Comscore Tracker

6 Anggota Timnas Italia Piala Dunia 2010 yang Masih Aktif Berkarier

Didominasi pemain bertahan

Sukses besar dengan menjadi juara pada Piala Dunia 2006 tak membuat Italia mendapat hasil sama di Piala Dunia 2010. Skuad Gli Azzurri gagal menembus babak grup dan harus puas jadi juru kunci grup F di bawah Paraguay, Slovakia, dan Selandia Baru.

Kenangan ini jelas sangat pahit untuk para pemain yang terlibat. Pada tahun 2022, kebanyakan dari mereka telah memutuskan untuk pensiun. Hanya ada enam nama saja yang hingga kini masih aktif bermain. Siapa saja keenam nama tersebut? 

1. Christian Maggio

6 Anggota Timnas Italia Piala Dunia 2010 yang Masih Aktif BerkarierChristian Maggio (skysports.com)

Nama yang pertama adalah Christian Maggio, bek kanan yang pada Piala Dunia 2010 masih membela Napoli. Pada gelaran Piala Dunia yang diadakan di Afrika Selatan ini Maggio hanya bermain selama 45 menit pada pertandingan akhir kontra Slovakia.

Catatan tersebut merupakan satu-satunya penampilan Maggio di ajang Piala Dunia. Saat ini, Maggio telah berusia 40 tahun. Pada paruh kedua musim 2021/2022, Maggio bergabung dengan LR Vicenza setelah sempat tak memiliki klub selama tujuh bulan.

2. Domenico Criscito

6 Anggota Timnas Italia Piala Dunia 2010 yang Masih Aktif BerkarierDomenico Criscito (skysports.com)

Domenico Criscito merupakan bek sekaligus kapten dari Genoa pada musim 2021/2022. Criscito saat ini telah berusia 35 tahun dan menyisakan kontrak setahun bersama klubnya tersebut.

Meski gagal membawa Italia berprestasi, Criscito yang saat itu juga membela Genoa patut berbangga karena dirinya bermain dalam seluruh laga yang dijalani Italia. Ia mencatakan 225 menit pertandingan dan bermain di posisi bek kiri.

3. Giorgio Chiellini

6 Anggota Timnas Italia Piala Dunia 2010 yang Masih Aktif BerkarierGiorgio Chiellini (skysports.com)

Kapten Juventus yang pada musim depan telah pasti bergabung dengan Los Angeles FC, Giorgio Chiellini, merupakan pemain utama Timnas Italia di pos bek tengah. Chiellini bermain penuh 270 menit selama Piala Dunia 2010.

Torehan tersebut tak membantu banyak Timnas Italia karena pada saat itu mereka harus kebobolan lima gol. Pada Piala Dunia 2010, Chiellini dipanggil ketika usianya 25 tahun dan bermain sangat baik bersama Juventus.

Baca Juga: 8 Mantan Pemain Juventus yang Pindah ke MLS Sebelum Chiellini

4. Fabio Quagliarella

6 Anggota Timnas Italia Piala Dunia 2010 yang Masih Aktif BerkarierFabio Quagliarella (skysports.com)

Nama selanjutnya juga berstatus sebagai kapten pada musim 2021/2022. Dia adalah Fabio Quagliarella, penyerang veteran berusia 39 tahun yang saat ini jadi kapten dari Sampdoria. Saat dipanggil ke Piala Dunia 2010, Quagliarella masih berseragam Napoli.

Ia hanya bermain selama 45 menit pada laga terakhir kontra Slovakia. Kendati terasa singkat, Quagliarella sanggup memberikan pengaruh besar pada laga tersebut dengan menyumbang 1 gol dan 1 assist.

5. Leonardo Bonucci

6 Anggota Timnas Italia Piala Dunia 2010 yang Masih Aktif BerkarierLeonardo Bonucci (skysports.com)

Nama Leonardo Bonucci belum terlalu populer ketika dipanggil Timnas Italia pada Piala Dunia 2010. Saat itu ia masih membela Bari dan jadi pemain termuda yang dibawa Marcelo Lippi ke Timnas Italia. Sayangnya, ia tak bermain semenit pun.

Saat ini Bonucci telah menjadi seorang pemain besar berstatus bintang. Beragam gelar juara telah ia dapatkan, termasuk Piala Eropa 2020. Kini ia telah berusia 35 tahun dan membela Juventus.

6. Gianluigi Buffon

6 Anggota Timnas Italia Piala Dunia 2010 yang Masih Aktif BerkarierGianluigi Buffon (skysports.com)

Bermain sangat apik pada Piala Dunia 2006 dan jadi pahlawan Timnas Italia pada laga final, Gianluigi Buffon gagal menampilkan hal serupa di Afrika Selatan. Buffon yang saat itu telah berusia 32 tahun datang dengan status kiper utama Timnas Italia.

Sayangnya, ia harus mengalami cedera pada menit ke-45 pada pertandingan pertama kontra Paraguay. Hal tersebut membuat Buffon harus absen di dua laga sisa. Saat ini Buffon telah bersuia 44 tahun dan masih jadi kapten dari AC Parma.

 

Faktanya, 5 dari 6 nama dalam daftar ini merupakan pemain yang bertanggung jawab di sektor lini belakang. Mungkinkah hal tersebut menjadi sedikit bukti dari kehebatan para pemain bertahan Italia yang mampu punya kualitas hingga usia tua?

Baca Juga: Senior Banget, Buffon Pernah Main Sama 6 Ayah-Anak Ini

Moh Fikri Photo Verified Writer Moh Fikri

Fans Bundesliga yang mengagumi Jordan Henderson di EPL dan Steven Adams di NBA

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya