan itu juga melambungkan Valencia ke posisi 1 di klasemen sementara.

Namun, satu nama mencuri perhatian di laga itu. Ia adalah bintang muda asal Inggris, Yunus Musah. Turun sejak menit pertama menandakan pelatih Javi Gracia punya ekspektasi tinggi kepada bocah berusia 17 tahun itu. Lalu, siapakah sosok bernama lengkap Yunus Dimoara Musah ini sebenarnya?

1. Latar belakang Yunus sangat unik. Punya garis keturunan asal Ghana, tapi ia lahir di New York, dan tumbuh besar di Italia serta Inggris

Yunus, Si Bocah New York di ValenciaYunus Musah jalani debut bersama tim utama Valencia CF. Dok. IDN Times/LaLiga

Menilik latar belakangnya, kamu jelas layak untuk sangat terkejut. Yunus Musah lahir pada 29 November 2002, di mana pada tahun ini, ia akan genap berusia 18 tahun. Uniknya, Yunus lahir di New York, Amerika Serikat, ketika sang ibu tengah berlibur ke kota berjuluk Big Apple tersebut.

Yunus sendiri memiliki keturunan Ghana, namun ia sempat tinggal di Italia hingga umurnya 9 tahun, serta memulai karier sepak bolanya bersama klub lokal bernama Giorgione. Lantas, Yunus kecil pindah ke London, Inggris.

Secara legalitas, Yunus Musah berhak membela 4 tim nasional yakni Amerika Serikat, Italia, Inggris, dan Ghana. Namun, paspornya hanya tercatat 3 negara saja yakni Amerika Serikat, Inggris, dan Ghana.

Dan Yunus muda pun sudah menentukan pilihan, setidaknya untuk saat ini di mana ia memilih membela Timnas Inggris di level junior. Baru-baru ini, Yunus aktif menjalani laga bersama Timnas U-18 Inggris, setelah sebelumnya menjadi kapten untuk Timnas Inggris U-15, U-16, dan U-17. Di sana, ia berkawan karib dengan dua bintang muda Bundesliga, Jude Bellingham dan Jamal Musiala.

Baca Juga: Jamal Musiala, Bocah Pemecah Rekor Bayern Munich

2. Ditempa di akademi Arsenal, Yunus Musah hijrah ke Valencia setelah 7 tahun di London

Yunus, Si Bocah New York di ValenciaYunus Musah jalani debut di tim utama Valencia. Dok. IDN Times/LaLiga

Satu fakta menarik dari sosok Yunus Musah adalah ia didikan dari akademi terkenal milik Arsenal bernama Hale End Academy. Ia satu angkatan dengan beberapa bintang muda The Gunners saat ini seperti Folarin Balogun dan Bukayo Saka.

7 tahun dihabiskan Yunus muda bersama akademi Arsenal, sebelum jalan hidup membuatnya mengambil keputusan berani: merantau ke Spanyol. Yunus Musah resmi hijrah ke Valencia per Agustus 2019 dan bermain bersama tim muda Valencia selama satu musim penuh di 2019/2020.

Nasib baik lantas berpihak kepada sang bintang muda pada awal musim 2020/2021. Javi Gracia memberinya debut sebagai starting line up di laga derbi bergengsi melawan Levante. Itu sendiri menjadi rekor tersendiri untuknya karena ia adalah pemain asal Inggris pertama yang bermain untuk Los Che di pertandingan kompetitif.

3. Bermain selama 88 menit, statistik Yunus Musah lumayan oke

Yunus, Si Bocah New York di ValenciaStatistik debut Yunus Musah di laga Valencia vs Levante. Dok. IDN Times/LaLiga

Berposisi natural sebagai gelandang serang, Yunus Musah dimainkan Javi Gracia di pos gelandang sayang kanan. Bermodal umpan terukur dan dribel yang oke, pemain muda ini sukses merepotkan lini belakang Levante.

Secara statistik, ia mencatatkan 3 dribel sukses, memenangkan 7 duel, melakukan 37 sentuhan sepanjang 88 menit bermain dan melepaskan 1 tembakan serta 1 umpan kunci. Tak ada gol dan asis dari kakinya di laga debut, namun Javi Gracia tak peduli.

"Meski pun masih muda, Yunus telah memperlihatkan kepercayaan diri tinggi dan jiwa pemimpin. Ia sangat vokal di lapangan dan sudah mahir berbahasa Spanyol. Dengan segala itu, ia bisa mencapai level tertinggi dalam beberapa waktu ke depan," ujar Javi Gracis dikutip dari situs resmi klub.

Baca Juga: 8 Pemain Termahal yang Dijual Valencia ke Klub EPL, Deretan Bintang!

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya