5 Pelatih Premier League yang Didepak Awal Musim Ini

Performa inkonsisten membuat mereka didepak

Paruh pertama belum usai, Premier League sudah banyak memberi kejutan. Bukan tentang para pemain dan klub yang memecahkan rekor, melainkan banyaknya pelatih yang dipecat klub.

Terbaru, nama Dean Smith dari Aston Villa mengikuti jejak pelatih lain yang didepak usai mengalami kekalahan dan performa inkosisten. Mereka bertanggung jawab atas kegagalan klub memberikan permainan yang apik dan memenangi pertandingan.

Lantas ada siapa saja pelatih yang dipecat klub Premier League? Simak ulasan berikut ini!

1. Xisco Munoz (Watford)

5 Pelatih Premier League yang Didepak Awal Musim IniXisco Munoz (watfordfc.com)

Xisco Munoz menjadi pelatih pertama yang didepak. Ia menangani Watford tidak lebih dari satu tahun. Ia dipecat usai mengalami kekalahan dari Leeds United pada pekan ke-7. 

Selama menangani Watford, ia berhasil membawa The Hornets finis di posisi dua Championsip musim lalu dan mengantarkan promosi ke Premier League musim ini. Setelah mengakhiri kerja samanya dengan Xisco, The Hornets menunjuk Claudio Ranieri sebagai pelatih baru klub yang bermarkas di Vicarage Road ini.

2. Steve Bruce (Newcastle United)

5 Pelatih Premier League yang Didepak Awal Musim IniSteve Bruce (nufc.co.uk)

Steve Bruce meninggalkan Newcastle United setelah menjalani laga ke-1000 dengan kekalahan melawan Tottenham Hotspur pada pekan ke-8. Ia merasa sudah tidak diinginkan lagi setelah klub diakuisisi Pangeran Arab Saudi, Mohammed bin Salman.

Selama dua tahun menangani The Magpies, Bruce mampu membuat Newcastle bersaing di papan tengah. Musim lalu, ia mengantarkan Newcastle finis di posisi ke-12. Saat ini, pihak klub belum mengumumkan nama baru sebagai pengganti Steve Bruce.

Baca Juga: Dipecat Norwich City, 5 Fakta Daniel Farke yang Wajib Kamu Tahu

3. Nuno Espirito Santo (Tottenham Hotspur)

5 Pelatih Premier League yang Didepak Awal Musim IniNuno Espirito Santo (tottenhamhotspur.com)

Tottenham Hotspur mengontrak Nuno Espirito Santo dari Wolverhampton Wanderes musim ini. Namun, apa yang diinginkan pihak klub tidak berjalan sebagaimana yang diharapkan.

Mengawali start yang bagus dengan tiga kali menang, The Lilywhites kalah beruntun sebanyak tiga kali. Nuno yang dalam tekanan akhirnya dipecat pada pekan ke-10 usai kalah dari Manchester United. Spurs mengumumkan Antonio Conte sebagai pengganti Nuno beberapa hari berselang.

4. Daniel Farke (Norwich City)

5 Pelatih Premier League yang Didepak Awal Musim IniDaniel Farke (canaries.co.uk)

Norwich City bertandang ke Brentford pada pekan ke-11. Mereka mampu menang 2-1 lewat gol Mathias Normann dan penalti Teemu Pukki. Ini merupakan kemenangan perdana The Cannaries musim ini.

Usai laga tersebut, kabar tidak baik menghampiri sang pelatih, Daniel Farke. Ia dipecat klub setelah hasil kurang memuaskan. Saat ini, Norwich masih berasa di dasar klasemen.

Selama menangani Norwich, Farke mampu membawa dua kali juara Championsip dan lolos ke Premier League musim ini. Sampai saat ini, klub belum menunjuk pengganti Daniel Farke. 

5. Dean Smith (Aston Villa)

5 Pelatih Premier League yang Didepak Awal Musim IniDean Smith (skysports.com)

Aston Villa mengakhiri kerja sama dengan Dean Smith yang telah terjalin selama dua tahun. Performa inkosisten dari awal musim membuat manajemen klub tidak puas. Terakhir, mereka dikalahkan oleh Southampton. Ini merupakan kekalahan kelima beruntun.

Selama melatih The Villans, Dean Smith berhasil mengantarkan promosi Aston Villa musim 2018/2019 dari Championsip ke Premier League. Mereka juga mampu melenggang ke final Carabao Cup 2020 sebelum dikalahkan Manchester City.

Premier League seakan menjadi momok menakutkan bagi para pelatih. Pelatih-pelatih di atas telah menjadi korban kebijakan klub yang merasa tidak puas dengan kinerja mereka.

Beberapa nama baru sudah menggantikan pelatih tersebut, tetapi masih ada juga yang belum mendapatkan penggantinya. Menarik untuk diikuti pelatih mana yang akan masuk ke Premier League.

Baca Juga: Angkat Kaki dari Aston Villa, 5 Fakta Menarik dari Dean Smith

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya