5 Produk Akademi ManUnited Terbaik yang Pernah Tampil di Bundesliga

Kebanyakan berakhir dengan flop!

Bukan lagi jadi rahasia Manchester United merupakan tim besar dengan segudang prestasi. Meski performanya menurun dalam beberapa tahun terakhir, tim berjuluk Setan Merah ini tetap punya value besar.

Pemain hebat berdatangan dari proses transfer ataupun akademi. Beberapa produk akademi mereka juga pernah bermain untuk tim Bundesliga. Siapa saja? Berikut kami sajikan daftar lima yang terbaik untuk anda.

1. Ron-Robert Zieler

5 Produk Akademi ManUnited Terbaik yang Pernah Tampil di BundesligaRon-Robert Zieler (skysports.com)

Ron Robert Zieler merupakan salah satu produk akademi Manchester United asal Jerman yang sukses sebagai pesepak bola profesional. Meski tak berstatus sebagai pemain bintang, Zieler yang menghabiskan 2 tahun (2005—2007) di akademi Manchester United ini kerap jadi bagian penting dari tim yang ia bela.

Zieler telah lama pindah ke Jerman sejak dilepas Manchester United pada 2010. Hannover 96, VfB Stuttgart, dan FC Koln adalah tim-tim Bundesliga yang pernah ia perkuat. Hingga tahun ini, Zieler telah catatkan 254 laga dengan torehan 57 nirbobol di ajang Bundesliga.

2. Federico Macheda

5 Produk Akademi ManUnited Terbaik yang Pernah Tampil di BundesligaFederico Macheda (skysports.com)

Nama Federico Macheda sempat jadi perbincangan setelah jadi salah satu faktor penting kemenangan Manchester United pada ajang Premier League 2009. Ia yang muncul sebagai pemain akademi, sukses mencetak 2 gol dari 4 pertandingan di musim 2008/2009.

Sayangnya, ia gagal bersinar setelahnya. Kariernya meredup dan lebih sering bergonta-ganti klub. Pada musim 2012/2013, Macheda sempat dipinjamkan Manchester United ke VfB Stuttgart selama setengah musim. Ia gagal mencetak gol ataupun assist dari 18 laga yang ia catatkan untuk Stuttgart.

Baca Juga: 5 Bek yang Dirumorkan Sedang Didekati Manchester United

3. Tahith Chong

5 Produk Akademi ManUnited Terbaik yang Pernah Tampil di BundesligaTahith Chong (skysports.com)

Meskipun bermain untuk Birmingham pada musim 2021/2022, Tahith Chong masih jadi bagian dari tim Manchester United hingga sekarang. Winger berkebangsaan Belanda ini menimba ilmu di tim akademi Manchester United selama 2 tahun (2016—2018).

Pada awal musim 2020/2021, Chong pernah merasakan atmosfer Bundesliga selama setangah musim bersama Werder Bremen. Dalam kurun waktu tersebut, Tahith Chong hanya catatkan 13 penampilan dengan kontribusi 1 assist.

4. Timothy Fosu Mensah

5 Produk Akademi ManUnited Terbaik yang Pernah Tampil di BundesligaTimothy Fosu Mensah (skysports.com)

Sama seperti Tahith Chong, Timothy Fosu Mensah juga merupakan pesepak bola asal Belanda. Ia hanya berada setahun di tim akademi Manchester United sebelum akhirnya promosi ke tim utama pada 2015. Setelah dipinjamkan ke beberapa klub, Fosu Mensah akhirnya dilepas secara permanen.

Bayer Leverkusen jadi destinasinya sejak awal musim 2020/2021. Sayangnya, Fosu Mensah masih jarang dimainkan oleh Bayer Leverkusen. Ia masih kalah saing dari rekan senegaranya di Leverkusen, Jeremie Frimpong.

5. Adnan Januzaj

5 Produk Akademi ManUnited Terbaik yang Pernah Tampil di BundesligaAdnan Januzaj (skysports.com)

Nama yang terakhir ialah Adnan Januzaj, pesepak bola asal Belgia yang pernah dianggap sebagai wonderkid potensial pada era David Moyes di Manchester United. Januzaj berada di tim akademi Manchester United selama 2 tahun, terhitung dari 2011 hingga promosi pada 2013.

Pada musim 2105/2016, ia sempay dipinjamkan selama setengah musim ke Borussia Dortmund. Dalam kurun waktu yang cukup singkat tersebut, Januzaj hanya catatkan 5 laga dengan torehan 2 assist di ajang Bundesliga.

 

Manchester United memang selalu hebat untuk mencetak pemain-pemain berkualitas dari tim akademi. Namun, mereka lebih sering dapat hype di awal hingga akhirnya performanya menurun pada beberapa tahun kemudian.

Baca Juga: Transformasi Adnan Januzaj Hingga Dipercaya Roberto Martinez

Moh Fikri Photo Verified Writer Moh Fikri

Fans Bundesliga yang mengagumi Jordan Henderson di EPL dan Steven Adams di NBA

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya