Comscore Tracker

5 Kiper Republik Ceko yang Pernah Bermain di English Premier League

Tiga di antaranya pernah membela West Ham United 

Dibandingkan dengan mantan saudaranya, Slovakia, Republik Ceko justru lebih mentereng di bidang sepak bola. Banyak pemain bintang lahir dari negara yang beribu kota di Praha ini. Banyak dari mereka bermain di liga top Eropa, salah satunya ialah Premier League. Hingga musim 2021/2022, total ada 33 pesepak bola Republik Ceko yang pernah bermain di Premier League.

Akan tetapi, hanya ada 5 kiper dari total 33 nama tersebut. Padahal pemain Ceko paling mentereng di Premier League merupakan pemain yang berposisi sebagai kiper. Siapakah dia dan bagaimana performa kelima kiper Republik Ceko yang pernah merumput di Premier League? Berikut ini ulasannya.

1. Ludek Miklosko

5 Kiper Republik Ceko yang Pernah Bermain di English Premier LeagueLudek Miklosko (whufc.com)

Kiper asal Republik Ceko pertama yang merasakan bermain di Premier League adalah Ludek Miklosko. Kiper yang sekarang telah berusia 60 tahun ini datang ke Premier League pada tahun 1990 ketika Liga Inggris belum menjadi format Premier League seperti sekarang.

Klub pertama yang ia bela adalah West Ham United, tepatnya dari 1990 hingga 1998. Total 169 laga yang Miklosko catatkan di Premier League ia torehkan untuk The Hammers. Pada tahun 1998, ia pindah ke Queens Park Rangers yang saat itu berlaga di Championship.

2. Pavel Srnicek

5 Kiper Republik Ceko yang Pernah Bermain di English Premier LeaguePavel Srnicek (skysports.com)

Nama selajutnya ialah Pavel Srnicek. Ia mulai berkarier di Inggris untuk bergabung dengan Newcastle United pada 1991. Selain Newcastle United, Srnicek juga pernah membela Sheffield Wednesday, West Ham United, dan Portsmouth.

Dari keempat klub tersebut, Srnicek hanya tak tampil di Premier League bersama West Ham United (2004). Selama berkarier di Premier League, Srnicek sukses catatkan 146 laga dengan torehan 52 nirbobol.

Baca Juga: Eksodus Rezim Abramovich Berlanjut di Chelsea, Cech Cabut

3. Petr Cech

5 Kiper Republik Ceko yang Pernah Bermain di English Premier LeaguePetr Cech (twitter.com/petrcech)

Petr Cech jadi sosok pesepak bola asal Republik Ceko paling populer dan paling berprestasi selama bermain di Premier League. Selama lima belas tahun bermain di Premier League, Petr Cech selalu punya nama besar sebagai seorang kiper berkualitas.

Datang pada tahun 2004 dari Stade Rennes, Cech memulai kariernya di Inggris bersama Chelsea. Pada tahun 2015, Cech pindah ke Arsenal hingga akhirnya pensiun pada 2019. Selama kariernya di Premier League, Petr Cech sukses mencatatkan 207 nirbobol dari 442 pertandingan.

4. Jan Latsuvka

5 Kiper Republik Ceko yang Pernah Bermain di English Premier LeagueJan Lastuvka (skysports.com)

Jan Lastuvka merupakan kiper yang kini  membela klub Republik Ceko, Banik Ostrava. Lastuvka pernah membela dua klub Premier League berbeda, yakni Fulham (2006—2007) dan West Ham United (2008—2009).

Jika ditotalkan, Lastuvka hanya bermain selama dua musim di Premier League. Dalam kurun waktu tersebut, Lastuvka hanya catatkan 8 penampilan dengan jumlah 1 nirbobol yang seluruhnya ditorehkan bersama Fulham.

5. Radek Cerny

5 Kiper Republik Ceko yang Pernah Bermain di English Premier LeagueRadek Cerny (twitter.com/qpr)

Pada awal tahun 2005, Tottenham Hotspur mendatangkan seorang kiper dari Slavia Praha dengan status pemain pinjaman. Dari sanalah karier Radek Cerny di Premier League dimulai. Cerny menghabiskan 7,5 musim untuk membela klub Inggris.

Selain Spurs, Cerny juga pernah memperkuat Queens Park Rangers (2008—2013). Dalam 7,5 musimnya tersebut, Cerny hanya aktif bermain di Premier League selama 4,5 musim karena QPR bermain 3 musim di Divisi Championship. Selama itu, ia hanya mencatatkan 21 laga.

 

Dari lima nama di atas, nama Petr Cech jelas yang paling mentereng. Torehan laga yang banyak serta empat gelar juara Premier League yang ia torehkan bersama Chelsea jadi alasan ia disebut yang terbaik.

Baca Juga: 5 Pemain asal Republik Ceko yang Saat Ini Berkarier di Bundesliga

Moh Fikri Photo Verified Writer Moh Fikri

Fans Bundesliga yang mengagumi Jordan Henderson di EPL dan Steven Adams di NBA

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya