6 Kiper Berkebangsaan Prancis yang Pernah Bermain di LaLiga

Richard Dutruel jadi yang terbaik

Prancis dan Spanyol merupakan dua negara yang saling berbatasan langsung. Prancis berada di utara, sedangkan Spanyol berada di selatan. Keduanya memiliki poros sepak bola yang cukup hebat dan tergolong sangat maju.

Jika bicara tentang kualitas liga domestik, LaLiga Spanyol justru lebih maju. Tak heran jika lebih banyak pemain Prancis yang bermain di Spanyol ketimbang sebaliknya. Dari sekian banyak pesepak bola Prancis yang pernah berlaga di LaLiga, hanya ada enam yang berposisi sebagai kiper.

Berikut enam kiper berkebangsaan Prancis yang pernah bermain di LaLiga.

1. Richard Dutruel

6 Kiper Berkebangsaan Prancis yang Pernah Bermain di LaLigaRichard Dutruel (fff.fr)

Richard Dutruel terhitung sebagai kiper asal Prancis pertama yang berlaga di LaLiga era modern. Ia pertama kali datang ke Spanyol pada 1996 untuk bergabung dengan Celta Vigo. Empat tahun kemudian, Dutruel sempat membela Barcelona selama 2 musim.

Setelah itu, ia membela Deportivo Alaves pada 2002/2003. Dari ketiga klub tersebut, Celta Vigo menjadi tim yang paling sering ia bela. Secara keseluruhan, Dutruel sukses mencatat 176 laga dengan torehan 51 nirbobol di LaLiga.

2. Alphonse Areola

6 Kiper Berkebangsaan Prancis yang Pernah Bermain di LaLigaAlphonse Areola (twitter.com/championsleague)

Alphonse Areola sangat lama membela Paris-Saint Germain sebelum pindah secara permanen ke West Ham United pada awal musim ini. Ketika menjadi bagian dari PSG, Areola pernah dipinjamkan ke dua tim LaLiga.

Tim tersebut adalah Villarreal (2015/2016) dan Real Madrid (2019/2020). Kiper yang memiliki darah Filipina ini sukses mencatatkan 36 pertandingan dengan torehan 16 nirbobol yang kebanyakan ia torehkan untuk Villarreal.

3. Luca Zidane

6 Kiper Berkebangsaan Prancis yang Pernah Bermain di LaLigaLuca Zidane (twitter.com/laligaen)

Salah satu anak dari Zinedine Zidane ternyata berkarier sebagai pesepak yang berposisi kiper. Dia adalah Luca Zidane, kiper berkebangsaan Prancis yang pernah membela empat klub asal Spanyol. Ia tak pernah sekali pun membela klub asal Prancis.

Luca memulai kariernya bersama Real Madrid. Selain itu, ia pernah membela Racing Santanger, Rayo Vallecano, dan SD Eibar, tim yang ia bela sekarang. Luca Zidane baru mencatat 10 laga dengan torehan 1 nirbobol sejauh ini.

Baca Juga: 5 Kiper Berkebangsaan Brasil yang Pernah Bermain di LaLiga

4. Gregory Coupet

6 Kiper Berkebangsaan Prancis yang Pernah Bermain di LaLigaGregory Coupet (twitter.com/OL_English)

Nama selanjutnya ialah kiper utama Timnas Prancis pada Euro 2008, Gregory Coupet. Hampir seluruh kariernya dihabiskan untuk membela tim-tim asal Prancis. Namun, pada 2008/2009, Coupet pernah berkarier di LaLIga.

Kala itu, ia bergabung dengan Atletico Madrid dari Olympique Lyon. Sayangnya, karier Coupet di LaLiga tak berjalan baik. Ia kalah saing dari Leo Franco sehingga hanya bisa mencatat 6 laga dengan torehan 3 nirbobol di LaLiga.

5. Bertrand Laquait

6 Kiper Berkebangsaan Prancis yang Pernah Bermain di LaLigaBertrand Laquait (lesoir.be)

Sama seperti Gregory Coupet, Bertrand Laquait juga hanya setahun menjalani kariernya di LaLiga. Pada awal musim 2006/2007, ia bergabung dengan Recreativo Huelva dari RSC Charleroi, Belgia.

Tak jauh berbeda dengan Gregory Coupet, Laquait tak banyak mencatatkan pertandingan. Laquait hanya menorehkan 9 pertandingan tanpa 1 pun catatan cleansheet.

6. Benjamin Lecomte

6 Kiper Berkebangsaan Prancis yang Pernah Bermain di LaLigaBenjamin Lacomte (atleticodemadrid.com)

Benjamin Lecomte jadi satu-satunya kiper asal Prancis yang berlaga di LaLiga Primera 2022/2023. Musim ini merupakan musim keduanya di LaLiga setelah musim lalu bermain untuk Atletico Madrid.

Saat ini, ia bermain untuk Espanyol dengan status pemain pinjaman dari AS Monaco. Kiper berusia 31 tahun ini belum banyak mencatatkan laga di LaLiga. Pasalnya, ia tak pernah sekali pun tampil bersama Atletico Madrid dan baru tiga kali tampil untuk Espanyol.

Nama Richard Dutruel menjadi kiper berkebangsaan Prancis yang paling banyak mencatatkan pertandingan di LaLiga. Rekor tersebut tampaknya sulit untuk dikalahkan jika melihat kebiasaan tim Spanyol yang lebih mempercayai kiper lokal.

Baca Juga: Newcastle Berani Banget, Rekrut Karius Si Kiper Gagal Liverpool

Moh Fikri Photo Verified Writer Moh Fikri

Fans Bundesliga yang mengagumi Jordan Henderson di EPL dan Steven Adams di NBA

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya