Comscore Tracker

Senior Banget, Buffon Pernah Main Sama 6 Ayah-Anak Ini

"Saya masih menanti cucu-cucu mereka," ujar Buffon

Bagi kiper legendaris Italia, Gianluigi Buffon, usia memang hanya sebuah angka. Betapa tidak, di usianya yang sudah menginjak 44 tahun, ia masih aktif bermain untuk klub kasta kedua Italia, AC Parma. Di klub yang membesarkan namanya itu, Buffon juga nyaris tak tergantikan.

Saking seniornya, Buffon bahkan kerap bermain dengan anak-anak mantan rekan setimnya dulu. Senior banget, ini dia 6 pasang ayah dan anak yang pernah bermain bersama Buffon, baik sebagai rekan setim maupun lawan.

1. Lilian Thuram dan Marcus Thuram

Senior Banget, Buffon Pernah Main Sama 6 Ayah-Anak IniMarcus Thuram (instagram.com/thuram_17)

Di Parma, Buffon pernah punya salah satu pemain belakang yang menjadi tandemnya, yaitu bek asal Prancis, Lilian Thuram. Keduanya bermain bersama selama tujuh tahun. Setelah itu, Buffon dan Thuram sama-sama dipinang oleh Juventus pada 2001. Mereka pun menjadi tembok utama Juventus dalam meraih beberapa kali Scudetto alias juara Italia.

Sebelas tahun setelah Lilian Thuram pensiun atau tepatnya tahun 2019, Buffon bertemu dengan Thuram lainnya. Ia adalah Marcus Thuram, yang tak lain adalah putra dari Lilian Thuram. Keduanya bertemu saat PSG yang diperkuat Buffon kalah 1-2 oleh Gungump di Piala Prancis.

Uniknya, gol kekalahan PSG dicetak oleh Marcus pada menit akhir. 

2. Enrico Chiesa dan Federico Chiesa

Senior Banget, Buffon Pernah Main Sama 6 Ayah-Anak IniFederico Chiesa (instagram.com/fedexchiesa)

Selain Thuram, Buffon juga punya teman dekat saat masih di AC Parma. Ia adalah striker Italia, Enrico Chiesa. Bahkan, Chiesa yang berada di Parma selama tiga tahun adalah rekan sekamar Buffon. 

Setelah Enrico gantung sepatu, sang anak , Federico Chiesa melanjutkan kariernya. Pemain 24 tahun ini merupakan sayap andalan Juventus. Sebelum dibeli Juventus, Federico merupakan pemain Fiorentina.

Ia terhitung pernah empat kali bermain bersama Buffon. Satu sebagai kawan di Juventus, sisanya tiga kali sebagai lawan kala memperkuat Fiorentina. 

3. George Weah dan Timothy Weah 

Senior Banget, Buffon Pernah Main Sama 6 Ayah-Anak IniTimothy Weah (instagram.com/taimothyweah)

Presiden Liberia yang juga mantan pemain AC Milan, George Weah dulunya adalah salah satu rival utama bagi Gianluigi Buffon. Betapa tidak, keduanya tercatat pernah bertemu selama 8 kali. Selama delapan kali pertemuan itu pula tak satupun George Weah mencetak gol. 

Rekor positif itu mungkin saja diceritakan oleh Buffon kepada putra George Weah, Timothy Weah. Keduanya pernah bersama saat sama-sama bermain di PSG musim 2019 lalu.

Timothy yang saat ini berusia 22 sendiri hanya semusim bersama PSG. Dari PSG, ia kemudian dijual ke Lille.

Baca Juga: 10 Potret Gianluigi Buffon, Legenda Sepak Bola Italia yang Menolak Tua

4. Diego Simeone dan Giovanni Simeone

Senior Banget, Buffon Pernah Main Sama 6 Ayah-Anak IniGiovanni Simeone (instagram.com/simeonegiovanni)

Pasangan anak dan ayah selanjutnya yang pernah bermain bersama Buffon adalah Diego Simeone dan putranya, Giovanni Simeone.

Diego Simeone tercatat 12 kali melawan Buffon. Pertemuan terbanyak mereka terjadi saat keduanya bermain di Serie A. Jika Buffon pernah membela Juventus dan Parma. Diego Simeone adalah pemain andalan Inter Milan dan Lazio. 

Rivalitas klan Simeone dengan Buffon sempat berlanjut saat Buffon masih di Juventus.  Giovanni Simeone yang berposisi striker Giovanni bahkan pernah menjebol gawang Buffon dua kali. Momen itu terjadi kala tim Geovanni mempermalukan Juventus 3-1 pada 2016 lalu.

5. Aladino Valoti dan Mattia Valoti 

Senior Banget, Buffon Pernah Main Sama 6 Ayah-Anak IniMattia Valoti (instagram.com/mattyvalo)

Selanjutnya ada pasangan ayah-anak, Aladino dan Mattia Valoti. Sang ayah Aladino merupakan gelandang Piacenza. Ia tercatat pernah dua kali bersua dengan Buffon kala timnya bertemu dengan Parma. Sementara Mattia pernah bertemu dua kali dengan sang legenda pada musim 2014/2015 kala Hellas Verona melawan Juventus. 

 

6. Paolo Maldini dan Daniel Maldini

Senior Banget, Buffon Pernah Main Sama 6 Ayah-Anak IniDaniel Maldini (instagram.com/dani.malda)

Tak ketinggalan, Buffon juga pernah bertemu dengan klan paling terkenal di Italia, yaitu Maldini. Paolo Maldini adalah sosok tak asing bagi Buffon.

Di timnas, Paolo dan Buffon merupakan komandan lini belakang meski belum pernah mengangkat piala bersama. Sementara di klub, keduanya adalah rival abadi. Buffon adalah ikon Juventus, sementara Maldini adalah legenda karena berstatus one man one club di AC Milan. 

Setelah Paolo pensiun, generasi Maldini selanjutnya pun muncul. Ia adalah Daniel Maldini. Buffon pun akhirnya bertemu dengan Daniel saat Juventus bersua dengan AC Milan tahun 2020 lalu. Usai pertandingan, Buffon langsung berlari menghampiri Daniel. Ia meminta kaos pemain yang kini berusia 20 tahun tersebut. "Saya menunggu cucu mereka," ujar Buffon berkelakar.

Itu tadi 6 pasang ayah dan anak yang pernah bermain bersama Buffon. Meski sudah berkepala 4, bukan tak mungkin Buffon akan kembali bertemu dengan anak-anak rekannya dulu di lapangan hijau.

Baca Juga: Menyakitkan, 5 Pemain Ini Jadi Momok Timnas Italia

Kuncoro Photo Verified Writer Kuncoro

Penikmat tanggal muda

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya