5 Kiper Portugal yang Pernah Merumput di English Premier League

Rui Patricio masih jadi yang tersukses!

Portugal jadi salah satu negara yang paling banyak menyumbang pesepak bola untuk kompetisi English Premier League (EPL). Total ada 93 pesepak bola Portugal berbeda yang pernah bermain di EPL hingga akhir musim 2021/2022.

Dari sekian banyak nama yang ada, hanya ada lima pemain saja yang berposisi sebagai kiper. Berikut ini kami sajikan ulasan mengenai daftar lima kiper Portugal tersebut. 

1. Henrique Hilario

5 Kiper Portugal yang Pernah Merumput di English Premier LeagueHenrique Hilario (skysports.com)

Henrique Hilario merupakan kiper asal Portugal pertama yang berkarier di Premier League. Ia datang ke Premier League untuk memperkuat Chelsea dari CD Nacional pada awal musim 2006/2007. Total, 8 musim Hilario membela The Blues hingga akhirnya pensiun pada akhir musim 2014/2015.

Sayangnya, Hilario hanya mencatatkan 20 penampilan di kompetisi Premier League. Hal ini disebabkan karena Hilario lebih sering jadi kiper cadangan Chelsea ketimbang jadi starter. Petr Cech dan Carlo Cudicini merupakan kiper yang mengalahkannya dalam persaingan tersebut.`

2. Eduardo

5 Kiper Portugal yang Pernah Merumput di English Premier LeagueEduardo (skysports.com)

Sama seperti Hilario, Eduardo Carvalho juga hanya membela Chelsea selama berkarier di Premier League. Kiper utama Timnas Portugal pada Piala Dunia 2006 ini bergabung dengan Chelsea pada awal musim 2016/2017 dari Dinamo Zagreb.

Eduardo juga sempat dipinjamkan ke Vitesse Arnhem sebelum hengkang ke Braga pada awal musim 2019/2020. Namun sayang, Eduardo tak pernah tampil sekalipun untuk Chelsea di ajang Premier League. Catatan penampilannya hanya ia torehkan di ajang Piala Liga.

Baca Juga: 5 Pemain Portugal yang Saat Ini Membela Wolverhampton

3. Joao Virginia

5 Kiper Portugal yang Pernah Merumput di English Premier LeagueJoao Virginia (skysports.com)

Joao Virginia merupakan kiper asal Portugal yang pernah menimba ilmu di akademi Arsenal. Namun, ia tak pernah sekalipun bermain untuk tim utama dari klub asal London Utara tersebut. Saat ini ia berstatus sebagai pemain dari Everton, tim yang ia bela sejak 2018.

Virginia memang lebih sering tampil sebagai pemain cadangan. Bahkan pada musim ini, ia dipinjamkan ke Sporting Club Portugal. Hingga musim 2021/2022, Virginia baru catatkan 1 penampilan di Premier League pada usianya yang sekarang baru menginjak 22 tahun.

4. Rui Patricio

5 Kiper Portugal yang Pernah Merumput di English Premier LeagueRui Patricio (eurosport.com)

Meski saat ini telah berseragam AS Roma, Rui Patricio masih layak disebut sebagai kiper terbaik Portugal yang pernah merumput di Premier League. Patricio datang ke Premier League untuk bergabung dengan Wolverhampton Wanderers pada awal musim 2018/2019 dari Sporting CP.

Total tiga musim Rui Patricio berseragam Wolves. Dalam kurun waktu tersebut, Patricio sukses torehkan 112 penampilan dengan torehan 31 nirbobol. Banyak penyelamatan pentingnya berhasil membuat Wolves dikenal sebagai tim kuda hitam Premier League.

5. Jose Sa

5 Kiper Portugal yang Pernah Merumput di English Premier LeagueJose Sa (skysports.com)

Untuk menggantikan Rui Patricio yang hengkang ke AS Roma pada awal musim 2021/2022, Wolves kembali merekrut kiper berkebangsaan Portugal. Dia adalah Jose Sa, kiper berusia 29 tahun yang pernah membela FC Porto dan Olympiacos.

Sa tampil sangat baik sebagai pengganti dari Rui Patricio di bawah mistar Wolves. Ia jadi salah satu kiper dengan jumlah nirbobol terbanyak di Premier League. Pada musim pertamanya di Premier League, Jose Sa sukses catatkan 11 nirbobol dari 37 laga.

 

Jumlah 5 dari 93 nama merupakan angka yang sedikit untuk mewakili jumlah kiper Portugal di Premier League. Selain itu tak semua kiper Portugal mampu tampil hebat. Sejauh ini baru Rui Patricio dan Jose Sa saja yang sukses torehkan catatan cemerlang di Premier League

Baca Juga: 5 Penjaga Gawang Portugal yang Berkiprah di Luar Negeri, Siapa Saja?

Moh Fikri Photo Verified Writer Moh Fikri

Fans Bundesliga yang mengagumi Jordan Henderson di EPL dan Steven Adams di NBA

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya