5 Pemain Denmark dengan Penampilan Terbanyak Sepanjang Sejarah EPL

Ada duo kiper ayah-anak asal Denmark

Denmark merupakan salah satu negara yang cukup bersaing di kancah sepak bola Eropa. Negara Skandinavia tersebut juga kerap melahirkan pemain-pemain bintang yang bertebaran di berbagai kompetisi sepak bola papan atas. Tak terkecuali di Inggris yang punya kompetisi sepak bola dengan persaingan super ketat. 

Sejak era English Premier League (EPL), ada sejumlah nama-nama pemain asal Denmark yang ikut meramaikan kasta tertinggi sepak bola Inggris tersebut. Beberapa di antaranya juga mampu bersinar dan bermain cukup lama di tanah Inggris. Mereka dipercaya tampil dalam banyak kesempatan berkat kualitas mereka. Lalu, siapa sajakah pemain tersebut? 

1. Thomas Sorensen (364 Penampilan)

5 Pemain Denmark dengan Penampilan Terbanyak Sepanjang Sejarah EPLThomas Sorensen (mirror.co.uk)

Thomas Sorensen adalah seorang kiper yang sudah punya banyak pengalaman di klub Inggris. Ia tercatat sebagai pemain Denmark dengan penampilan terbanyak di EPL. Total ia telah bermain dalam 364 pertandingan bersama klub-klub EPL. 

Pemain yang mengawali karier di tim junior Odense Boldklub ini pernah membela sejumlah klub. Sunderland menjadi klub Inggris pertama yang ia bela. Ia bermain di sana selama kurun waktu 1998-2003. Kemudian, ia berseragam Aston Villa selama lima musim. 

Pada tahun 2008, ia pindah ke klub yang baru promosi ke EPL, Stoke City. Di sana ia memainkan 99 pertandingan di liga. Tahun 2015, ia hijrah ke klub Australia, Melbourne City dan menghabiskan kariernya di sana. Pada tahun 2017 ia memutuskan pensiun di usianya yang ke-41 tahun. 

2. Peter Schmeichel (310 Penampilan)

5 Pemain Denmark dengan Penampilan Terbanyak Sepanjang Sejarah EPLPeter Schmeichel dan Sir Alex Ferguson (instagram.com/pschmeichel1)

Berikutnya ada kiper legendaris Denmark, Peter Schmeichel. Pemain yang satu ini dikenal luas dengan prestasinya selama berseragam Manchester United. Namun, ia juga pernah membela klub Inggris lainnya yaitu Aston Villa dan Manchester City. Selama bermain di EPL, Peter Schmeichel telah tampil dalam 310 laga dan mencatatkan 128 clean sheets. 

Schmeichel membantu Manhcester United meraih masa kejayaannya. bersama The Red Devils, ia meraih lima gelar Premier League beserta satu gelar Liga Champions musim 1998/1999. 

Di timnas Denmark, Schmeichel juga punya andil yang besar. Salah satu yang paling berkesan adalah membawa Denmark menjuarai Euro 1992 di Swedia. Schmeichel kemudian memutuskan pensiun pada April 2003 silam. 

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Terbanyak ke Gawang Klub Liga Inggris di Liga Champions

3. Kasper Schmeichel (279 Penampilan)

5 Pemain Denmark dengan Penampilan Terbanyak Sepanjang Sejarah EPLKasper Schmeichel (facebook.com/kasperschmeichelofficial)

Selain sang ayah Peter Schmeichel, sang anak Kasper Schmeichel pun turut menjadi pemain Denmark yang cukup sukses berkarier di Inggris. Mengikuti jejak ayahnya menjadi seorang kiper, Kasper Schmeichel telah tampil dalam 279 pertandingan bersama klub Premier League. 

Kasper Schmeichel tergabung dalam tim junior Manchester City dan kerap dipinjamkan ke klub lain selama di sana. Ia menjalani debut di tim utama Manchester City pada musim 2007/2008. Ia sempat bermain untuk Notts County dan Leeds United sebelum didatangkan ke Leicester City. 

Musim 2011/2012, Schmeichel diboyong ke Leicester yang saat itu ditangani oleh Sven-Goran Eriksson. Leicester City kemudian menjuarai Divisi Championship musim 2013/2014 dan promosi ke Premier League musim berikutnya. Schmeichel mencatatkan 99 penyelamatan saat Leicester City menjuarai Premier League musim 2015/2016. 

4. Christian Eriksen (233 Penampilan)

5 Pemain Denmark dengan Penampilan Terbanyak Sepanjang Sejarah EPLChristian Eriksen (instagram.com/chriseriksen8)

Berikutnya ada nama gelandang asal Denmark, Christian Eriksen. Pemain 30 tahun ini bermain untuk Brentford setelah absen cukup lama akibat gagal jantung yang membuatnya kolaps dalam laga antara Denmark kontra Finlandia pada gelaran Euro 2020 tahun lalu. 

Sebelumnya, Eriksen sempat membela sejumlah klub. Sebagian besar kareirnya adalah bersama Tottenham Hotspur. Selama berseragam The Lilywhites, Eriksen dipercaya tampil dalam 226 pertandingan. Dari total penampilannya tersebut ia juga mengoleksi 51 gol di Premier League. 

Di level timnas, Erisken telah bermain untuk Denmark U-17. Ia menjalani debut di tim senior pada 2010 di usia 18 tahun. Menjadikannya salah satu debutan termuda dalam sejarah timnas Denmark. 

5. Pierre-Emile Hojbjerg (178 Penampilan)

5 Pemain Denmark dengan Penampilan Terbanyak Sepanjang Sejarah EPLPierre Emile-Hojbjerg sedang berduel dengan pemain Brentford. (instagram.com/hojbjerg23)

Pierre-Emile Hojbjerg merupakan mantan gelandang Southampton yang kini membela Tottenham Hotspur. Selama membela dua tim tersebut, pemain kelahiran Kopenhagen ini telah bermain dalam 178 laga di Premier League. 

Hojbjerg bermain untuk Spurs sejak musim 2020/2021. Pada musim pertamanya bersama Spurs, ia dipercaya tampil sebagai starter selama satu musim penuh. Di Premier League musim ini, ia telah diturunkan dalam 31 laga, mencetak dua gol dan dua assist. 

Hojbjerg juga menjadi bagian dari timnas Denmark sejak 2014. Ia telah mencatatkan 54 caps dan menyumbang empat gol untuk timnas. Ia juga mengantarkan Denmark hingga ke semifinal Euro 2020. 

Kelima pemain di atas menjadi bukti bahwa Denmark juga memiliki pesepak bola yang hebat. Mereka mampu bersaing level teratas dan menjadi bintang di klubnya. Tak hanya di klub, kualitas mereka juga membuat mereka mendapat kepercayaan untuk membela "Tim Dinamit", julukan untuk timnas Denmark. 

Baca Juga: 6 Pemain Muda FC Porto yang Layak Bermain untuk Klub Besar Eropa

Muhamad Fathan Qoriban Photo Verified Writer Muhamad Fathan Qoriban

Don't try to be perfect, try to be yourself ✨

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya