6 Kiper Denmark yang Pernah Merumput di English Premier League

Ada yang pernah berhasil raih treble winners!

Dengan rata-rata postur tubuh yang tinggi menjulang, pemain asal wilayah Nordik, khususnya Denmark memiliki kualitas hebat sebagai pemain bertahan. Selain jadi bek tengah, posisi kiper juga jadi salah satu yang terdepan dari negara yang beribu kota di Kopenhagen ini.

Kiper-kiper asal Denmark juga sering diminati oleh banyak tim besar di liga top Eropa, salah satunya ialah English Premier League (EPL). Total ada enam kiper hebat asal Denmark yang pernah merumput di Premier League. Siapa saja dan bagaimana performanya?

1. Thomas Sorensen

6 Kiper Denmark yang Pernah Merumput di English Premier LeagueThomas Sorensen (skysports.com)

Nama yang pertama ialah Thomas Sorensen, kiper Denmark yang berkarier di Premier League selama 17 tahun. Ia pertama kali datang ke Inggris untuk bergabung dengan Sunderland pada tahun 1998.

Setelah itu, ia pindah ke Aston Villa pada 2003 dan akhirnya pindah ke Stoke City, tim yang ia bela dari tahun 2008 hingga 2015. Sorensen jadi pemain asal Denmark yang memiliki jumlah pertandingan terbanyak di Premier League. Selama 17 tahun berkarier di Inggris, ia sukses catatkan 362 laga dengan torehan 110 nirbobol.

2. Peter Schmeichel

6 Kiper Denmark yang Pernah Merumput di English Premier LeaguePeter Schmeichel (skysports.com)

Peter Schmeichel masih dikenang sebagai kiper terbaik dalam sejarah sepak bola Denmark. Peter jadi salah satu aktor penting yang membawa Denmark juara pada gelaran Piala Eropa 1992. Selama berkarier di sepak bola, Peter pernah tiga kali jadi pemain terbaik Timnas Denmark.

Permainan hebatnya tersebut juga berlaku ketika ia bermain di Premier League bersama Manchester United. Selama 8 tahun berseragam The Red Devils, Peter sukses persembahkan 5 gelar juara Premier League, 1 gelar juara UCL dan 3 kali gelar juara Piala FA.

Selain membela Manchester United, Peter juga pernah membela Aston Villa dan Manchester City di Premier League. Selama berkarier di Inggris, Peter Schmeichel sukses catatkan 129 nirbobol dari 310 pertandingan untuk 3 klub tersebut.

Baca Juga: 12 Potret Kasper Schmeichel, Kiper Utama Timnas Denmark dan Leicester

3. Kasper Schmeichel

6 Kiper Denmark yang Pernah Merumput di English Premier LeagueKasper Schmeichel (skysports.com)

Tak kalah dengan sang ayah, Kasper Schmeichel juga jadi salah satu kiper Denmark terbaik dalam sejarah. Kasper Schmeichel juga pernah meraih gelar juara Premier League (2015/2016) bersama timnya saat ini, Leicester City.

Kasper sendiri memulai kariernya di Inggris bersama tim akademi Manchester City. Namun, ia gagal bersinar dan justru sukses bersama Leicester City. Hingga akhir musim 2021/2022, Kasper telah catatkan 284 pertandingan dengan toregan 83 nirbobol.

4. Anders Lindegaard

6 Kiper Denmark yang Pernah Merumput di English Premier LeagueAnders Lindegaard (skysports.com)

Selain Peter Schmeichel, Manchester United juga pernah punya kiper asal Denmark lain dalam diri seorang Anders Lindegaard. Sayangnya, ia tak terlalu bersinar seperti sang legenda. Kariernya di Inggris lebih sering dihabiskan sebagai pemain cadangan.

Tak hanya Manchester United, Lindegaard juga pernah membela West Browich Albion dan Burnley di Premier League. Jika ditotalkan, Lindegaard hanya memainkan 19 pertandingan dengan catatan 9 nirbobol di Premier League yang seluruhnya dimainkan saat berseragam Manchester United.

5. Jonas Lossl

6 Kiper Denmark yang Pernah Merumput di English Premier LeagueJonas Lossl (skysports.com)

Nama selanjutnya adalah Jonas Lossl yang pernah membela 3 klub di Premier League. Ia pertama kali tampil di Premier League bersama Huddersfield pada musim 2017/2018 dan 2018/2019. Setelah degradasi, Lossl pernah membela Everton selama 2 musim.

Sayangnya, ia tak catatkan pertandingan bersama klub asal Merseyside tersebut. Pada musim ini, Loosl kembali bermain di Premier League bersama Brentford sebagai pemain pinhaman dari Midtjylland. Sejauh ini, ia telah catatkan 71 pertandingan dengan torehan 15 nirbobol di Premier League.

6. Brian Jensen

6 Kiper Denmark yang Pernah Merumput di English Premier LeagueBrian Jensen (skysports.com)

Brian Jensen jadi nama terakhir dalam daftar ini. Ia pernah membela dua klub berbeda di Premier League, yakni West Bromwich Albion (2000--2003) dan Burnley (2003--2010). Walaupun 13 tahun membela tim Inggris, namun penampilannya di kasta tertinggi hanya bermain dalam dua musim.

Momen tersebut terjadi pada musim 2002/2003 bersama West Bromwich Albion dan Burnley pada musim 2009/2010. Total ia catatkan 38 pertandingan yang seluruhnya dimainkan bersama Burnley.

 

Berdasarkan daftar di atas, kiper asal Denmark memang memiliki kualitas hebat. Terutama ayah-anak Schmeichel yang telah sukses catatakan trofi Premier League dalam kariernya.

Baca Juga: 5 Pemain Denmark dengan Penampilan Terbanyak Sepanjang Sejarah EPL

Moh Fikri Photo Verified Writer Moh Fikri

Fans Bundesliga yang mengagumi Jordan Henderson di EPL dan Steven Adams di NBA

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya