5 Fakta setelah Pekan Ke-11 Premier League, Chelsea Kokoh di Puncak

Banyak kejutan terjadi pekan lalu

Premier League merampungkan pekan ke-11. Setelah ini, para pemain mesti kembali bersiap membela tim nasionalnya dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022. Namun, sebelum itu, kita simak dahulu beberapa fakta menarik pekan ke-11.

Ada banyak kejutan terjadi pekan lalu. Mulai dari hasil derbi Manchester hingga kekalahan perdana Liverpool di Premier League.

1. Manchester City menangi derbi Manchester

5 Fakta setelah Pekan Ke-11 Premier League, Chelsea Kokoh di PuncakPemain Manchester City usai cetak gol ke gawang Manchester United. (mancity.com)

Manchester menjadi biru usai Manchester City menumbangkan Manchester United di Old Trafford dengan skor 2-0. Gol bunuh diri Eric Bailly pada awal laga membuat pertahanan The Red Devils kocar-kacir. Satu gol Bernardo Silva atas kesalahpahaman bek Manchester United kemudian makin melebarkan jarak.

Skuad asuhan Pep Guardiola menguasai jalannya pertandingan. Mereka membuat para pemain MU tidak berkutik di kandang sendiri. Kiper Mu, David de Gea, yang berjaga di depan gawang berkali-kali dibuat kesal rekan-rekan di lini pertahannya karena memaksanya melakukan penyelamatan berulang kali. Berkat hasil ini, Manchester City menempati urutan kedua  klasemen, sementara MU turun ke peringkat enam.

2. Burnley menahan imbang Chelsea

5 Fakta setelah Pekan Ke-11 Premier League, Chelsea Kokoh di PuncakPemain Burnley berduel dengan pemain Chelsea. (burnleyfootballclub.com)

Kejutan terjadi saat Chelsea menjamu Burnley di Stamford Bridge. Sempat memimpin pada babak pertama berkat gol Kai Havertz, The Blues harus rela berbagi poin usai gawang mereka dijebol Matej Vydra pada menit 79.

Hasil ini membuat Chelsea tetap menempati puncak klasemen. Mereka unggul tiga poin dari Manchester City yang berada di peringkat kedua. Sementara, Burnley berada di zona degradasi dengan menempati urutan ke-18 dengan perolehan delapan poin. 

Baca Juga: Rekor Suram Manchester United Usai Keok Lagi di Old Trafford

3. Pemecatan Daniel Farke dan Dean Smith

5 Fakta setelah Pekan Ke-11 Premier League, Chelsea Kokoh di PuncakDaniel Farke (twitter.com/NorwichCityFC)

Norwich City bertandang ke kandang Brentford di Brentford Community Stadium. Mereka menang 2-1 lewat gol Mathias Normann dan penalti Teemu Pukki. Tuan ramah hanya mampu membalas gol melalui Rico Henry.

Kemenangan The Cannaries ini merupakan kemenangan perdana mereka di Premier League. Namun, beberapa saat setelah pertandingan, klub mengumumkan bahwa Daniel Farke dipecat setelah menjadi pelatih selama 4,5 musim. Saat ini, Norwich City masih berada di dasar klasemen.

Tidak berbeda dari Farke, Dean Smith juga dipecat Aston Villa usai kalah 0-1 dari Southampton. The Villans mengalami lima kekalahan beruntun. Performa inkosisten musim ini membuatnya didepak dari kursi kepelatihan. Saat ini, Aston Villa berada di peringkat ke-16 dengan hasil 3 menang, 1 imbang, dan 7 kalah. 

4. Arsenal kembali mencatatkan hasil bagus

5 Fakta setelah Pekan Ke-11 Premier League, Chelsea Kokoh di PuncakMikel Arteta (SkySports)

Arsenal menang 1-0 saat menjamu Watford di Emirates Stadium. Emile Smith-Rowe menjadi pencetak golnya. Ini merupakan kemenangan ketiga beruntun Arsenal di Premier League.

Mikel Arteta menunjukkan hasil dari kepercayaan yang diberikan kepadanya. Usai kalah dari Manchester City, ia membawa Arsenal naik ke posisi lima meski sempat mengalami start buruk pada awal musim. Kini Arsenal tak terkalahkan pada 10 pertandingan beruntun di semua kompetisi.

5. West Ham United memberi Liverpool kekalahan perdana

5 Fakta setelah Pekan Ke-11 Premier League, Chelsea Kokoh di PuncakPablo Fornals dan Jarrod Bowen melakukan selebrasi gol. (whufc.com)

Liverpool harus mengakui keunggulan West Ham United dengan skor 1-3 kala bertandang ke London Stadium. Ini merupakan kekalahan perdana Liverpool di Premier League sekaligus mengakhiri catatan 25 laga tak terkalahkan di seluruh kompetisi.

Berkat kemenangan ini, West Ham naik ke posisi tiga dengan perolehan 23 poin, sama dengan Manchester City di peringkat kedua yang unggul jumlah gol. Sementara, Liverpool harus turun ke peringkat keempat dengan 22 poin.

Hasil laga-laga pada pekan ke-11 membuat persaingan di papan atas Premier League makin sengit. Siapakah yang akan keluar sebagai juara akhir musim nanti? 

Baca Juga: Dipecat Norwich City, 5 Fakta Daniel Farke yang Wajib Kamu Tahu

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya